ADVERTISMENT

Ide

Cara Membuat Keripik Pisang yang Renyah dan Gurih, Beserta Tipsnya

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Keripik pisang sangat cocok dimakan saat santai atau sangat dimakan bersama keluarga. Berikut akan kami bagikan cara membuat keripik pisang yang renyah dan gurih.

Cara Membuat Keripik pisang Gurih dan Renyah

Bahan-Bahan:

  • 7 sisir Pisang Kepok
  • 2 sendok penyedap rasa
  • 4 sdm (peres) garam halus
  • 3/4 gelas belimbing air putih
  • 2 liter Minyak Goreng
  • 1 bks margarin blueband

Langkah-Langkah Cara Membuat keripik Pisang

1. Larutkan gula pasir dalam air panas. Aduk hingga larut dan sisihkan.

2. Parut pisang yang sudah dikupas menggunakan pemarut khusus keripik atau parutan serbaguna. Pastikan ketebalannya pas, tidak terlalu tipis atau tebal.

3. Panaskan minyak dalam penggorengan. Setelah minyak panas, masukkan irisan pisang dan goreng hingga setengah matang. Sesekali aduk pisang agar matangnya rata.

4. Ketika pisang sudah agak kuning, tuang tiga sendok makan air gula ke dalam wajan. Hati-hati, karena di proses ini, minyak akan meletup-letup.

5. Tunggu hingga letupan minyak reda atau tak lagi bersuara, angkat saat pisang sudah benar-benar kering dan matang.

Tips yang Bisa Kita Terapkan Dalam Cara Membuat Keripik Pisang

1. Anda bisa mengiris pisang berbagai bentuk sesuai dengan selera kamu sendiri.

2. Pastikan Anda menggunakan banyak minyak hingga seluruh bagian pisang terendam. Hal ini akan berpengaruh terhadap kerenyahan.

3. Selain dari pada itu, gorenglah pisang secara bertahap jangan sampai penggorengan terisi terlalu penuh.

4. Tuanglah gula dengan cara melingkar dan ratakan ke semua bagian, jangan hanya menaburkannya di satu titik saja.

5. Biasanya akan ada bagian dari gula yang gosong karena hasil penggorengan sebelumnya dalam minyak setelah dua atau tiga kali menggoreng. Sebaiknya saring hasil sisa gosong tersebut terlebih dahulu, dan lanjutkan menggoreng.

6. Agar warnanya lebih cantik, kamu bisa mencampurkan pewarna makanan kuning dari telur dengan air, kemudian masukkan pisang ke dalamnya. Aduk hingga rata, baru digoreng.

Jenis jenis Pisang Yang Cocok Dijadikan Keripik Pisang

1.Pisang Nangka

Pisang Nangka atau sering dikenal juga dengan sebutan Pisang Raja Nangka memiliki cita rasa yang manis dengan sedikit rasa asam. Secara tekstur pisang nangka mempunyai ciri ciri kulitnya yang lumayan agak tebal, dengan warna daging yang kuning kemerahan. Pisang Nangka juga mempunyai ukuran yang panjang bisa mencapai hingga 28 cm.

2.Pisang Ambon

Pisang Ambon merupakan salah satu pisang yang digunakan karena cocok untuk dijadikan keripik pisang. Selain itu juga pisang Ambon dapat dimakan langsung ketika matang. Pisang

Ambon memiliki ciri ciri :

  • Kulit pisang ambon berwarna kehijau-hijauan hingga kuning.
  • Memiliki daging tebal dan lembut.
  • Daging pisang ambon berwarna putih kekuning-kuningan.
  • Rasa pisang ambon manis

Manfaat Dari Pisang Ambon

1. Memberikan suntikan energi

Tahukah kalian bahwa pisang merupakan salah satu buah yang umum dikonsumsi oleh atlet? karena pisang mampu memberikan suntikan energi dengan menjadikan gula sebagai energi.

2. Menyediakan elektrolit

Jika kamu sedang menderita diare, konsumsilah pisang. Karena pisang kaya akan elektrolit yang mampu mengembalikan jika kehilangan elektrolit karena diare.

3. Bermanfaat sebagai antasida alami

Antasida alami sangat penting untuk mencegah sakit maag. Sehingga jika kamu penderita sakit maag, perbanyaklah memakan pisang.

4. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Karena Pisang mengandung pektin, bahan alami yang mempunyai manfaat yang sangat luar biasa sebagai detoksifikasi tubuh.

5. Meningkatkan gairah

Seksual tidak banyak orang tahu bahwa memakan pisang mampu meningkatkan gairah seksual. Sebab pisang mengandung enzim yang disebut dengan bromelain. Enzim sangat ini membantu untuk meningkatkan gairah seksual dan kesuburan bagi pria

3. Pisang Tanduk

Pisang tanduk mampu memiliki kepanjangan hingga 30 cm. Mempunyai warna kulit yang hijau saat masih mentah dan berwarna kuning kemerah merahan dengan bintik-bintik coklat jika sudah matang. Pisang tanduk memiliki kulit yang cukup tebal dengan warna daging yang merah kekuning-kuningan.

Rasa pisang tanduk manis dan sedikit masam, jika ingin membuat keripik pisang yang memanjang, pisang tanduk ini sangat cocok karena bentuk buahnya yang panjang dibanding buah pisang jenis lain.

4. Pisang Kepok

Diantara jenis pisang yang lainya, pisang kepok inilah yang selalu menjadi primadona untuk membuat keripik pisang. Harganya yang cukup tinggi sebanding dengan rasa yang dihasilkan akhirnya yang renyah dan cita rasa keripik yang manis gurih. Maka tak heran jika keripik pisang kepok paling diminati konsumen dengan harga jual keripik yang lumayan mahal dengan modal yang cukup.

Sumber: https://yentit.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.