ADVERTISMENT

Info

Budidaya Kangkung: Pembibitan, Perawatan Hingga Panen

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Budidaya kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang proses penanamannya lebih mudah daripada sayuran kebanyakan, agar kangkung yang kita tanam dapat menghasilkan hasil yang optimal, kita dapat persiapkan mulai dari bagaimana cara pemilihan benih yang baik. 

Budidaya kangkung itu sendiri bisa menjadi prospek bisnis yang menjanjikan karena kebutuhan masyarakat dengan sayuran yang satu ini sangat meningkat apalagi jika diolah menjadi masakan yang gurih dan enak.

Bibit yang bagus dipastikan menghasilkan hasil panen yang baik pula, adapun ciri-ciri bibit bagus bagus pada awal pertumbuhan kangkung ditandai dengan tumbuh tegak dan daya tumbuhnya hanya perlu 100%.

Dalam melakukan pembibitan kami memberikan informasi ada 2 cara yang bisa dilakukan yaitu dengan teknik stek yaitu batang ditancapkan di tanah dengan kondisi bibit yang besar dan segar atau menggunakan benih dengan kondisi yang bagus dan kering. 

Pada tahap selanjutnya yaitu bagaimana mempersiapkan lahan untuk menanam tanaman kangkung. Lahan tanaman kangkung yang baik digunakan harus bebas dari hama dan penyakit dan buatlah bedengan dengan lebar sekitar 1 meter dan panjang menyesuaikan, lalu beri jarak dengan bedengan yang terletak sekitar 40 cm atau menyesuaikan tempat.

Kemudian sebarkan pupuk kompos di atasnya kemudian biarkan dalam sehari. Media tanam juga bisa terbuat pot atau polybag yang harus tetap dipadukan dengan kegemburan tanah yang akan digunakan. Jadi kamu bebas mau menanam dimana saja, kalian bisa memilih menanam di pekarangan rumah, di belakang rumah, di pot atau di polybag.

Proses penanaman selanjutnya dengan cara ditugal yaitu memasukkan 2-3 benih ke dalam lubang yang telah dibuat di bedengan dengan jarak 10 x 5 cm. Degan cara ini meskipun pengerjaannya agak lambat tetapi dengan cara ini hasil bisa melimpah.

Waktu panen dalam budidaya kangkung mulai dari penanaman biasanya memakan waktu 30-45 hari. Memanen tanaman kangkung pun tidak sulit yaitu dengan cara dipotong dan dicabut.

Persiapan Lahan

1. Sebaiknya menanam kangkung darat cabut lakukan di area persawahan biar terkena sinar matahari yang cukup dan usahakan jangan terlalu jauh dari perairan,lahan yang harus di persiapkan untuk budidaya kangkung yaitu:

2. Lahan harus di cangkul terlebih dahulu

3. Buatlah bedengan persegi panjang

4. Lebar lahan yang mau di buat minimal 30-40cm

5. Tinggi kedalaman untuk penampungan air 20-30cm dan panjang bedengan sesuai dengan lahan masing-masing

6. Bedengan di gembur dengan cangkul hingga merata dan halus bersihkan semua rumuput-rumput liar di sekitar bedengan

Proses pemupukan

1. Setelah proses pengolahan lahan selesai berikanlah pupuk kandang sebelum biji atau tunas di tanam dengan jarak 4 hari,pengalaman saya dalam meberi pupuk kandang pada lahan 8×12 saya beri 4 kantong dengan berat 50,kg,sbenernya tanaman kangkung darat cukup di bilang sangat kebal terhadap cuaca dan kondisi tanah yang lembab.

2. Proses pemberian pupuk pada saat usia umur tanaman kangkung darat berkisar 14 hari. cukup di beri pupuk garam dan urea sekali sampai proses pemanenan juga tidak bermasalah,selain meringankan pengeluaran juga bisa di bilang ngirit.

Cara penanaman

1. Ada 2 tehnik penanaman kangkung darat yang bisa teman-teman lakukan yaitu;dengan cara biji di tebar dan di tugal.

2. Kalo proses penanaman bibit kangkung darat dengan cara di tebar maka hasilnya kurang maksimal (bagus) nanti hasil pertumbuhanyapun akan sangat rapat dan tidak teratur.

3. Jadi sebaiknya dalam proses penanaman kangkung darat alangkah baiknya dengan cara di tugal saja dengan jarak tanam maksimal 5-6 cm,walaupun dengan cara di tugal proses penanamannya agak lama tapi hasilnya akan sangat bagus.

Penjarangan Dan Penyulaman

Bila tanaman kangkung darat terlalu lebat maka akan sangat keliatan tidak rajin,jadi dalam menanam tanaman kangkung darat biar menghasilkan hasil yang bagus maka diperlukan penjarangan.

Apabila tanaman banyak yang mati, Sebaiknya segeralah dilakukan penyulaman dan diganti dengan bibit yang telah disiapkan sebelumnya begitupula sebaliknya,apabila di dalam satau rumpun tanaman kebanyakan maka segeralah lakukan pemisahan minimal dalam satu rumpun ada 3-4 batang kangkung saja.

Panen Tanaman Kangkung

Pemanenan tanaman kangkung darat bisa di lakukan setelah umur kangkung sudah mencapai usia 30-40 hari.pemanenan juga bisa di lakukan dengan Dua cara yaitu;dengan di cabut atau di potong paling bawah batangnya

Proses pemanenan juga bisa di lakukan dengan dua cara tersebut,tapi kalo menurut saya mendiing di potong saja batang pohonya kan masih bisa tumbuh lagi dan bisa di budidayakan kembali juga bisa mengurangi pengeluaran Uang untuk membeli bibit lagi

Perlu anda ketahui kangkung darat juga bisa di lakukan pemanenan dalam sekali tanam 3 kali pemanenan bahkan bisa lebih. Setelah panen pertama selesai anda hanya membutuhkan 5 – 7 hari saja Bisa memetik kembali kangkung kangkungnya.nah Oleh karena itu, setiap bulannya anda bisa panen sampai 6 kali. Sedangkan yang di cabut sampai akarnya, hanya bisa menghasilkan proses pemanenan cuma sesekali saja.

Sumber: https://cybex.pertanian.go.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.