ADVERTISMENT

Tips

Cara Mengatur Uang Untuk Pebisnis Pemula

Artikel ditulis olehAfiqurahman

Cara Mengatur Uang Untuk Pebisnis - Salah satu nyawa dari bisnis adalah keuangan yang sehat. Para pengusaha sering mengalami kerugian karena keuangan yang tidak teratur dan berantakan, hasilnya modal tidak kembali sedangkan pengeluaran terus bertambah.

Masalah yang paling sering adalah lupa mencatat pembelian atau uang usaha yang tercampur dengan uang pribadi. Beruntungnya Anda, kali ini kami akan sedikit memberikan tips bagaimana cara mengatur uang untuk para pebisnis pemula. Selamat membaca.

Cara Mengatur Uang Untuk Pengusaha

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatur uang agar bisnis Anda tidak mengalami kerugian:

1. Melakukan Perencanaan Secara Matang

Sebelum memulai usaha Anda harus mempunyai gambaran secara umum dahulu bagaimana bisnis Anda akan berjalan. Setelah itu pikirkan pengeluaran apa saja yang kira-kira akan Anda keluarkan yang jumlahnya besar.

2. Pisahkan akun perusahaan dan pribadi

Cara mengatur uang untuk pebisnis pemula selanjutnya adalah memisahkan uang pribadi dan usaha. Kesalahan fatal yang sering dilakukan pengusaha pemula adalah menyatukan antara akun keluarga, pribadi dan bisnis.

Padahal, jika Anda sudah siap untuk memulai bisnis, maka Anda harus menyiapkan rekening khusus sebagai tempat masuk dan keluarnya dana yang dihasilkan bisnis Anda.

Jika Anda tidak memisahkan akun bisnis Anda dari akun pribadi Anda, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan Anda.

Hal berbahaya lainnya yang mungkin terjadi adalah Anda sebenarnya adalah uang dan seharusnya menjadi modal usaha untuk memenuhi kebutuhan pribadi Anda.

Akibat pengelolaan keuangan yang campur aduk, Anda akan kehabisan dana dan akhirnya bisnis baru akan gagal sebelum sempat berkembang.

3. Membuat Pembukuan Khusus Usaha

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan dalam mengelola keuangan usaha adalah membuat pembukuan. Pembukuan berguna untuk mengetahui detai dari pengeluaran, hasil harian atau bulanan, dan keuntungan variabel untuk penyusutan alat produksi.

Salah satu cara untuk mengetahui rugi dan untung adalah menggunkaan pembukuan, apabila Anda belum terlalu mahir, bisa belajar otodidak atau menggunakan jasa seorang akuntan. Saran kami lebih baik Anda harus terjun sendiri dulu sebelum menggunakan jasa akuntan untuk perusahaanmu.

4. Bayar tagihan tepat waktu

Membayar pajak merupakan kewajiban warga negara Indonesia. Sebagai warga negara dan pengusaha, tentunya Anda juga memiliki kewajiban untuk memenuhinya.

Deklarasi dan pembayaran pajak dilakukan sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Selain itu, jika Anda memiliki pinjaman modal komersial, pembayaran cicilan atau tagihan komersial lainnya, harap bayar tepat waktu. Keterlambatan pembayaran biasanya menimbulkan bunga dan denda, yang jelas akan merugikan bisnis Anda.

5. Uang Untuk Lain-lain

Saat mengelola keuangan perusahaan, Anda perlu menyiapkan kas kecil, yaitu sejumlah uang tunai yang telah ditentukan, untuk mendanai operasional sehari-hari dalam jangka waktu tertentu. Jangan lupa untuk mencatat detail setiap penggunaan uang saku ini.

6. Siapkan dana darurat

Cara mengelola keuangan perusahaan juga sangat penting bagi Anda, yaitu memiliki dana darurat. Hanya ketika bisnis Anda mengalami kejadian tak terduga, Anda akan merasakan fungsi dana darurat ini.

Sebagai seorang pengusaha, tentunya Anda tidak bisa memprediksi kapan kejadian buruk akan terjadi. Untuk itu diperlukan dana darurat sebagai persiapan agar jika hal ini terjadi, Anda tidak akan menghabiskan modal usaha dan keuntungan yang telah diperoleh dengan susah payah oleh usaha Anda.

Jika Anda juga mengalokasikan dana untuk asuransi sebagai perlindungan keamanan tambahan untuk bisnis Anda, itu lebih baik.

Website anekaukm.com adalah wadah untuk para pebisnis pemula.

Anekaukm.com akan membantu jualan Anda bisa laris manis. Untuk Anda yang berniat berjualan online, mungkin ini adalah jawabannya untuk menggunakan anekaukm.com.

Jangan lupa untuk mengatur uang ketika berbisnis agar tidak mengalami kerugian. Terima kasih.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.