ADVERTISMENT

img
Ide

Tips dan Peluang Usaha Manik-Manik

Tips dan Peluang Usaha Manik-Manik
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Dengan menekuni hobi, tidak hanya membuat hati tenang namun juga bisa mendatangkan pundi rupiah. Salah satunya dengan kerajinan manik-manik ini.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa kerajinan manik-manik merupakan hobi semata sebagai hiasan, namun dengan memanfaatkan dan menekuni hobi tersebut, ternyata dengan hobi ini kita bisa menambah pemasukan apabila dilakukan dengan tekun dan bersungguh-sungguh loh.

Tahukah kalian, bahwa peluang usaha kerajnan di Indonesia saat ini mendapat perhatian yang penuh oleh masyarakat dan pemerintah, pasalnya sekarang ini banyak sekali bermunculan para pengusaha kerajinan yang bisa kita lihat di beberapa kota-kota besar seperti Bali, yogyakarta, bandung, palembang dll.

Tentu saja peluang yang sangat besar ini tidak akan berarti apabila kalian tidak maksimal mempromosikan dan memasarkannya.

Untuk memulai usaha kerajinan tidak sulit, apa lagi anda memiliki skill yang banyak dalam mengembangkan produk kerajinan tangan yang anda buat.

Adapun tips yang harus kalian lakukan untuk memulai usaha kerajinan tangan dari manik-manik :

1. Modal

Langkah pertama saat kita ingin membuka bisnis atau usaha tentu kita harus menyiapkan modal terlebih dahulu. Modal di sini tidak hanya berupa uang dan materi, namun ruang lingkup modal ini sangat luas, yaitu bisa berupa pengetahuan, skill, relasi atau jaringan, uang dan materi.

Semua itu mencakup modal yang sangat perlu anda siapkan di awal membuka bisnis.

2. Mencari Jaringan

Tentunya skill dan kemampuan menjadi prioritas utama di sini, walaupun anda memiliki banyak modal, namun anda tidak hobi dan memiliki skill di sini maka usaha anda akan gagal. Maka pikirkan matang-matang terlebih dahulu sebelum membuka usaha yang anda sendiri tidak hobi dibidangnya.

Tambah dan perdalam pengetahuan anda tentang kerajinan khusunya tentang kerajinan yang berhubungan dengan ”Manik-manik”.

3. Pemasaran dan Promosi

Setelah semuanya siap maka sekarang anda siap memasarkan produk anda, jika anda memiliki banyak relasi dan jaringan maka itu lebih baik. Lakukan promosi secara maksimal dan terus-menerus agar semua orang mengenal produk anda.

Mulailah dengan memasarkan atau mempromosikan kepada orang terdekat anda seperti keluarga, tetangga dan teman anda.

Promosikan pula melalui online dan sosial media, agar bisa dijangkau oleh banyak orang.

Para konsumen biasanya menyukai barang yanng unik dan beda dari yang lain, cobalah dengan membuat kerajinan manik-manik yang memiliki ciri khas tersendiri. 

Biasanya beda daerah atau adat akan beda pula motif atau warna dari kerajinan manik-maniknya.

Tadi adalah penjelasan dan tips yang perlu kalian perhatikan ketika ingin membuka usaha maniki-manik, terima kasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan semoga sukses!

sumber : https://www.ukmriau.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.