ADVERTISMENT

img
Tips

7 Tips Beserta Contohnya Kalimat Promosi untuk Memikat Para Konsumen

7 Tips Beserta Contohnya Kalimat Promosi untuk Memikat Para Konsumen
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Saat kamu melihat sebuah iklan makanan, mungkin pernah melihat kata-kata promosinya yang begitu menarik. Untuk bisa mendongkrak sebuah bisnis, kualitas produksinya saja tidaklah cukup. Dalam sebuah bisnis, harus dilengkapi juga dengan kekuatan promosi yang efektif atau tepat sasaran.

Salah satu cara promosi pada sebuah bisnis makanan adalah menggunakan kata-kata menarik. Hal tersebut membuat calon konsumen bisa tertarik untuk mencobanya.

Tips Menentukan Kata-Kata Promosi Jualan Makanan yang Efektif

Tentunya membuat kata-kata promosi jualan makanan tidaklah semudah kelihatannya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti pemilihan kata sampai penawaran menarik untuk pelanggan. Beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menentukan kata-kata promosi jualan makanan adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan kalimat yang solutif

Cara pertama untuk menentukan kata-kata promosi jualan makanan adalah menggunakan kalimat yang solutif.

Di dalam sebuah teknik berjualan, tunjukkan pada calon konsumen jika kamu memahami permasalahannya. Saat sudah memahami permasalahan tersebut, langkah berikutnya adalah memberikan solusi dengan produk yang ditawarkan.

Kalimat-kalimat solutif pada sebuah materi jualan makanan bisa meningkatkan kepercayaan target konsumennya. Ditambah lagi, mereka juga akan merasa kalau kamu tidak hanya sekadar penjual saja, tetapi juga dekat dengan konsumen.

Contoh kata-kata promosi jualan makanan yang solutif bisa kamu lihat di bawah ini:

• “Ingin diet namun tidak punya waktu untuk menyiapkan makanan sehat harian? Catering Slim and Healthy datang untuk kamu! Tidak hanya sehat dan sesuai dengan anjuran gizi, kamu juga bisa tetap beraktivitas tanpa pusing memikirkan asupan harianmu. Pilihlah menu sehatmu dari sekarang!”

• “Kadar gula di dalam darah yang tidak seharusnya tidak membatasi kamu mengonsumsi camilan. Kini, telah hadir camilan sehat yang rendah gula dari Buah Coco. Makanan ini dijamin aman untuk para penderita gula darah tinggi. Mengonsumsi makanan camilan pun tidak perlu khawatir lagi.”

2. Ada diksi atensi pada materi promosi

Diksi atensi pada materi promosi adalah salah satu cara mendapatkan perhatian dari calon konsumen. Penggunaannya pada kata-kata promosi jualan makanan sering dilakukan saat kamu mencoba dagang di media sosial.

Maksud dari diksi atensi adalah sebuah pilihan kata yang dipakai untuk bisa mendapatkan perhatian dari orang lain. Cukup banyak jenis diksi atensi yang sering dipakai pada khazanah bahasa Indonesia. Contohnya seperti kata-kata awas, hati-hati, waspada, dan jenis peringatan lainnya.

Dengan memakai kata-kata tersebut, diharapkan orang-orang tertarik membacanya dari awal hingga akhir.

Contoh penerapan diksi atensi sebagai kata-kata promosi jualan makanan adalah sebagai berikut:

• “Hati-hati jika mencicipi Bakso Urat Pak Haji Maman. Soalnya, dompet kamu bisa langsung menipis karena kecanduan makan di sini!”

• “Awas! Mengonsumsi es kopyor dapat memberikan efek ketagihan, tidak mau pulang, hingga melupakan orang tersayang!”

3. Menawarkan harga khusus

Penawaran harga khusus sebagai bentuk promosi merupakan satu hal yang sangat sering dilakukan untuk promosi. Beberapa kata-kata promosi harga seperti diskon, cashback, atau harga khusus pada tanggal tertentu mungkin sudah akrab jika kamu sering berbelanja.

Sistem penawaran dengan waktu tertentu bisa membuat calon konsumen tertarik untuk membelinya meskipun sebelumnya tidak tertarik. Apalagi, jika kamu bisa membuat kata-kata promosi yang pas, maka peluang mendapatkan konsumen sangat besar.

Beberapa contoh menawarkan harga khusus dengan kata-kata promosi jualan makanan yang tepat adalah sebagai berikut:

• “Promo spesial Lebaran! Beli 1 dapat 2 mangkuk untuk setiap pembelian mie ayam apapun di seluruh outlet kami. Berlaku untuk hari ini saja dan selama persediaan masih ada.”

