ADVERTISMENT

Ide

Bisnis Kost-Kostan Ternyata Cukup Menjanjikan, Berikut Ulasannya

Artikel ditulis olehWisnu Saputro

Bisnis kos-kosan dari dulu hingga sekarang bahkan nanti memang cukup menjanjikan bahkan dianggap sebagai bisnis jangka panjang. Si pemilik kos bisa menikmati keuntungan ganda.

Selain penghasilan yang terus mengalir setiap bulan dari uang sewa kamar, juragan kos-kosan juga akan menikmati keuntungan dari terus naiknya nilai tanah. Pengelolaan bisnis kos-kosan juga tidak rumit.

Bila anda tak ingin repot-repot mengurusi anak-anak kos, pekerjakan saja orang lain untuk melakukan pengelolaan sehari-hari. Anda tinggal melakukan control dan mengecek secara berkala. 

Dengan pengelolaannya relatif mudah, tidak terlalu menyita waktu dan tenaga sehingga pemilik usaha ini masih memiliki banyak waktu untuk menjalankan usaha lain atau melakukan berbagai aktivitas.

Bisnis satu ini juga memberikan pendapatan rutin tiap bulan, dengan harga yang selalu disesuaikan dengan nilai uang dari waktu ke waktu. Memiliki bisnis kost-kosan ini hampir tidak mungkin bangkrut karena peminat kos-kosan terus bertambah sehingga dapat memberikan tambahan pendapatan jika usaha kos-kosan dilengkapi dengan layanan katering atau laundry. 

Dengan harga jual tanah dan bangunan yang terus meningkat dengan cepat hal ini menjadikan kos-kosan sebagai investasi yang menjanjikan. Jika anda mempunyai lahan atau rumah yang cukup luas, dengan banyak kamar di dalamnya, anda dapat menjalankan usaha kos-kosan dan menikmati berbagai keunggulan dari usaha ini. 

Modal awal dan Analisa Keuntugan Perbulan 

Ada banyak kos-kosan di sekitar berbagai kampus di Jakarta. Selain kos- kosan berupa rumah biasa, juga terdapat kos-kosan berupa gedung tiga atau empat lantai; seperti yang banyak terdapat di kawasan Rawa Belong, di dekat kampus Bina Nusantara. 

Kamas kos di gedung bertingkat ini jumlahnya bisa mencapai 50-80 kamar. Bila semua kamar terisi, dengan ongkos sewa satu kamar Rp 350.000 per bulan, si pemilik kos bisa mengantongi omzet RP 17,5 juta-Rp 28 juta sebulan. 

Membangun kamar kos sendiri

Modal Awal

Pembangunan 6 kamar ukuran 3 x 4 m2 = Rp. 24.000.000

Isi peralatan dan perlengkapan kamar (6 x Rp. 1.000.000) = Rp. 6.000.000

Total modal = Rp. 30.000.000

Pendapatan perbulan

Asumsi 1 kamar ditempati 2 orang. Sewa kamar @ orang Rp. 300.000 Pendapatan perbulan 2 x 6 x Rp. 300.000 = Rp. 3.600.000

Biaya Operasional

Listrik dan air Rp. 500.000

Biaya kebersihan Rp. 100.000

Total Biaya operasional per bulan = Rp. 600.000

Keuntungan perbulan  = Rp. 3.000.000

Membeli rumah

Sebuah rumah dijual seharga Rp. 300.000.000. Rumah tersebut sebelumnya adalah rumah kos dengan 15 kamar yang telah tersewa semua. Harga sewa per kamar Rp. 400.000 per bulan.

Anda ingin berinvestasi dengan membeli rumah kos tersebut, perhitungannya adalah sebagai berikut : 

DP Rp. 60.000.000
Pinjaman Rp. 240.000.000 dengan KPR 
Bunga 12% cicilan Rp. 2.936.500 per bulan (Jangka waktu pinjaman 15 tahun).

Jika kamar disewakan, maka perhitungan keuntungan menjadi sebagai berikut.

Penghasilan penyewaan kamar Rp. 400.000 x 15 kamar – Rp. 2.936.500 (cicilan/perbulan) = Rp. 3.063.500 per bulan 

Biaya listrik, air dan kebersihan setiap bulan Rp. 1.500.000 Keuntungan bersih : Rp. 3.813.500 – Rp. 1.500.000 = Rp. 1.563.500 

Jika harga rumah kos semakin naik setiap tahun, maka keuntungan pun semakin bertambah. 

Tidak sulit dan sangat menarik karena dengan uang Rp. 60.000.000, Anda mendapatkan penghasilan tetap setiap bulan sebesar Rp. 1.563.500 atau 2,6% per bulan atau sebesar 31,2% per tahun. 

Nah, investasi yang menarik, bukan? Mulai pilihlah lokasi untuk investasi rumah kos Anda.

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Kos-kosan

Berikut ini adalah tips membuka usaha kos-kosan yang menguntungkan.

Menyiapkan modal 

Modal memang sangat menentukan saat anda memulai bisnis kost- kosan. Karena itu pertama kali anda harus menyiapkan modal untuk menjalankan bsnis ini. Modal yang diperlukan untuk membangun usaha kos-kosan tidak dapat dikatakan murah. Oleh karena itu, pastikan ketersediaan dana Anda mencukupi untuk menutupi biaya pembangunan kos-kosan.

Akan tetapi, jika yang Anda jadikan kos- kosan sekaligus merupakan rumah tinggal Anda, modal yang diperlukan 
tentu saja tidak sebesar jika Anda harus membangun tempat khusus untuk kos-kosan. 

