ADVERTISMENT

img
Ide

Mengulik Limbah Menjadi Barang Apik dan Menarik

Mengulik Limbah Menjadi Barang Apik dan Menarik
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Banyak limbah yang kita temui disekitar kita, terutama limbah plastik yang sangat mencemari lingkungan dan berdampak negatif.

Sampah plastik merupakan fokus utama yang harus dibenahi secara global dan tentunya pengolahan sampah plastik yang baik diperlukan guna menurunkan angka penyebaran sampah di dunia.

Selain itu, sampah plastik membutuhkan waktu penguraian yang sangat lama, setidaknya 60 hingga 70 tahun agar plastik dapat terurai dengan sempurna. Wow! Sangat lama bukan.

Tahukah Anda, Studi dari jurnal Science menyatakan bahwa ada 24-34 juta metrik ton sampah plastik yang masuk ke lingkungan laut setiap tahunnya yang berarti sekitar 11% dari total sampah plastik di dunia.

Sampah plastik juga sangat berdampak pada ekosistem yang ada. Plastik yang sudah terurai juga menghasilkan mikro plastik ke hewan-hewan sekitar seperti ikan maupun kerang loh.

Tidak heran metode 3R (reduce, recycle,reuse) dikampanyekan agar ada pemanfaatan sempurna dari sampah plastik. Recycle atau mendaur ulang sampah agar memberikan nilai ekonomi menjadi hal yang sering dilakukan dengan berbagai kebutuhan.

Lalu bagaimana cara agar limbah plastik ini menjadi barang apik dan menarik? Dan yang pasti menguntungkan untuk juga untuk Anda untuk menambah penghasilan di rumah.

Berikut beberapa produk menyulap limbah menjadi barang ekonomis yang bisa menjadi inspirasi Anda di rumah.

1. Tempat Pensil

Bagian dari botol plastik yang tidak terpakai bisa dimanfaatkan untuk kreasi lain yaitu tempat pensil atau pulpen. Kebutuhan yang satu ini bisa menjadi motivasi bagi anak agar belajar.

Selain itu barang ini juga bisa menjadi ide jualan Anda. Dengan mengemas secara menarik dan unik pasti siswa atau anak-anak akan tertarik untuk membelinya.

2. Pot Tanaman

Pot tanaman bunga juga lumayan penggemarnya, apalagi di saat sekarang ini tanaman hias menjadi trending topik di kalangan ibu-ibu.

Salah satu hal yang bisa dimanfaatkan dari sampah plastik adalah pot tanaman besar yang mana dimanfaatkan dengan sisa galon bekas yang tidak digunakan. Banyak juga tumbuhan yang bisa digunakan sebagai media tanam.

Tumbuhan sendiri bisa tumbuh dengan baik di tanaman pot besar berbahan plastik karena mampu menjaga lingkungan serta awet sekali mengingat sulit terurai.

3. Wadah Aksesoris

Aksesoris juga bisa ditempatkan melalui wadah plastik yang tidak digunakan. Kegunaan ini bermanfaat apalagi bila memiliki banyak aksesoris kecil yang rawan hilang bila ditaruh di tempat yang bukan khususnya.

Berbagai macam aksesoris seperti gelang, kalung, cincin, anting, dan lain sebagainya bisa dibuatkan wadah khusus melalui kreasi botol plastik yang didaur ulang.

Anda juga bisa memanfaatkan teknologi untuk mencari ide bagaimana cara membuatnya. 

4. Pot Kebun Vertikal

Anda juga bisa memanfaatkan botol plastik menjadi pot bunga vertikal atau menggantung.

Pot juga bisa dipajang di bagian dinding, bukan hanya bidang datar atau tanah. Justru pot kebun vertikal memiliki nilai lebih karena parasnya yang sangat unik bila ditempatkan dengan sangat baik.

Pot vertikal juga bisa digunakan untuk menjaga tanaman terinjak atau tergeser secara tidak sengaja. Ada juga berbagai tumbuhan yang meman disarankan untuk ditanam secara digantung seperti tanaman anggur.

5. Tas Belanja

Sampah plastik yang tidak terpakai juga bisa digunakan untuk membuat anyaman sebagai tas belanja. Tidak heran kekuatan sampah plastik yang awet bisa memiliki umur yang panjang karena bahan ini juga sulit terurai.

Dan Anda juga bisa menjadikan barang ini sebagai ide bisnis jualan. Mulailah menawarkan produk Anda pada tetangga dan teman-teman terdekat kalian.

Bagaimana, apakah Anda ingin mencoba peluang usaha memanfaatkan limbah agar menjadi barang yang bernilai ekonomis? Dengan membuat satu produk, Anda telah membantu mengurangi pencemaran lingkungan di sekitar Anda. 

Semoga artikel ini bermanfaat, dan terima kasih telah membacanya.

sumber : https://bijakberplastik.aqua.co.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.