ADVERTISMENT

img
Ide

Potensi Bisnis Wisata Daerah Pegunungan yang Bisa Dicoba

Potensi Bisnis Wisata Daerah Pegunungan yang Bisa Dicoba
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Umumnya daerah pegunungan sulit dijangkau oleh sarana dan prasarana karena jauh dari perkotaan. Selain itu, peluang wisata di gunung kini lebih banyak dikuasai oleh kelompok atau instansi besar.

Bagi Anda yang berada di daerah pegunungan dan berencana untuk merintis sebuah bisnis, hal ini bisa dijadikan sebuah kesempatan.

Jika Anda tidak mampu membuat objek wisata yang sama besarnya, setidaknya Anda masih mempunyai peluang bisnis wisata gunung lainnya dengan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki.

Wisatawan yang memadati bisa jadi melirik ke tempat wisata lainnya jika tempat tersebut dibuat semenarik mungkin.

Apa saja peluang bisnis wisata lain yang bisa didirikan di sekitar tempat wisata gunung yang sudah tersedia?

1. Wisata Perkebunan

Wisata perkebunan yang saat ini sedang terkenal adalah kebun teh dan kebun bunga.

Dengan penataan yang rapi, para wisatawan dapat menjadikan tempat ini sebagai spot foto yang bagus. Selain budidaya dua jenis tanaman ini, Anda juga dapat melirik tanaman lain seperti sayur dan buah.

Anda bisa memanfaatkan perkebunan tersebut untuk memberikan pengalaman menarik dengan menciptakan wisata memetik buah dan sayur.

2. Wisata Peternakan

Daerah pegunungan cocok untuk beternak sapi, kerbau, domba, kambing dan lain sebagainya.

Saat ini pun sudah banyak paket wisata yang menawarkan pengalaman merawat hewan ternak, hingga keseruan menunggangi serta menikmati langsung hasil produksi ternak tersebut biasanya digemari oleh keluarga yang sedang berkunjung ke daerah pegunungan.

3. Wisata Outbound

Outbound adalah istilah yang dipakai untuk kegiatan luar ruangan dengan menggunakan wahana atau metode permainan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian, kerja sama, soft skill serta mengasah keterampilan.

Outbound dilakukan oleh individu, kelompok maupun instansi. Bagi berbagai kelompok dan instansi, outbound dirasa lebih efektif jika diserahkan kepada orang ketiga dibanding membuatnya sendiri.

4. Kuliner

Anda bisa membuka restoran sebagai tempat mengisi perut dengan berbagai makanan berat, cafe untuk tempat bersantai atau warung kecil-kecilan yang menyediakan minuman.

Untuk membuat bisnis kuliner Anda diminati oleh wisatawan, Anda harus pintar-pintar memilih hidangan sehingga sesuai jika dinikmati di suhu dan pemandangan pegunungan. Makanan berkuah dan hangat sangat cocok jika dijajakan di daerah ini.

Selain itu, lokasi tempat bisnis juga mempengaruhi. Anda bisa membangun warung kuliner Anda menghadap ke arah pemandangan bawah gunung yang biasanya dipenuhi lampu-lampu cantik perkotaan untuk menarik pengunjung.

5. Vila

Masyarakat dari kelas menengah bawah hingga menengah atas kini sangat menyukai traveling ataupun berwisata. Dengan pergeseran gaya hidup ini, sudah dipastikan bisnis penginapan akan terus meningkat.

Masyarakat yang melakukan traveling biasanya membutuhkan penginapan untuk tempat bermalam dan menikmati tempat wisata lebih lama.

Di daerah pegunungan, vila merupakan jenis penginapan yang paling sering dicari.

Vila biasanya berbentuk rumah hunian dan disewakan untuk tempat tinggal sekaligus berlibur.

Vila umumnya berada di daerah yang jauh dari keramaian dengan hawa sejuk dan suasana asri. Anda juga bisa menyewakan vila untuk beragam jenis kegiatan dan acara.

Itu tadi beberapa peluang bisnis di daerah sekitar wisata pegunungan yang bisa dimanfaatkan. Jenis bisnis manapun yang akan dipilih, berikan sedikit inovasi untuk membuat apa yang Anda tawarkan berbeda dan lebih menarik dibandingkan usaha sejenis.

Semoga bermanfaat!

Sumber: https://www.jurnal.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.