ADVERTISMENT

img
Ide

Proses Pembuatan Nori Berbahan Dasar Rumput Laut

Proses Pembuatan Nori Berbahan Dasar Rumput Laut
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Apa itu Nori? 

Nori adalah rumput laut kering, berbentuk lembaran tipis yang bernilai gizi tinggi dan banyak digunakan sebagai bahan pelengkap untuk membuat sushi, sup, kimbab dan bahkan bisa digunakan sebagai snack atau camilan karena rasanya yang gurih dan lezat untuk di camil. 

Di Indonesia sendiri, nori sudah bukan merupakan barang asing, banyak sekali olahan produk nori dengan berbagai merk yang dijual di supermarket. Nori merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi. 

Kandungan protein nori mencapai 41,49% berat kering, lemak 0,44% berat kering, abu 4,99% berat kering dan air 13,14% (Loupatty 2014).

Nori juga mengandung beberapa asam amino selain kandungan nutrisi yang menguntungkan, diantaranya asam glutamat, glicine dan alanin yang berperan dalam menciptakan rasa pada nori.

Serat makanan adalah salah satu kandungan terpenting dalam rumput laut. Kandungan serat makanan dalam nori mencapai 34 % berat kering.

Selama ini, nori hanya dihasilkan di Jepang, Korea dan China, sehingga Indonesia selalu mengimpor nori dengan jumlah yang cukup banyak. 

Teknologi pengolahan nori dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara tradisional dan cara modern.

Pengolahan nori secara tradisional yaitu dengan cara rumput laut dicuci bersih, kemudian dimasak sampai menjadi bubur. Selanjutnya bubur rumput laut dicetak dan dikeringkan dengan sinar matahari. 

Sedangkan teknologi pengolahan nori secara modern yaitu dengan cara rumput laut dicuci bersih dan dipotong kecil - kecil secara mekanik. Hasil pemotongan dapat direndam dengan cuka beras ataupun tidak.

Selanjutnya dimasak sampai menjadi bubur. Dalam proses perebusan dapat ditambahkan kecap, gula, minyak wijen, MSG ataupun ikan teri. Selanjutnya dicetak dan dikeringkan menjadi lembaran tipis.

Prosedur Kerja Pembuatan Nori

Berikut merupakan prosedur kerja pembuatan nori :

  1. Rumput laut dibersihkan dari kotoran lainnya dan dicuci bersih
  2. Selanjutnya rumput laut tersebut dipotong kecil-kecil dan diblender
  3. Rumput laut yang telah halus tersebut dimasak dengan perbandingan Rumput laut : Air adalah 1:10, selanjutnya ditambahkan sedikit cuka beras 1 sendok makan sambil di aduk rata. Proses pemasakan berlangsung sekitar 1 jam
  4. Selanjutnya adonan di turunkan dari api dan dicetak berbentuk, lembaran tipis
  5. Lembaran nori tersebut dikeringkan dengan suhu tidak lebih dari 50 derajat celcius
  6. Hasil Pengeringan yang berupa lembaran nori dikemas dalam plastik.

Ternyata selain sebagai penambah cita rasa pada makanan, nori juga memiliki manfaat yang sudah tidak perlu diragukan lagi dari segi kesehatan loh. Nori rumput laut memiliki manfaat sebagai berikut :

1. Kandungan Antioksidannya Tinggi

Antioksidan bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas. Selain itu, antioksidan seperti vitamin C dan mineral seperti mangan dan zinc dalam rumput laut berwarna cokelat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Kaya akan Vitamin dan Mineral

Rumput laut juga kaya akan vitamin dan mineral loh, di antaranya adalah vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, zat besi, mangan, magnesium, zinc, fiboflavin, niacin, tiamin, serta kalsium. Itulah sebabnya rumput laut dianggap sebagai salah satu makanan yang menyehatkan dan baik untuk dikonsumsi secara rutin.

3. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Rumput laut memang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka karena kandungan vitamin K yang tinggi pada rumput laut akan mengirimkan sinyal kimia agar ketika kamu terluka dan darah yang mengalir akan cepat berhenti.  

4. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Rumput laut disebut juga sebagai sayuran laut atau marine vegetable yang memiliki kalori rendah. Semangkuk rumput laut mentah atau rumput laut wakame mengandung kurang dari 20 kalori. Jadi, mengonsumsi rumput laut tidak akan membuatmu gemuk. 

Nah, selain manfaat yang banyak dari nori ini, kalian juga bisa menjadikan sebagai peluang usaha. Karena dilihat dari banyak konsumen yang menyukai, apalagi makanan-makanan atau resto ala jepang.

Biasanya mereka sangat membutuhkan persediaan nori yang banyak.

Tunggu apalagi, bagi kalian yang berada di daerah pesisir pantai jangan membuang kesempatan ini, kalian bisa memanfaatkan peluang ini untuk menambah penghasilan kalian.

sumber : https://www.kompasiana.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.