ADVERTISMENT

Ide

Contoh Bisnis Aksesoris Wanita dan Hal yang Diperhatikan untuk Memulainya

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Aksesoris wanita adalah barang yang paling dicari untuk menunjang penampilan. Mulai dari kalung, gelang, ikat pinggang, bandana, dan lain-lain. 

Sebagian besar wanita memilih aksesori yang cocok dengan pakaian yang dikenakannya. Aksesori bisa warna yang sama atau senada.

Kamu bisa memanfaatkan peluang banyaknya pengguna aksesoris wanita menjadi bisnis. Apalagi jika kamu seorang penggemar fashion wanita alias fashionista, pasti akan makin asyik menjalani bisnis. 

Jika sebelumnya kamu hanya sebagai konsumen, sekarang saatnya untuk menjadi penjual. Kamu bisa memilih dan memadupadankan aksesori sesuai dengan kreativitas kamu.

Bermodalkan pengetahuan dan kreativitas, kamu bisa memulai bisnis aksesoris wanita. Bisnis ini bisa kamu kerjakan secara online atau offline. Kamu juga bisa membuka keduanya.

Bisnis Aksesoris Wanita yang Paling Diminati 

Tren terus berputar. aksesori yang pernah jadi tren bertahun lalu, kemudian redup, sekarang bisa menjadi tren. 

Jika ingin memulai bisnis aksesoris wanita, kenali terlebih dahulu apa yang paling banyak diminati. Aksesori mulai dari topi, kalung, gelang, ikat pinggang, dan lain-lain. 

Dikutip dari The Trend Spotter, aksesoris wanita yang jadi tren pada 2022 bernuansa klasik yang dibalut dengan warna-warni  kekinian menyegarkan mata.

Perhiasan tradisional yang diperbarui dengan sentuhan modern juga banyak dilirik oleh para fashionista. Ikat pinggang model lebar dengan ring seperti yang tren beberapa waktu lalu juga kembali diminati. 

Lalu, kira-kira apa saja aksesoris wanita yang paling diminati pada 2022? Berikut ini jenisnya, siapa tahu bisa menjadi inspirasi untuk kamu. 

1. Kacamata Hitam 

Kacamata hitam adalah salah satu aksesoris wanita yang paling banyak dicari. Kacamata hitam bisa digunakan saat berkendara, bersepeda, atau saat berlibur. 

Kacamata hitam dengan paduan warna goldrose gold, dan silver tentu akan terlihat lebih mewah. Apalagi kacamata hitam dengan model yang simpel, pasti akan makin diminati. 

2. Anting

Aksesori yang satu ini memang abadi sepanjang masa. Beragam jenis anting, seperti hope earrings, tusuk, tassel, dan lain-lain selalu saja diminati. 

Kamu bisa memodifikasinya dengan berjualan anting bertema klasik, kekinian, dan lain-lain. Tentunya berdasarkan target pasar yang kamu tentukan sebelumnya. 

3. Bandana atau Bando   

Bandana atau bando juga masih banyak dicari dan diminati. Bandana adalah aksesoris wanita yang simple, tetapi membuat penampilan makin cantik. 

Kamu bisa menjual bandana sesuai tema. Misalnya, bandana warna-warni pastel, bandana dengan motif floral, bandana lurik klasik, dan lain-lain. Buat saja kreasi yang berbeda dan diminati.

4. Tote Bag 

Tas adalah aksesoris wanita yang juga banyak dicari. Tote bag berukuran besar yang bisa menampung banyak barang jadi incaran. 

Selain muat banyak barang, tote bag ukuran besar juga bisa menjadi tas pengganti kantong plastik, lho. Apalagi sekarang ini sedang gencar dikampanyekan gerakan mengurangi kantong plastik. 

5. Topi 

Selain bandana, aksesoris wanita di kepala seperti topi juga banyak diburu. Bukan hanya sebagai tren fashion, melainkan melindungi kepala dari panas matahari.

Topi juga dibutuhkan ketika pergi berlibur atau hangout pada hari libur. Kamu bisa menyediakan topi atau bucket hat dengan berbagai bahan, motif, dan model yang unik. 

Ada banyak merek yang menjual topi, kamu bisa menjualnya kembali atau mulai memproduksinya sendiri. Pasti keren banget!

Cara Memulai Bisnis Aksesoris Wanita

Setelah mengetahui apa saja aksesoris wanita yang paling diminati, apakah kamu sudah punya gambaran apa yang akan dijual? 

