ADVERTISMENT

Info

Cara Budidaya Nanas Abacaxi yang Mudah Dengan Untung Berlimpah

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Sudah pernahkah Anda mengenal dengan buah nanas? Buah nanas merupakan salah satu jenis buah yang cukup besar peminatnya. Buah nanas disukai oleh banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang tua. 

Buah nikmat yang satu ini memang dikenal memiliki rasa yang nikmat dan manis. Buah nanas ini kerap dijadikan berbagai olahan makanan dan minuman selain dikonsumsi dalam kondisi segar. Jenis nanas sendiri memang sangat beragam yang ada di pasaran. 

Salah satunya adalah jenis nanas abacaxi. Jenis nanas yang satu ini memang digandrungi banyak orang karena memang buahnya sangat nikmat. Permintaan dari nanas nanas abacaxi di pasaran memang terbilang tinggi.

Sehingga membuat banyak masyarakat yang membudidayakan nanas abacaxi. Memang peluang usaha budidaya nanas abacaxi ini memang sangat menguntungkan dan menjanjikan.

Dimana peluang usaha dalam budidaya nanas abacaxi ini sangat menguntungkan. Yang mana dari bisnis budidaya nanas abacaxi ini mampu mendatangkan keuntungan yang besar.

Memulai bisnis budidaya nanas abacaxi

Bisnis pertanian buah nanas memang menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Begitupun dengan bisnis budidaya nanas abacaxi yang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan.

Untuk memulai bisnis budidaya nanas abacaxi ini tidak sulit. Bisa di mulai dengan mudah dengan modal yang kecil. Anda dapat memulai bisnis budidaya nanas abacaxi di lahan kecil atau pekarangan rumah.

Harga jual budidaya nanas abacaxi

Patokan harga untuk budidaya nanas abacaxi dapat Anda buat dalam hitungan per pot dimana harga mulai Rp 14.000 hingga Rp 24.000. Ini tergantung dari harga nanas abacaxi yang ada di pasaran.

Keuntungan dalam menjalankan bisnis budidaya nanas abacaxi

Keuntungan bila Anda memilih terjun dalam peluang bisnis budidaya nanas abacaxi ini yakni merupakan bisnis pertanian buah nanas yang paling menguntungkan. Sebab nanas abacaxi menjadi bahan penting yang paling banyak di cari.

Lalu Bagaimana Cara Membudidayakan Nanas Abacaxi?

Pedoman Budidaya

Perbanyakan tanaman: Sampai sekarang tanaman nanas diperbanyak dengan anakan yang keluar dari pangkal batang. Namun, adakalanya diperbanyak pula dengan sucker atau slips dan mahkotanya. Batang dan mahkota bunga dapat dipotong dan dibelah untuk dijadikan bibit.

Antara anakan (raton), tunas batang (sucker), dan mahkota (crown) terdapat perbedaan sifat fisiologis dalam umur berbunga dan produksinya. Makin ke bagian atas tanaman, umurnya makin panjang dan produksinya rendah.

Namun, umur tanaman berbunga tidak menjadi persoalan karena pembungaan tanaman nanas dapat diatur dengan memberikan zat tumbuh, di antara karbid dan ethrel 40 PGR.

Anakan atau mahkota bunga yang baru dipotong (dipisahkan) dapat ditanam langsung, tanpa disemaikan dahulu. Namun, sebaiknya dibiarkan dulu selama beberapa hari sebelum ditanam. Hal ini dimaksudkan agar lukanya tertutup kalus lebih dulu sehingga cepat berakar.

Budidaya tanaman:

Nanas ditanam dengan sistem dua-dua baris. Tiap baris pada jarak 60 cm x 60 cm dan jarak antarbaris 150 cm. Namun, nanas dapat pula ditanam pada jarak antara 30-40 cm. Semakin rapat jarak tanamnya, buah yang dihasilkan semakin kecil. Untuk kebutuhan industri pengalengan (canning) biasanya diperlukan buah berukuran kecil (jarak tanam 30 cm x 40 cm) silindris.

Pupuk kandang yang diperlukan 5-10 kg per lubang tanam. Pupuk buatan yang digunakan yaitu 300 kg urea, 600 kg TSP, dan 300 kg KCl per hektar per tahun.

Demikian tadi ulasan budidaya nanas abacaxi dan peluang usahanya yang bisa dijadikan referensi memulai bisnis budidaya nanas abacaxi tersebut. Tertarik mencoba bisnis budidaya nanas abacaxi ? Bisnis budidaya nanas abacaxi menjadi pilihan bisnis sangat menjanjikan.

sumber : http://www.agrowindo.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2023 AnekaUKM. All rights reserved.