Jika modal anda kurang maka anda bisa menggunakan Bank dalam pendanaan. Peranan bank disini adalah sebagai sumber pendanaan, sebagai rekan kerja yang membantu pengecekan dan keabsahan surat-surat rumah, membantu mempermudah penghitungan biaya, termasuk biaya desain kamar yang dapat disesuaikan dengan budget.

Menentukan lokasi yang strategis

Lokasi kost-kosan disini tergantung pada target pemasaran yang diinginkan. Apakah pasarnya karyawan, buruh atau mahasiswa. Jika target anda mahasiswa, carilah lokasi yang berada sedekat mungkin dengan kampus. Jika targetnya karyawan, carilah lokasi di dekat daerah perkantoran. Strategis juga berarti mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Jangan memilih lokasi yang rawan banjir. 

Mengurus perizinan 

Izin mendirikan bangunan dan peruntukannya sangat penting untuk dimiliki agar usaha kos-kosan anda memiliki dasar legalitas yang kuat sehingga tidak dianggap sebagai bangunan liar. 

Penataan kamar

Anda bisa mendesain kamar kost lebih luas dan bersih, semakin banyak fasilitas maka akan semakin mahal harga sewa sebuah kamar kos. Sesuaikan desain kamar dengan luas bangunan dan perhatikan kenyamanan penyewa. 

Perhatikan keamanan kost 

Faktor keamanan juga harus anda pertimbangkan saat mendirikan bisnis kost-kosan baik dari luar maupun dari dalam. Keamanan ini adalah faktor utama yang sangat penting untuk kelangsungan rumah kos. Jika sekali dikenal tidak aman, rumah kos akan langsung kehilangan pelanggan dan mempunyai citra yang buruk. 

Untuk mengatasi ancaman keamanan dari luar, rumah kos disarankan memiliki penjaga kos serta membuat peraturan-peraturan bagi penyewa kos agar tidak mengganggu lingkungan. Pastikan kos-kosan anda aman. Jaminan keamanan ini dapat diberikan dengan menyewa jasa pengamanan atau mendesain bangunan kos-kosan sedemikian rupa sehingga tidak mudah dimasuki oleh sembarang orang. 
 
Selektif dalam memilih calon penghuni. Hal ini akan menghindarkan anda dari berbagai masalah yang mungkin timbul jika penghuni kos anda ternyata adalah orang yang bermasalah.Sebagai contoh adalah tidak menyalakan musik terlalu keras, tidak menerima tamu diatas pukul 22.00 dan sebagainya. 

Sedangkan untuk faktor keamanan dari dalam, pemilik kos harus menyeleksi calon penghuni kos agar tempat kosnya tidak menjadi sarang narkoba, tempat pelacuran dan sebagainya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara meminta kartu identitas calon penghuni dan melapor keberadaan calon penghuni pada ketua RT setempat.

Memastikan faslititas yang diperlukan tersedia


Agar penghuni kos-kosan Anda nantinya merasa nyaman dan betah, Anda harus memastikan bahwa fasilitas dasar kos-kosan tersedia dengan baik, seperti air, listirk, tempat tidur, alat untuk kebersihan rumah, dan sebagainya.

Pemasaran Bisnis Kost-Kosan

Berpromosi

Promosi bisnis kos-kosan dapat memanfaatkan teknologi tinggi saat ini yaitu internet. Pasang iklan kos-kosan anda di situs-situs yang relevan, yaitu situs-situs niaga yang dijadikan sumber informasi bagi orang- orang yang membutuhkan tempat kos-kosan. Selain melalui internet, beriklan di surat kabar lokal juga merupakan cara yang tepat untuk mempromosikan bisnis kos-kosan. 

Tuliskan secara terperinci fasilitas kos-kosan yang anda tawarkan. Pada umumnya calon penyewa memilih tempat kos-kosan berdasarkan lokasinya. Alternatif media lainnya adalah radio. 

Beriklan melalui radio mungkin sudah tidak seefektif pada jaman dahulu, namun bisa jadi masih bermanfaat terutama dalam menjaring target pasar lokal. Media lain yang dapat digunakan sebagai sarana promosi adalah iklan individual. Iklan individual ini adalah sarana 

beriklan yang paling tradisional di mana iklan dilakukan dengan cara mempromosikan kos-kosan dari mulut ke mulut. 

Mengikuti pameran pendidikan atau pun event bursa kerja.

Umumnya pameran pendidikan akan dipadati oleh calon pelajar/mahasiswa, begitu pula halnya dengan bursa kerja yang dipadati para pencari kerja. Bukan tidak mungkin bila banyak di antara mereka yang nantinya membutuhkan tempat kos-kosan yang lebih dekat dengan tempat tujuannya.

Di sini fungsi brosur mengambil peran penting. Desain brosur Anda sebagus mungkin dengan informasi yang jelas tentang fasilitas kos- kosan yang ditawarkan. Sertakan pula denah lokasi kos-kosan untuk mempermudah calon penyewa melihat lokasi bisnis kos-kosan. 

Memperindah kos-kosan

Membuat tampilan kos-kosan tampak menyenangkan merupakan bagian tak terpisah dari strategi pemasaran bisnis kos-kosan. Jadi, pastikan bahwa kost-kosan anda semakin menarik sehingga peminatnya juga akan tertarik ketika anda mengiklankan kost tersebut di berbagai media. 

Alokasi waktu untuk calon penyewa.

Pastikan menyempatkan diri untuk dapat menemani calon penyewa melihat lokasi kos-kosan. Jangan pernah menunda waktu bila calon penyewa datang dan ingin melihat kondisi fisik kos-kosan. Respons yang cepat tentunya akan lebih disukai calon penyewa yang pada akhirnya dapat juga mempengaruhi keputusan calon penyewa untuk menyewa kos-kosan yang Anda tawarkan.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.