ADVERTISMENT

Ide

Peluang Usaha dan Resep Pembuatan Bir Pletok Minuman Tradisional Potensi Daerah Betawi

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Sudah pernahkah Anda mencoba bir pletok yang merupakan minuman tradisional dari kota Betawi ini? Bir pletok walaupun namanya ada kata "bir" namun minuman ini sama sekali tidak mengandung alkohol justru minuman tradisional dari daerah Betawi ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bir pletok merupakan minuman tradisional yang secara spesifik berkembang di kota Jakarta, minuman tradisional ini diracik dengan berbagai macam rempah seperti jahe, kapulaga, sereh, kayu secang, kayu manis, gula dan rempah lainnya.

Diberi nama bir pletok karena nenek moyang masyarakat Betawi ingin menyaingi orang Belanda yang setiap malamnya meminum bir untuk menghangatkan badan.

Namun karena masyarakat Betawi adalah seorang muslim, maka dilarang meminum minuman beralkohol akhirnya mereka membuat bir sendiri dengan menggunakan bahan yang halal dan sama-sama dapat menghangatkan badan.

Lalu kata pletok itu sendiri yaitu karena bir diminum dengan menggunakan es batu yang dimasukkan ke dalam gelas bambu lalu jika dikocok atau digoyang-goyang menjadi berbusa dan menimbulkan bunyi kletok-kletok sehingga minuman ini kemudian dinamai bir pletok.

Peluang Usaha Bir Pletok

Minuman tradisional bir pletok ini menjadi peluang usaha daerah yang mempunyai nilai ekonomi.

Mengapa? Karena di zaman era modern ini minuman herbal seperti ini tentu aman dikonsumsi oleh anak-anak sampai orang dewasa sehingga tidak heran jika kini penggemarnya semakin meningkat saja.

Biasanya minuman bir pletok ini banyak diperdagangkan di seluruh wilayah DKI Jakartaasin hingg hotel-hotel yang ada di wilayah Jakarta dan pada acara-acara resmi untuk menjamu tamu asing.

Bir pletok biasa digunakan menjadi minuman pembuka dalam acara tersebut, alasan itulah yang menjadikan sebagai minuman tradisional yang mempunyai potensi sangat besar untuk dikembangkan sehingga menjadi peluang bisnis bagus bagi masyarakat Betawi.

Potensi-potensi yang dapat diambil dari bir ini yaitu untuk meningkatkan kesehatan masyarakat wisata boga sekaligus untuk meningkatkan pendapatan serta pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat.

Resep Pembuatan Bir Pletok

Bahan:

  1. Air 2 liter
  2. Biji pala 1/2
  3. Serai dua batang
  4. Cengkeh 5 butir
  5. Kapulaga 3 butir
  6. Kayu manis 5 cm
  7. Jahe 250 gr
  8. Daun jeruk 5 lembar
  9. Gula pasir secukupnya
  10. Kayu secang segenggam

Cara membuat:

  1. Cuci bersih semua bahan-bahan diatas, jika sudah bersihkan kulit jahe
  2. Memarkan bahan dan rebus sampai mendidih jika sudah mendidih masukkan kayu secang
  3. Lalu matikan api dan Diamkan sejenak biar ini bisa dinikmati selagi hangat maupun dingin
  4. Jika mau dingin masukkan dalam gelas kocok kemudian masukkan es dan kocok sampai berbusa

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang dilakukan untuk memperkenalkan usaha yang yaitu melakukan promosi online dan offline.

Dan membuat kemasan yang menarik sebagai bahan untuk promosi produk.

Promosi Offline

Di awal usaha minuman bir pletok ini yang dapat kalian lakukan yaitu dengan memasang spanduk agar orang mengetahui usaha Kamu, kemudian menyebarkan brosur di sekitar tempat usaha lalu berikan promo menarik untuk para calon pembeli dengan memberikan diskon potongan harga atau by one get one.

Dan jangan lupa juga untuk memperkenalkan usaha dari mulut ke mulut tawarkan kepada tetangga sekitar, teman, kerabat dan saudaramu pastinya.

Promosi Online

Pemasaran online yaitu Pemasaran dengan memaksimalkan sosial media untuk memperkenalkan usaha.

Salah satu sosial media yang dinilai cukup efektif yaitu berjualan menggunakan aplikasi Facebook, Instagram, WhatsApp, Pinterest, Tik Tok maupun marketplace.

Penggunaan sosial media ini dinilai sangat efektif karena jangkauannya lebih luas orang-orang juga kan lebih mengetahui produkmu hanya dalam hitungan menit bahkan detik.

Semoga informasi mengenai bir pletok minuman tradisional yang menjadi potensi daerah Betawi ini dapat menginspirasi para pembaca maupun pelaku usaha untuk memanfaatkan potensi daerah yang ada menjadi suatu peluang bisnis yang dapat mendatangkan keuntungan besar bagi para pelakunya. Mulailah dari suatu yang kecil, yang mudah, dan mulailah dari sekarang.

Sumber:https://bisnisukm.com 

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.