• “Setiap pembelian produk Nasi Goreng Spesial ukuran Jumbo, cukup bayar Rp15.000 saja. Promo hanya berlaku untuk hari ini!”

4. Selalu tunjukkan kelebihan produk

Tips selanjutnya untuk menentukan kata-kata promosi jualan makanan adalah selalu tunjukkan kelebihan produk. Hal ini sering disebut dengan unique selling point yang dimiliki seperti makanan yang kita promosikan. Cobalah berikan nilai tambah yang menurut kamu belum didapatkan pada produk sejenisnya.

Biasanya, informasi tersebut ditemukan pada produk makanan yang memang menyasar calon konsumen dengan kriteria lebih khusus. Contohnya seperti orang yang sedang diet, anak-anak, orang dengan kondisi tubuh tertentu, dan lain sebagainya.

Contoh kata-kata promosi jualan makanan untuk poin ini bisa kamu simak di bawah ini:

• “Restoran Juragan Seafood, restoran seafood terbaik di Jakarta dan menyajikan berbagai makanan laut segar yang bisa langsung kamu pilih sendiri!”

• “Sambal Matah Nusantara merupakan sambal khas Indonesia yang dibuat berdasarkan bahan segar pilihan dan tanpa menggunakan bahan pengawet.”

5. Berikan bonus menarik

Pada poin sebelumnya, kita sempat membahas penawaran harga spesial sebagai kata-kata promosi jualan makanan.

Namun, masih ada satu lagi yang perlu kamu perhatikan, yakni memberikan bonus menarik pada calon konsumen. Cara yang satu ini sangat sering digunakan pada penjualan makanan anak-anak karena sangat mudah menarik perhatiannya.

Saat konsumen membeli paket makanan tertentu, maka ada bonus tambahan seperti mainan, buku cerita, dan bonus menarik lainnya.

Untuk melihat contoh kata-kata promosi jualan makanan dengan bonus, simak di bawah ini:

• “Beli Paket Ayam Komplit dengan 2 ayam dan 2 nasi hari ini, dan dapatkan minuman segar pilihan kamu!”

• “Beli Paket Susu sebanyak 2 botol dan dapatkan bonus berupa boneka lucu dari Little Pony!"

6. Menggunakan peristiwa yang sedang viral saat ini

Bisa dikatakan, cara yang satu ini cukup berisiko, tetapi juga lumayan ampuh untuk dapat mendongkrak penjualan suatu produk. Kamu bisa menggunakan kata-kata promosi jualan makanan yang idenya berasal dari peristiwa viral saat itu.

Hal yang membuat cara ini sangat berisiko adalah sesuatu viral di Indonesia sangat cepat berganti. Kamu harus selalu bersiap untuk segera mengganti konsep promosi jualan tersebut saat hype-nya sudah menurun.

Contoh kata-kata promosi jualan makanan berdasarkan peristiwa viral bisa kamu lihat di bawah ini:

• “Kentang Goreng Angkasa! Rasanya seperti menjadi Iron Man!”

• “Kue Donat Asli Bu Susi! Yuk, dibeli sebelum ditenggelamkan!”

7. Memakai kalimat yang masuk akal

Tips terakhir dalam menentukan kata-kata promosi jualan makanan adalah menggunakan kalimat yang masuk akal. Perlu kamu ketahui bahwa meskipun tujuannya adalah mendapatkan calon konsumen, namun jangan sampai pemilihan katanya tidak masuk akal.

Misalnya saja, kamu berjualan makanan dengan harga yang sangat rendah. Hal tersebut dapat memberikan kecurigaan pada calon konsumen seperti makanan tidak berkualitas atau bahkan memakai bahan berbahaya. Maka dari itu, kamu tetap berikan fakta dan pesan yang jika disampaikan tidak ambigu atau malah membingungkan.

Tidak masalah jika kamu menggunakan kata-kata yang hiperbola atau istilahnya adalah “lebay”. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, tetap berikan fakta di dalam makanan tersebut agar tidak terjadi kesalah pahaman.

Demikian kata-kata promosi jualan makanan dan tips membuatnya. Dari ulasan di atas, kita bisa tahu bahwa membuat kata-kata promosi bisa menjadi alat menarik untuk menarik konsumen. Tinggal bagaimana kamu membuatnya menjadi kreatif sehingga calon konsumen bisa datang dengan sendirinya.

Jika kamu baru mau mulai mencoba bisnis dan sedang mencari pengalaman baru, kamu bisa bergabung dengan Mitra Bukalapak terlebih dahulu. Yuk, memulai bisnis dari sekarang!

Sumber: https://mitrabukalapak.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.