ADVERTISMENT

img
Ide

Cuan! Intip 5 Usaha untuk Ibu Rumah Tangga, dengan Modal Kecil yang Wajib Kalian Tiru

Cuan! Intip 5 Usaha untuk Ibu Rumah Tangga, dengan Modal Kecil yang Wajib Kalian Tiru
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Menjadi ibu rumah tangga terkadang membosankan dengan kegiatan dirumah yang itu-itu saja. Namun tahu kah Sis, menjadi ibu rumah tangga bukan berarti kalian berhenti untuk mewujudkan cita-cita untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Dengan canggihnya tekhnologi di zaman sekarang Sista bisa menjalankan usaha walaupun hanya berada di dalam rumah. Dan bisa menambah uang belanja bulanan Sista.

Sista pasti pernah terpikirkan, usaha yang pas bagi ibu rumah tangga satu-satunya hanyalah berdagang, namun semua itu ada kalanya sulit terwujud karena terkendala pada modal bukan?

Berikut admin jelaskan 5 usaha bagi ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan dengan modal kecil.

1. Membuka Jasa Catering

Siapa nih Sista disini yang hobinya masak? Rasanya bangga sekali apabila pekerjaan kita merupakan hobi yang di bayar. Yups, yang pertama adalah membuka jasa catering.

Untuk Sista yang memiliki hobi memasak, ini adalah peluang yang baik untuk mengambangkan bisnis. Sista bisa memulai dengan menu makanan berat untuk kebutuhan prasmanan seperti paket nasi box, kue kering, kue basah dan lain-lain.

Bisnis untuk ibu rumah tangga dengan cara membuka jasa catering tidak memerlukan biaya tambahan seperti sewa tempat layaknya restoran. Sista bisa mencoba dengan menggunakan dapur pribadi untuk memulai jasa catering

Kemudian mulailah mempromisikan pada teman-teman terdekat Sista dan media sosial, lalu jalinlah komunikasi yang baik  dengan suplier bahan baku dan konsumen.

2. Berbisnis Tanaman Hias

Banyak di media sosial belakangan ini gaya hidup minimalis sedang banyak digemari. Salah satu bagian terpenting dari gaya hidup minimalis adalah dengan menanam tanaman atau bunga hias didalam rumah.

Selain membuat asri juga membuat kesan aesthetic, Sista dapat memanfaatkan kesempatan ini sebagai peluang untuk menambah uang belanja bulanan bukan?

Jika Sista seorang pecinta tanaman, tidak ada salahnya menjadikan ini sebagai peluang usaha . Selain menjajakan tanaman hias secara ecer, juga bisa menjual partai besar untuk dekorasi rumah atau kantor.

Usaha untuk ibu rumah tangga yang satu ini tergolong mudah dan tidak membutuhkan banyak modal mengingat beberapa bibit tanaman hias mudah didapat dengan harga murah.

3. Membuka Kursus Belajar atau Bimbingan Belajar

Dengan ilmu yang sudah dimiliki sejak bangku sekolah atau perguruan tinggi, bisa menjadi modal awal usaha untuk ibu rumah tangga. Ini adalah usaha untuk ibu rumah tangga yang terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak modal.

Seperti yang kita lihat kebutuhan guru les sangat meningkat. Ada banyak anak-anak yang butuh bimbingan belajar dalam beberapa mata pelajaran yang sulit dikuasai.

Dua mata pelajaran yang sering menjadi kendala untuk anak-anak adalah mata pelajaran matematika dan bahasa Inggris. Jika Sista memiliki kemampuan lebih dalam hal matematika dan Bahasa Inggris tidak ada salahnya mulai membuka bimbel atau kursus mata pelajaran ini.

Usaha ini tidak banyak menyita waktu Sis, jadi jangan takut untuk tidak bisa mengurus rumah ya.

4. Membuat Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas

Sama seperti point sebelumnya, jika Sista memiliki keahlian dalam membuat kerajinan tangan dari barang-barang yang tidak terpakai. Tidak ada salahnya mencoba usaha untuk ibu rumah tangga yang satu ini.

Membuat kerajinan tangan seperti souvenirparcel, bingkisan, karangan bunga dan lain-lain akan menambah uang belanja bulanan loh Sis.

Modal utama usaha untuk ibu rumah tangga membuat kerajinan tangan adalah kreativitas yang dimiliki. Kreativitas akan semakin berkembang dan meningkat seiring waktu jika Sista terus menekuninya.

5. Menjadi Penulis Lepas

Di zaman serba digital penulis mempunyai peran yang sangat penting. Tidak perlu heran, Sista dapat melihat setiap website, aplikasi dan konten social media yang ada, seluruhnya membutuhkan seorang penulis konten.

Seperti halnya berbicara, menulis pun kemampuan yang belum tentu dimiliki oleh semua orang. Jika Anda termasuk orang dengan kemampuan menulis ini pastikan untuk memanfaatkan sebagai usaha untuk ibu rumah tangga menghasilkan uang tambahan.

Dan jika Sista memiliki kemampuan menulis konten iklan yang bersifat persuasif dan mampu memperkenalkan barang dengan baik. Kemampuan itu akan banyak dicari. 

Bagaimana Sis, tertarik untuk menjadi penulis lepas? Terlebih usaha yang satu ini tidak membutuhkan modal yang banyak.

Itulah 5 ide usaha bagi ibu rumah tangga dengan modal kecil dan cukup dilakukan di rumah saja, Apakah Sista berniat untuk mulai mencobanya? Apabila bisnis yang Sista lakukan sudah melebar sayapnya, jangan lupa untuk membuka lapangan pekerjaan untuk ibu rumah tangga yang lainnya ya. 

Sumber : https://www.cimbniaga.co.idhttps://www.google.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.