ADVERTISMENT

img
Tips

10 Tips Bisnis Untuk Mengalahkan Pesaing Anda

10 Tips Bisnis Untuk Mengalahkan Pesaing Anda
Artikel ditulis olehApril Liliana

10 Tips Bisnis - Untuk setiap keberhasilan yang Anda miliki dalam mengembangkan pangsa pasar Anda, tentu akan berdampak pada bisnis orang lain.

Berikut ini adalah 10 tips bisnis, cara cepat dan mudah untuk mendapatkan keunggulan dalam berkompetitif dengan pesaing Anda, serta melindungi bisnis Anda dari ancaman pendatang baru.

1. Fokus pada prospek keberlanjutan bisnis, bukan penjualan

Tentu saja, kita semua ingin memicu pertumbuhan bisnis dan meningkatkan pendapatan. Namun cara Anda melakukannya secara berkelanjutan adalah dengan berfokus pada pembangunan hubungan yang berkelanjutan dengan pelanggan setia.

2. Jangan menjual produk, namun menjual solusi

Suka atau tidak, orang-orang di luar sana tidak menelusuri merek Anda, mereka hanya ingin memecahkan masalah mereka atau menemukan jenis produk tertentu untuk kebutuhan mereka. 

Jangan mencantumkan semua manfaat yang dibawa produk Anda. Fokuslah pada solusi.

Jelaskan kepada pelanggan secara sederhana dan lugas tentang bagaimana atau mengapa produk Anda dapat membantu mereka atau membantu pencapaian tujuan mereka.

Pertimbangkan juga slogan ikonik FedEx atau yang semacamnya: Ketika produk Anda benar-benar secara pasti dapat tiba tepat waktu dalam semalam di tangan pelanggan.

Ini adalah contoh yang jelas untuk mengatasi kecemasan tentang keandalan layanan pengiriman.

Selanjutnya buatlah riset pasar tentang bagaiman target profil pelanggan Anda, bagaimana produk Anda, serta layanan pengiriman dan harga produknya, sejauh mana dapat memecahkan masalah orang lain, sehingga membuat hidup mereka lebih mudah dan menyenangkan?

3. Selalu optimalkan harga produk Anda

Harga yang murah tidak selalu menaikan penjualan Anda.

Misal, posisikan brand Anda adalah brand ternama, lalu pelanggan Anda adalah kaum kelas atas yang tidak perduli berapa mahal harga sebuah produk, tentu jelas,  menurunkan harga adalah sebuah penodaan terhadap brand Anda, bukan?

Jika Anda adalah pemilik produk merek premium, ada cara untuk mengoptimalkan harga Anda tanpa menurunkan harganya.

Misalnya, tawarkan kepada pelanggan yang sadar akan kualitas manfaat 'eksklusif' yang tidak atau tidak dapat diberikan oleh pesaing Anda.

Sebaliknya, jika Anda bermain pada produk yang digerakan oleh nilai harga, jangan berasumsi bahwa memangkas harga berarti menimbulkan kerugian.

Harga rendah juga tentu dapat membantu Anda mendapatkan pelanggan baru dengan cepat, yang mungkin membeli lebih dari satu produk Anda.

Anda bisa melakukan trik berikut, untuk menjual jam seharga $5.000 adalah dengan menempatkannya bersebelahan dengan jam seharga $10.000.

4. Rekrutlah karyawan yang ramah dalam menghadapi pelanggan

Ya, sudah menjadi rahasia umum, orang lebih cenderung membeli produk jika mereka menyukai karyawan penjualan yang melayani mereka dengan ramah.

Karyawan yang ramah pada pelanggan akan selalu menarik lebih banyak penjualan.

Pastikan membuat program pelatihan juga kepada karyawan, untuk mengadopsi pendekatan ramah yang konsisten, yang membuat pelanggan merasa nyaman dan merasa diprioritaskan.

5. Tetap buka lebih lama

Semisal Anda sudah mendekati beberapa menit untuk tutup toko, namun ternyata, di waktu tersebut sedang banyak-banyaknya pelanggan datang, ada baiknya tutuplah toko satu jam kemudian.

Meskipun hal ini dapat membuat staf Anda merasa tidak nyaman, Anda dapat mengatasinya dengan sedikit lebih kreatif. 

Anda dapat mengamati dan membaca tren di hari dan jam berapa pelanggan menjadi padat, lalu tempatkan staf yang tepat di jam-jam tersebut.