Jika sudah, selanjutnya kamu harus tahu bagaimana cara memulai bisnis aksesoris wanita. Sekarang ini banyak orang yang memiliki usaha aksesori. 

Kamu harus berani berinovasi jika ingin terjun ke bisnis aksesoris wanita. Produk yang kamu jual harus memiliki nilai lebih. Ada yang berbeda ketimbang lainnya. 

Selain produk unggulan, kamu juga harus melakukan promosi yang tepat. Jangan sampai produkmu tidak laku hanya gara-gara kurang promosi. 

Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk berpromosi. Buat isian media sosial yang menarik dan membuat pengikutmu penasaran. 

Nah, berikut ini adalah tips atau cara memulai bisnis aksesoris wanita. Kamu bisa praktikkan untuk bisnismu sendiri.

1. Modal Usaha

Sekecil apapun usaha atau bisnis, pasti memerlukan modal. Demikian pula ketika kamu ingin berbisnis aksesoris wanita.

Jika kamu ingin menjualkan produk orang lain, artinya kamu harus punya modal untuk berbelanja beberapa jenis barang. 

Jika kamu memproduksi sendiri, artinya kamu harus punya modal untuk membeli bahan baku, biaya produksi, dan tenaga yang memproduksi barang tersebut.

2. Analisis Pasar

Sebelum terjun ke bisnis aksesoris wanita, kamu perlu melakukan sejumlah analisis pasar terlebih dahulu. 

Misal siapa saja yang menjadi target pasarmu, siapa kompetitor, apa saja barang yang laku, berapa harga terendah dan tertinggi, serta di mana kamu akan berjualan.

Analisis pasar yang matang akan memudahkanmu ketika memulai bisnis aksesoris wanita. Tidak jarang pebisnis gagal hanya karena tidak melakukan analisis pasar terlebih dahulu. 

3. Telaten

Kamu harus telaten dalam menjalankan bisnis aksesoris wanita. Sebab keuntungan yang diperoleh tidaklah besar. 

Jangan lihat kecilnya keuntungan. Jika dalam sehari kamu bisa menjual puluhan bahkan ratusan barang, maka keuntunganmu akan menjadi besar. 

4. Promo Menarik

Kamu bisa melakukan promo menarik untuk mendatangkan pembeli. Promosi bisa dilakukan melalui marketplace atau media sosial. 

Buat konten menarik dan interaktif. Misalnya saja kuis, kata-kata inspiratif, tips, atau informasi lainnya. Jadi, tidak hanya jualan saja.

Sesekali kamu bisa membuat giveaway atau kuis berhadiah. Tujuannya untuk menarik konsumen. Kamu juga bisa memberi hadiah atau potongan harga ke konsumen setiap pembelian dalam jumlah tertentu. 

5. Jangan Mudah Menyerah

Kamu sudah memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis. Kuncinya adalah jangan pernah menyerah dengan keadaan. 

Ada kalanya kamu mendapatkan keuntungan yang besar, tetapi sekali waktu kamu mendapatkan sedikit keuntungan.

Ini merupakan dinamika dalam bisnis. Lakukan evaluasi, perbaiki strategi pemasaran atau buat produk baru, lalu terjun kembali pada bisnismu.

6. Atur Keuangan 

Kendati bisnis aksesoris wanita yang kamu geluti masih skala kecil, jangan lupa buat pembukuan. Mengatur keuangan bisnis dengan baik berpotensi untuk mengembangkan usaha. 

Pisahkan antara keuangan pribadi dengan bisnis. Ini akan membantumu untuk mengetahui berapa besar keuntungan yang kamu dapatkan.

7. Berjualan di Marketplace

Sekarang ini, banyak orang berjualan dan berbelanja di marketplace. Kamu juga bisa mengambil peluang ini dengan membuka akun toko aksesoris wanita. 

Marketplace memang tempat yang tepat untuk mendatangkan pelanggan baru. Asalkan kamu rutin mengunggah foto terbaru dan merespons dengan cepat, kamu akan mendapatkan konsumen loyal. 

8. Membuka Jaringan Baru 

Dalam berbisnis, kamu jangan hanya terpatok pada satu pemasok saja. Kamu juga harus membuka jaringan untuk mendapatkan aksesoris wanita yang beragam. 

Jika kamu memproduksi sendiri aksesoris wanita, jangan berhenti untuk mengeksplorasi model baru.

Nah, demikian tips dan cara memulai bisnis aksesoris wanita. Semoga dapat menjadi inspirasi bisnismu!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.