ADVERTISMENT

Tips

8 Tips Membuat Tempe Goreng yang Tetap Renyah Walaupun dalam Kondisi Dingin

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Tempe yang digoreng tepung biasanya akan lembek jika sudah lama dan dibiarkan dingin dari pertama kali digoreng. Jika memang lebih suka tekstur tempe goreng tepung yang seperti lembek, tentu ini tidak menjadi masalah. Namun jika lebih suka yang renyah krispi dan tidak lembek meski sudah dingin, kamu perlu mengikuti trik menggoreng tepung yang berbeda.

Sebenarnya kunci utama agar tempe goreng bisa tetap renyah meski sudah dingin adalah ada pada tepung dan air yang digunakan. Ini cara terbaik menjaga gorengan tetap renyah

1. Gunakan air dingin atau air es

Jika menggunakan tepung terigu biasa, buat adonan tepung dengan menggunakan air es. Suhu dingin akan membuat adonan lebih krispi setelah digoreng. Adonan dingin ini akan memberikan tekstur keras dan renyah pada tempe goreng tepung meski sudah dingin.

2. Gunakan tepung jagung atau tepung beras

Tepung terigu akan memberikan hasil yang keras setelah digoreng namun lembek setelah dingin. Tapi jika ingin tempe goreng keras dan krispi meski sudah dingin, maka tambahkan tepung beras atau tepung jagung ke dalam adonan tepung terigu sebagai campuran karena akan memberi hasil gorengan krispi dan renyah. Buat takaran campuran tepung terigu dan tepung beras dengan perbandingan 3:1.

3. Campurkan dengan Bumbu Halus

Untuk rasa yang lebih gurih dan nikmat, kamu juga bisa mencampurkan bumbu halus ke dalam adonan tepung. Tidak perlu bumbu halus yang rumit, cukup haluskan ketumbar, kunyit, dan bawang putih serta garam saja. Pastikan bumbu halus sudah tercampur dengan merata ke dalam adonan tepung. Bumbu halus membuat gorengan tepung lebih krispi dibandingkan bumbu yang hanya diiris

4. Tambahkan Daun Jeruk

Bagaimana caranya agar adonan tepung menjadi lebih wangi? Mudah saja, kamu hanya perlu menambahkan daun jeruk ke dalam adonan tepung. Pastikan jumlah daun jeruk yang kamu campurkan ke dalam adonan tidak terlalu banyak, sebaiknya ditakar juga sesuai dengan seberapa banyak adonan tepungnya. Daun jeruk akan membuat aroma adonan menjadi lebih menggugah selera tapi tidak membuat tepung mudah lembek setelah digoreng

5. Diamkan Adonan Tempe

Untuk mendapatkan tempe yang krispi dan tidak lembek, maka kamu perlu mendiamkan tempe di dalam adonan tepung yang masih basah sebelum digoreng selama beberapa menit. Cara ini digunakan agar adonan tepung benar-benar merekat sempurna dengan tempe. Adonan tempe pun nantinya akan menjadi lebih tebal dan padat.

6. Membuat Adonan Dua Lapis

Menggunakan adonan tepung memang akan membuat tempe menjadi renyah, namun akan lebih krispi lagi jika kamu membalurinya adonan tempe pertama tadi dengan tepung bumbu lagi. Jadi, tempe dibaluri dua kali, pertama dicelupkan ke adonan yang basah, lalu dibaluri kembali dengan tepung yang kering. Dijamin teksturnya akan lebih renyah. 

7. Pastikan Minyak Goreng sudah Panas

Terkadang saat memasak kita sering tidak memperhatikan hal-hal kecil, salah satunya adalah memastikan minyak goreng sudah panas. Ya, untuk mendapatkan sajian yang krispy, sebaiknya kita masukkan tempe tepung ke dalam wajan setelah minyak goreng sudah benar-benar panas agar hasilnya krispi dan tidak lembek. Jika memasukkan ketika minyak belum panas, tempe akan menyerap lebih banyak minyak dan mudah lembek setelah digoreng

8. Tiriskan minyak

Sebelum disajikan, tiriskan dahulu agar tidak terlalu berminyak. Langkah ini sangat penting karena kelebihan minyak dari penggorengan akan mudah membuat tempe lembek setelah dingin sekaligus membuat tempe terlalu berlemak ketika dimakan. Jadi setelah digoreng, tiriskan dengan benar hingga tidak ada minyak yang menetes. Atau alasi dengan tisu pada piring sajinya.

Jadi, seperti itu triknya jika ingin mendapatkan tempe goreng tepung yang krispi dan renyah.

sumber: https://www.fimela.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.