ADVERTISMENT

img
Ide

Peluang Usaha Tanaman Porang Ide Usaha yang Menguntungkan

Peluang Usaha Tanaman Porang Ide Usaha yang Menguntungkan
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Trend porang tidak hanya membuat beberapa petani dan orang pemula ingin memulai usaha budidaya porang.

Seiring dengan berjalannya waktu, bisnis atau usaha di bidang pertanian kian berkembang. Menjalankan bisnis porang atau tanaman porang termasuk salah satu bisnis di bidang pertanian yang sangat prospektif di masa yang akan datang.

Tanaman porang memiliki kualitas yang baik dan berbeda dengan tanaman pada umumnya. Amorphophallus atau nama lain dari tanaman porang termasuk kedalam jenis tumbuhan herbal yang mampu tumbuh hingga 1,5 meter serta menghasilkan beragam umbi-umbian.

Lalu apakah saat ini budidaya porang masih prospek? Dan untuk para pembisnis, umumnya mereka pasti mengharapkan keuntungan dalam usaha budidaya porang. Nah mulai dulu untuk mengenali spesifikasi usaha porang berikut ini :

1. Keuntungan Usaha Porang

Tanaman porang terlihat dengan batang yang bercorak belang hijau – putih ini secara fisik bisa tumbuh maupun berkembang dengan tankai tunggal. Keunikan yang dimiliki tanaman porang yaitu, hanya dapat tumbuh di bawah pohon jati yang dikenal sebagai pohon penyangga.

Tidak hanya itu, porang juga bisa bermanfaat sebagai bahan dalam pembuatan jelly dan lem yang mampu menjadi barang ekspor ke Negeri Sakura Jepang.

Selain kelebihan tersebut, menjalankan bisnis tanaman porang juga memiliki nilai jual yang cukup baik karena banyaknya kandungan yang dimiliki tanaman tersebut. Beragam khasiat dari tanaman porang terutama di bidang kesehatan bisa dirasakan semua orang :

a. Baik untuk program diet

Banyak manfaat dari tanaman porang di bidang kesehatan, salah satunya sangat pas bagi Anda yang menginginkan bentuh tubuh ideal dengan cara diet.

Kandungan glukoman yang terdapat pada tanaman porang sangat efektif untuk menjadi serat makanan. Pada saat mengolah makanan, Glukoman berperan penting sebagai pengental alami pada makanan.

Sehingga serat alami yang terdapat di dalamnya mampu memperlambabat pengosongan pada perut serta mampu mempercepat rasa kenyang.

b. Mengatur kadar kolesterol dalam tubuh

Banyak peneltian yang telah dilakukan kepada para penderita diabetes dengan memberikan suplemen konyaku glukoman yang terdapat pada tanaman porang. Suplemen tersebut efektif dalam menurunkan kolesterol buruk atau LDL pada tubuh.

Setidaknya untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, para penderita tersebut dalam sehari diberikan suplemen konyaku glukoman dari tanaman porang sebesar 3,6 gram.

Penurunan  kadar kolesterol tersebut juga berdampak pada mencegah terjadinya serangan jantung maupun stroke pada pembuluh darah.

c. Mengatasi sembelit

Kandungan glukoman yang dimiliki tanaman porang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan sembelit pada seseorang yang terjadi dalam waktu yang lama.

Tidak sedikit penelitian telah menujukkan bahwa para penderita sembelit tidak lagi merasakan rasa sakit saat melakukan buang air besar setelah diberi glukoman yang terdapat pada tanaman porang.

d. Mampu mencegah terjadinya kanker

Banyak penelitan yang dilakukan oleh para ahli menyebutkan bahwa salah satu manfaat terbesar dari tanaman porang yaitu mampu mencegah terjadinya penyakit kanker paru – paru.

2. Kekurangan Bisnis Porang

Meskipun memiliki peluang yang bagus dalam beberapa kebutuhan industry, tentu yang sangat diperhitungkan yaitu dari segi kekurangan bisnis porang.

Beberapa orang terfokus pada keuntungannya saja, setelah itu memikirkan teknis dan juga proses berlangsungnya budidaya.

Padahal yang terpenting yang dipertimbangkan dalam agribisnis, yaitu pada pemasaran setelah panen. Nah inilah beberapa kekurang bisnis porang yang saat ini banyak menjadi kendala oleh para petani pemula seperti:

  • Hasil panen porang kebanyakan masih di ekspor dan memang untuk kebutuhan industry ekspor. Untuk penjualan porang selama ini masih bergantung di pasar luar negeri, jadi beberapa industry lokal sendiri belum ada arah prospeknya.
  • Porang sendiri sebenarnya sudah menjadi tanaman budidaya yang cukup lama dikembangkan, namun karena  harga jualnya meningkat jadi banyak yang ingin berpeluang disini. Penggunaan lahan tanam menjadi salah satu pertimbangan penting, maka untuk beberapa wilayah tentu harus mengetahui syarat budidaya yang tepat sesuai dengan lingkungannya.

Perhitungan Proyeksi Keuntungan dari Usaha Tanaman Porang

Estimasi jumlah tanaman porang yang dipanen mencapai 44.000 kg dengan penjualan per kg mencapai Rp.4.000.

Maka perhitungannya adalah sebagai berikut :

Total penjualan bersih Rp.44.000 x Rp.4.000 = Rp.176.000.0000

Keuntungan bersih Rp.176.000.000 – Rp.7.290.000 – Rp.33.675.000 = Rp.135.035.000 sekali panen.

Setidaknya, butuh dua kali panen untuk balik modal. Aset tetap di atas bisa digunakan untuk memenuhi periode tanam selanjutnya.

Perihal perhitungan modal atau biaya yang dibutuhkan dalam usaha porang tentu memiliki perbedaan dari segi tujuan budidaya yang akan dilakukan.

Kalkulasi yang diberikan menjadi salah satu referensi untuk para pemula yang membutuhkan gambaran jelas untuk budidaya porang yang tepat.

Itulah tadi peluang usaha serta beberapa penjelasan keuntungan apabila kalian menjadi salah satu pembisnis porang ini. Semoga bermanfaat dan salam semangat.

sumber : https://gdm.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.