ADVERTISMENT

img
Ide

Beberapa Cara Mencari dan Mendapatkan Modal untuk Memulai Bisnis

Beberapa Cara Mencari dan Mendapatkan Modal untuk Memulai Bisnis
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Untuk memulai usaha atau bisnis, hal yang harus diperhatikan yaitu modal. Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan modal?

Selain harus membuat sebuah perencanaan usaha yang baik, sebelum membangun sebuah bisnis haruslah memiliki modal agar dapat terus berkembang. 

Baik dengan modal mulai ratusan ribu atau puluhan juta, dua-duanya bisa anda gunakan untuk membangun dan mengembangkan usaha. 

Ada beberapa usaha yang memang memerlukan modal hanya sedikit, tergantung jenis usaha apa yang ingin kalian buka. Berikut beberapa cara mencari dan mendapatkan modal untuk memulai bisnis :

1. Tabungan Pribadi

Nah, ada beberapa orang yang memang mempunyai tabungan pribadi yang disiapkan untuk membuka bisnis atau usaha. Karena yang kita tahu, menabung adalah kegiatan penting yang wajib kita lakukan di kehidupan kita ini.

Selain untuk membuka usaha, tabungan juga bisa untuk menjaga-jaga takut terjadi sesuatu diluar dugaan atau diluar keperluan kita. Sehingga kita bisa menggunakan atau menyisihkan sedikit penghasilan kita untuk menabung dan tanpa memikirkan hutang lagi.

2. Meminjam dari Orang Terdekat

Cara selanjutnya, kita bisa meminjam modal dari orang terdekat. Seperti keluarga, kakak, atau orang yang memang mempunyai hubungan dekat dengan kita. Jelaskan kepada mereka tentang ide dan rencana bisnis secara detail, agar mereka tahu dan merasa aman untuk meminjamkan modal nantinya.

Walaupun dengan cara ini bisa dibilang relatif santai dan juga sederhana, kita harus tetap berhati-hari. Jangan sampai kebablasan dan malah akan merusak hubungan kita dengan orang terdekat yang meminjamkan uangnya kepada kita.

3. Bersama Rekan Bisnis

Kalian juga bisa mencari rekan bisnis, untuk menopang modal sama-sama agar tidak terasa berat. Pastikan kita sudah membahas rencana bisnis secara rinci dari strategi bisnis, pencapaian yang ingin dicapai, pembagian keuntungan dan hal lainnya.

Nah, perlu kita perhatikan juga untuk mencari rekan bisnis kita pastinya harus melihat dulu siapa yang kita jadikan rekan. 

Kalian wajib mencari atau memilah rekan yang amanah, dikhawatirkan rekan kita tidak mau bekerja sama dan tidak bertanggung jawab. 

4. Berasal dari Konsumen

Beberapa jenis usaha khususnya usaha sablon atau katering biasanya bisa mendapatkan modal usaha dari pembayaran yang dilakukan oleh konsumen terlebih dahulu atau istilah ini sering disebut pre-order. Uang dari sistem pre-order ini kemudian digunakan untuk memproduksi pesanan yang dipesan konsumen.

Sistem pre-order ini jumlahnya bisa kita tentukan sendiri, apakah itu full, setengah harga atau uang muka saja. Keuntungan yang didapat dari penjualan kemudian bisa digunakan untuk tambahan modal untuk mengembangkan usaha kedepannya.

5. Suntikan Dana dari Investor

Selanjutnya cara mencari modal usaha adalah dengan mencari investor, dengan cara ini sangat jelas akan membantu kita mengembangkan usaha karena biasanya investor dapat memberikan suntikan dana untuk mengembangkan usaha dengan jumlah yang cukup besar.

Cara ini bisa dijadikan opsi untuk kita yang baru memulai dan masih belum punya penghasilan untuk diputar dalam memenuhi kebutuhan bisnis.

Kita bisa mencari investor modal yang berinvestasi sesuai dengan bisnis. Kita juga bisa mengikuti berbagai lembaga atau workshop yang melakukan pelatihan serta memberikan akses kepada pengusaha untuk mendapatkan modal.

Kita juga bisa mempresentasikan usaha bagaimana yang ingin kita buat, agar para investor mau bekerjasama dengan kita.

Seperti itulah beberapa cara agar anda mendapatkan modal untuk memulai bisnis atau usaha, dengan cara apapun kalian mendapatkan modal, semoga bisnis dan usaha kalian sukses, tetap berjuang dan selalu semangat. Semoga sukses..!

 sumber : https://pintek.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.