ADVERTISMENT

img
Ide

Tips Budidaya Buah Naga di Dalam Pot dan Cara agar Cepat Berbuah

Tips Budidaya Buah Naga di Dalam Pot dan Cara agar Cepat Berbuah
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Apakah Anda menyukai buah naga? Beberapa jenis buah naga termasuk kedalam jenis kaktus dengan marga Hylocereus.

Memiliki bentuk yang merah menggoda, membuat buah ini menjadi favorit banyak kalangan. Permintaan konsumen yang tinggi juga membuat banyak orang tertarik untuk memulai bisnis budidaya buah naga.

Tips Budidaya Buah Naga di dalam Pot

Memulai bisnis budidaya saat ini sangatlah mudah. Anda tidak perlu lagi menyiapkan lahan yang luas. Jika halaman yang dimiliki sempit, maka melakukan penanaman dengan pot bisa menjadi pilihan.

Lalu bagaimana tahap budidaya buah naga didalam pot sehingga berbuah lebat? Ini dia penjelasannya.

1. Penentuan Lokasi Penanaman

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika akan melakukan budidaya didalam pot adalah mempersiapkan tempat penanaman. Jika menggunakan pot, maka Anda bisa meletakkan wadah dipekarangan rumah.

Agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, maka Anda juga harus memperhatikan lokasi yang dipilih. Jauhkan tempat penanaman dari jangkauan hewan dan juga anak-anak yang bisa merusak bibit.

2. Persiapan Pot dan Media Tanam

Untuk budidaya buah naga, Anda bisa menggunakan pot berbahan dasar tanah liat, plastik, atau semen.

Namun dari ketiga jenis bahan tersebut, pot berbahan tanah liat merupakan jenis terbaik karena bisa menstabilkan suhu yang ada didalam, sehingga sangat ideal digunakan sebagai wadah penanaman.

Untuk media tanam, gunakan campuran pasir, kompos, tanah, dan juga pupuk kandang. Setelah tercampur, masukkan media kedalam pot. Jangan lupa untuk memberikan air secukupnya sehingga media selalu berada pada kondisi lembab.

3. Persiapan dan Penanaman Bibit

Pemilihan bibit berkualitas sangat penting dilakukan karena akan mempengaruhi hasil panen nantinya. Anda bisa mencari bibit terbaik dan berkualitas di daerah sekitar Anda, atau jika ingin praktis, Anda bisa membeli bibit unggul di toko pertanian.

Setelah bibit didapatkan, Anda harus menanamnya dengan baik sehingga batangnya tidak roboh. Selain itu, jaga selalu kelembaban media dan letakkan di tempat yang terbuka namun teduh.

4. Pembuatan Tiang Panjatan

Ketika akan melakukan budidaya buah naga, maka Anda harus membuat tiang panjatan. Alat ini sangat penting karena selama proses pertumbuhan, buah naga membutuhkan tiang untuk menopang batang dan daunnya yang cukup besar.

Cara membuat tiang panjatan ini cukup mudah. Anda bisa menggunakan besi beton atau kayu. Potong beton atau kayu dengan panjang 150-200 cm dan diameter 8-10 cm.

5. Pemeliharaan Tanaman

Memelihara tanaman buah naga didalam pot tidak jauh berbeda dengan penanaman di lahan. Tahap pemeliharaan yang harus dilakukan ketika melakukan budidaya buah naga didalam pot yaitu pemupukan, pemangkasan, penjarangan dan repoting.

1. Pemupukan akar dilakukan setelah 2-4 minggu. Sedangkan untuk pemupukan daun dilakukan mulai dari minggu pertama hingga minggu kedelapan.

2. Pemangkasan daun dilakukan ketika batang tanaman sudah berumur 2-3 bulan.

3. Proses penjarangan dilakukan ketika bunga telah tumbuh. Cara penjarangan ini dilakukan dengan cara meletakkan buah naga dengan jarak 30 cm sehingga pertumbuhannya bisa optimal.

4. Proses repoting berfungsi untuk memicu perbungaan. Ketika proses repoting dilakukan, Anda bisa menambahkan pupuk kandang secara rutin sehingga tanaman bisa tumbuh dengan cepat dan optimal.

Itulah tadi beberapa tips budidaya yang bisa dilakukan agar buah naga bisa berbuah lebat dan tumbuh dengan optimal.

Dengan melakukan langkah yang tepat, maka mendapatkan hasil panen yang berkualitas tentu bukan lagi sebuah impian. Semoga bermanfaat!

Sumber: https://paktani.digital.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.