ADVERTISMENT

img
Ide

Strategi Untuk Mengembangkan Usaha Kecil yang Harus Kamu Lakukan

Strategi Untuk Mengembangkan Usaha Kecil yang Harus Kamu Lakukan
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Di Indonesia saat ini, jumlah UKM (Usaha Kecil Menengah) semakin bertambah, namun tingkat daya saing UKM tidak sesuai dengan jumlah banyaknya UKM. 

Perlu kamu ketahui, UKM di Indonesia kebanyakan hanya melakukan proses produksi, berdagang, dan berekonomi saja. 

Hal itu yang menyebabkan daya saing UKM di Indonesia tidak dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar lho.

 Menurut informasi yang di dapatkan, ternyata sekitar 70% UKM di Indonesia memulai UKM karena adanya tuntutan ekonomi, bukan karena mereka memiliki produk yang unik, khas dan terampil pada bidang tertentu.

Harusnya, untuk tetap bertahan dan berkembang di dalam dunia bisnis yang terbilang ketat ini, kita harus punya keterampilan, ciri khas dalam menghasilkan produk maupun inovasi-inovasi yang baru dalam berbisnis.

Kalian pasti bertanya, lalu bagaimana seharusnya langkah untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan ini, demi meningkatkan Usaha Kecil Menengah yang kita miliki?

1. Pelaku UKM Harus Memiliki Jiwa Pemimpin

Meski kalian baru memiliki satu orang karyawan, kalian tetap harus menanamkan jiwa pemimpin itu ke dalam diri.

Dengan tujuan agar kalian dapat memimpin karyawan tersebut dengan baik, mampu mengatur, merencanakan dan menjalankan sebuah usah agar dapat berkembang lebih baik.

2. Pelaku UKM Harus Bisa Memanajemen

Tahukah kalian guys, belajar dan memahami manajemen sangat penting dimiliki oleh seorang pelaku UKM.

Dengan modal knowledge manajemen, kalian bisa mengoptimalkan sumber daya yang ada dalam bisnis kalian, selain itu resiko kerugian yang mungkin terjadi akan sangat minim.

3. Pelaku UKM Harus Melakukan Marketing dan Branding

Kemudian strategi yang ketiga yaitu kalian harus melakukan marketing dan branding. Banyak juga lho para pelaku UKM yang melakukannya, namun tidak secara maksimal.

Inilah salah satu penyebab terjadinya kegagalan sebuah UKM. Dua faktor ini walaupun sepele tapi sangat penting untuk menentukan tumbuh kembangnya sebuah usaha.

Kalian perlu membuat sebuah logo dan juga nama usaha yang mudah diingat oleh para konsumen dan selalu melakukan promosi secara maksimal agar UKM kalian semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Perlu kalian ingat juga, meski sebaik apa produk yang kita jual, apabila tidak melakukan kegiatan promosi yang bagus dan maksimal, orang tidak akan mengenalnya.

4. Pelaku UKM Harus Mampu Berinovasi

Pelaku UKM harus mampu berinovasi. Mengeluarkan hal-hal yang baru dalam menawarkan produk-produknya ke pasar.

Konsumen akan merasa bosan apabila produk yang di keluarkan sama-sama saja, tidak ada yang baru, mereka mau sesuatu yang berbeda dan unik dari yang lain.

Disini, kalian dituntut untuk mengembangkan kreativitas dan bereksperimen untuk  mengembangkan sesuatu produk agar terlihat berbeda.

Dengan tujuan agar produk yang kalian tawarkan akan memiliki nilai tinggi di pasaran.

5. Pelaku UKM Harus Mampu Beradaptasi

Strategi yang kelima ini sangat receh bukan untuk didengar, namun mempunyai peran penting juga di dalam dunia usaha.

Karena, seperti yang kita lihat dunia persaingan yang luas, pertumbuhan UKM yang semakin banyak juga tentunya, sudah pasti menciptakan banyak tantangan.

Kemampuan beradaptasi dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan dapat memenuhi permintaan konsumen yang semakin beragam, akan membuat UKM kalian dapat bertahan dan berkembang.

 

Itu dia beberapa strategi yang bisa kalian lakukan untuk mengembangkan UKM. Secara teori mungkin cukup mudah, namun kenyataanya membutuhkan kerja keras dalam diri kalian.

Selamat mengatur strategi usaha kalian, semoga sukses dan berkembang ya. Semangat !

sumber : https://opop.jabarprov.go.id

 

 

 

 

 

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.