ADVERTISMENT

Ide

Potensi Ekspor Produk Tekstil Dekorasi Rumah yang Bisa Menjadi Peluang

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Selama ini, kita mengenal tekstil untuk kebutuhan sandang belaka. Ya, tekstil memang identik dengan busana tapi ternyata penggunaannya tidak hanya untuk fashion belaka.

Bahkan kini tekstil juga digunakan sebagai salah satu pilihan dekorasi rumah yang tak hanya sekadar punya nilai estetik yang tinggi, tapi juga nilai jual menjanjikan bagi para pengusaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Dari banyaknya produk tekstil yang bisa dipakai untuk kebutuhan dekorasi rumah, beberapa di antaranya yang mungkin sering kita temui hingga kita gunakan pula seperti sarung bantal dan sofa, sampai karpet.

Lantaran memiliki pangsa pasar tersendiri terutama mereka yang memang menginginkan tampilan interior rumah lebih memukau, kebutuhan akan produk tekstil untuk dekorasi rumah pun terus meningkat.

Dalam perkembangannya, pangsa pasar untuk TPT (Tekstil dan Produk Tekstil) ini rupanya tak hanya menarik konsumen lokal, tapi hingga pasar luar negeri.

Untuk itulah bagi Sahabat UKM yang kini tengah memulai bisnis TPT atau tertarik menggelutinya, kami akan mengulas seperti apa potensi ekspor tekstil dekorasi rumah ini. Simak terus artikel ini sampai selesai, ya!

Jenis Produk Tekstil Untuk Dekorasi Rumah

Seperti dilansir editorial Warta Ekspor yang bertajuk Kerajinan Tekstil Indonesia, produk-produk tekstil sebetulnya sudah jadi salah satu komoditas ekspor andalan Indonesia sejak dulu.

Sejarah mencatat bahwa industri tekstil Tanah Air mulai berkembang pada tahun 80-an dan mencakup berbagai aktivitas produksi. Menembus batas kebutuhan sandang, produsen tekstil pun melirik pangsa pasar baru lewat produk-produk tekstil dekorasi rumah.

Sebagai ornamen dekorasi rumah, produk tekstil yang tepat akan membuat tampilan interior jadi makin menawan, elegan bahkan sesuai dengan suasana yang ingin dibangun para penghuni di dalamnya. Seperti apa produk-produk tekstil untuk dekorasi rumah tersebut? Berikut beberapa di antaranya yang bisa Sahabat UKM pertimbangkan:

1. Sarung Sofa

Produk tekstil untuk dekorasi rumah yang pertama adalah sarung sofa. Sesuai dengan namanya, sarung ini berfungsi untuk melindungi sofa sekaligus mempercantik tampilannya. Tak perlu membeli sofa dengan aneka bentuk jika merasa bosan, sarung sofa dapat dipilih karena dapat membuat kesan dan tampilan sofa jadi berubah secara lebih efisien serta efektif.

2. Bean Bag

Dibandingkan produk lainnya, bean bag bisa dianggap sebagai salah satu karya modern dari industri tekstil. Punya bentuk yang unik, bean bag kerap dipilih untuk rumah-rumah minimalis dan memiliki lahan terbatas, karena relatif lebih tepat dipakai dibandingkan sofa.

Tak cuma digunakan di ruang tamu saja, bean bag bisa diletakkan di ruang keluarga atau ruang-ruang kerja karena dapat dipakai untuk duduk tegap hingga rebahan.

3. Sarung Bantal Sofa

Seperti dilansir Dekoruma, sarung bantal sofa bisa dibilang sebagai salah satu produk tekstil yang bisa ditemukan di hampir setiap rumah. Tak cuma menjadi dekorasi semata, sarung bantal yang tepat juga akan memberikan kesan nyaman saat digunakan.

Kita bisa menyesuaikan jumlah sarung bantal dengan ukuran sofa baik kecil atau besar, supaya tidak memberikan kesan berlebihan.

Jika ingin terlihat elegan, pilihan sarung bantal untuk sofa biasanya kain tanpa motif dengan warna netral atau earth tone. Untuk memberikan kesan dinamis, lembut dan mudah dibersihkan, biasanya sarung bantal sofa dibuat dengan material poliester.

4. Taplak Meja

Meja yang tampak polos biasanya akan membosankan sehingga dibutuhkan taplak untuk memberikan kesan estetik. Sebagai salah satu produk tekstil untuk dekorasi rumah, taplak meja juga memiliki banyak bentuk, ukuran, varian warna hingga material bahan baku.

Tentu taplak meja untuk ruang tamu akan berbeda dengan taplak meja di ruang makan atau ruang bekerja.

5. Sprei

Memiliki ranjang yang nyaman adalah keinginan setiap orang. Untuk mewujudkannya, kita tentu akan memasang sprei pada ranjang tersebut yang menjadikan produk ini sebagai salah satu olahan tekstil paling dibutuhkan.

Sprei yang nyaman dan terbuat dari bahan terbaik bisa memberikan pengalaman tidur berkualitas. Tak heran kalau akhirnya harga jual sprei termasuk yang termahal dibandingkan produk-produk tekstil dekorasi rumah lainnya.

6. Karpet

Produk tekstil untuk dekorasi rumah terakhir ini juga bisa mudah ditemukan di setiap rumah. Kita biasanya memasang karpet untuk memberikan kesan nyaman saat diinjak dan tidak mudah kotor.

Karpet bisa diletakkan di ruang tamu, ruang keluarga atau kamar tidur. Dengan warna dan bentuk yang dapat disesuaikan terhadap ukuran ruangan, karpet dibuat dengan material beragam entah tipis atau tebal sesuai dengan kebutuhan.

Dari keenam produk tekstil untuk dekorasi rumah di atas, tampaknya setiap dari kita pasti memilikinya di rumah masing-masing. Fakta ini jelas jadi bukti bahwa kebutuhan akan produk tekstil dakam lingkup rumah tangga begitu tinggi yang mendorong peluang ekspornya makin terbuka lebar.

Sumber: https://ukmindonesia.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.