Anda pun dapat mengurangi jumlah karyawan yang bertugas di waktu toko sedang sepi, sehingga dapat mengimbangi biaya dan jam kerja yang lebih lama saat jam buka diperpanjang. 

6. Alihkan komunikasi jarak jauh antar pelanggan dan bisnis Anda ke menu FAQs.

Bahkan di era digital seperti sekarang, beberapa pelanggan akan selalu lebih suka meghubungi Anda melalui telpon daripada email dan Facebook.

Akan membuat margin Anda melebar ketika harus melayani setiap pertanyaan dari pelanggan.

Dengan segala cara, kurangi waktu dan biaya yang dihabiskan untuk menanggapi pertanyaan, dengan mengarahkan pelanggan ke respon standar pada halaman web Anda di FAQ, dan letakan di tengah halaman web Anda.

Live chat juga alternatif yang murah untuk komunikasi real time dengan pelanggan.

7. Beri hadiah untuk pelanggan prioritas

Memberikan sebuah voucher belanja gratis kepada pelanggan yang pembeliannya telah memuaskan Anda merupakan tips bagus, sebab:

  • Ini menjamin mereka akan  kembali ke toko Anda lagi. Orang-orang umumnya tidak mungkin menyia-nyiakan sesuatu yang gratis bukan?
  • Ketika mereka kembali ke toko Anda untuk menukarkan vouchernya, atur waktu yang strategis bertepatan dengan penjualan khusus misalnya, ini memungkinkan mereka dapat membeli barang -barang lainnya.

Nah, kemungkinan dampaknya adalah, mereka akan menyebarluaskan di media sosial mereka, tentang kegiatan toko Anda. 

8. Gunakan media sosial dengan bijak saat Anda menjalankan Bisnis

Media sosial adalah media yang bagus untuk membangun hubungan yang solid dengan pelanggan.

Cobalah untuk memberi brand Anda beberapa 'kepribadian' saat Anda menulis pembaruan atau posting.

Hal ini tentu saja dapat membawa risiko tersendiri.

Tetapi jika Anda melakukannya dengan benar, manfaatnya bisa sangat besar.

Kembangkan nada suara yang selaras dengan identitas merek Anda. Berusaha untuk menginformasikan, membantu dan menghibur.

9. Fokus pada satu bidang bisnis

Terkadang lebih baik menjadi master dari satu hal, daripada mengetahui benyak hal namun tidak maksimal.

Diakui, bahwa meletakkan semua telur dalam satu keranjang itu berbahaya. Namun, akan lebih berbahaya lagi apabila telur tersebut terlepas dari tangan kita seluruhnya.

Kebanyakan konsumen, mereka lebih percaya dan mengasosiasikan kalimat "spesialis penjualan tertentu" adalah lebih memberikan layanan berkualitas tinggi daripada brand yang menjual berbagai tema produk di tokonya.

Jadi, apa yang harus Anda spesialiskan? Itu jelas, harus sebuah produk di mana Anda lebih unggul dari pesaing bisnis lainnya.

Anda juga dapat memilih suatu produk dengan permintaan yang meningkat atau tahan resesi, tahan terhadap perubahan teknologi, di mana memiliki keunggulan kompetitif atas pesaing lainnya.

10. Jadilah rendah hati

Jangan pernah terlalu puas dengan bisnis Anda. Anda selalu dapat meningkatkan – dan Anda harus meningkatkannya!

Tetapi, tetaplah mau menerima semua masukan tentang produk Anda dari pelanggan dengan pikiran yang positif.

Waspadalah, terlalu puas diri akan membuat kita jatuh, banyak pesaing terus berkembang dan meningkatkan kualitas mereka.

Perusahaan rintisan yang imajinatif, gesit, dan inovatif sering kali lebih berhasil daripada pemimpin pasar besar yang merasa sudah puas.

Anda mungkin bisa saja menjadi pesaing kecil yang mengganggu hari ini, namun bisa jadi, besok Anda menjadi pemimpin pasar yang mudah puas dengan model bisnis yang terlihat lelah.

Jadi, tetaplah untuk rendah hati dan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik.

Carilah inspirasi dari pengusaha lain, dari buku dan dari seminar.

Saat Anda berpikir "misi tercapai", itulah di saat yang sama Anda akan menjadi rentan untuk dikalahkan oleh pesaing bisnis.

source:https://www.jeffbullas.com/business-tips/

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.