ADVERTISMENT

Ide

Cara Mengolah Pakan Ayam Sendiri dan Peluang Usahanya

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Pakan adalah asupan yang diberikan kepada hewan ternak. Pakan juga merupakan sumber energy bagi kehidupan para hewan ternak.

Nutrisi yang dibutuhkan pada hewan ternak ini yakni seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin. Selain itu pakan juga merupakan dasar kehidupan yang dihubungkan bagi kesehatan hewan ternak.

Pemberian pakan pada hewan ternak juga harus sesuai dengan kebutuhan hewan ternak tersebut. Pakan ayam sudah menjadi andalan para peternak ayam karena untuk saat ini memang harga pakan ayam bisa dibilang melambung tinggi.

Alhasil bisa mengakibatkan kerugian para peternak ayam apabila tidak sesuai dengan harga jual ayam itu sendiri. Tetapi disini kita tidak ada salahnya untuk mencoba membuat pakan ayam sendiri.

Karena bisa lebih menghemat biaya daripada anda membeli pakan tersebut yang saat ini harganya sudah melambung tinggi. Berikut anda bisa simak cara mengolah pakan ayam sendiri sekaligus menjadi peluang usaha.

Bagi anda yang memiliki hewan ternak atau peliharaan, berikut ini kami akan memberikan resep bagaimana cara membuat pakan ayam untuk diterapkan di rumah, berikut bisa anda simak di bawah ini.
 

Bahan-Bahan :

  • Tepung Tulang
  • Talas ambil umbinya
  • Beras dulog
  • Dedak bekatul

Cara Membuat :

  • Untuk langkah pertama cincang umbi talas atau daunnya tersebut sampai berukuran kecul kurang lebih ukurannya 1 cm.
  • Jika umbinya sudah Anda cincang lalu campurkan dengan semua bahan seperti dedak bekatul, beras dulog, dan juga tepung tulang menjadi satu jangan lupa tambahkan air secukupnya dan kemudian rebus sampai semua bahan menjadi hancur dan tercampur rata.

  • Sebelum anda mencampur semua bahan tersebut sebaiknya anda memperhatikan takaran. Disini dalam membuat pakan seberat 2kg, sebaiknya anda mencampurkannya dengan 1 kg umbi talas,  500g dedak, lalu 1 sendok makan tepung tulang dan yang terakhir 500g beras.

  • Untuk yang terakhir angkat dan dinginnya, jika sudah dingin maka siap diberikan ke ternak. 

 

 

Peluang Usahanya

Bisa dikatakan peluang untuk bisnis pakan ternak ini masih sangat bagus dan cocok bagi anda yang ingin menjalankannya. Usaha Pakan Ayam ini sudah menjadi pilihan dalam usaha industri peternakan ayam yang menjajikan hingga membuat banyak orang menjadi tertarik untuk menjalani usaha tersebut. 

Jika anda ingin lebih cepat membuat pakan ayam, Anda juga bisa menggunakan mesin pelet pakan ayam.

Bagi anda yang ingin memproduksi pakan ayam sendiri untuk usaha, maka mesin inilah yang menjadi solusi untuk anda yang bisa mengaplikasikan penggunaan pakan ternak untuk anda. 

sumber : https://www.kompasiana.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.