ADVERTISMENT

Ide

Cara Membuat Kue Dadar Gulung Anti Lengket dan Enak, Begini Tipsnya!

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Cara membuat dadar gulung agar tidak lengket, ada yang tahu rahasianya? kira-kira gimana ya cara buatnya, yuk simak artikelnya sampai selesai.

Cara Membuat Dadar Gulung Agar Tidak Lengket

1. Pastikan Tekstur Adonan Dadar Gulung Tepat

Adonan kulit dadar gulung terbuat dari terigu, air, santan, telur, sejumput garam, dan air suji atau pasta pandan untuk pewarna alami. Campur semua bahan tersebut secara merata sampai teksturnya lembut, licin, dan tidak bergerindil.

Untuk membuat kulit dadar yang sempurna adalah konsisten adonan. Sesuaikan takaran air dengan resep dan coba tuangkan air secara perlahan hingga teksturnya kental tapi tidak encer. Kalau terlalu encer, kulit dadar gulung akan mudah sobek ketika matang nanti.

2. Wajan Harus Panas Sebelum Adonan Dadar Gulung Masuk

Setelah adonan siap, panaskan wajan anti-lengket dengan api sedang. Kalau sudah benar-benar panas, tuangkan adonan secukupnya di atas wajan.

Tanda bahwa wajan sudah panas yaitu bunyi desis saat adonan dituang di atasnya. Kalau sudah demikian, dijamin kulit dadar gulung akan terlihat berpori. Namun jika anda masih ragu, anda bisa cek dengan menuangkan setetes adonan di atas wajan terlebih dulu.

Cara menuangkan adonannya adalah angkat wajan panas sedikit menjauh dari api kompor. Ambil adonan secukupnya dengan sendok sayur, lalu tuangkan di atas wajan panas.

Putar wajan hingga adonan menutup permukaannya secara merata dan kembalikan wajan di atas api. Kecilkan api agar kulit datar tak cepat gosong.

Selain pakai wajan datar anti lengket, anda juga bisa membuat kulit dadar gulung dengan wajan kebalik. Cara membuatnya tinggal tuang adonan ke wadah penampung, kemudian celupkan bagian bawah wajan ke dalam adonan. Masak dengan porsi wajan terbalik hingga matang.

3. Perhatikan Kematangan Kulit Dadar Gulung

Kulit dadar yang matang sempurna akan memunculkan pori-pori dengan tekstur yang kering. Kalau sudah, kulit dadar busa diangkat dari wajan dengan mudah. Tanpa menggunakan spatula pun kulit dadar akan mudah lepas dari wajan anti-lengket.

Perhatikan tekstur kulit dadar selama memasak supaya tidak terlalu kering ya, jangan sampai menjadi crepes nantinya.

4. Simpan Kulit Dadar Gulung Ke Dalam Wadah Kedap Jika Tak Langsung Dipakai

Kalau sedang menyiapkan dadar gulung untuk camilan bersama teman-teman, biasanya ibu menyicil membuat kulit dadar dari semalam sebelumnya.

Nah kalau anda tidak langsung mengolahnya jadi kudapan, masukkan kulit dadar yang sudah matang ke dalam wadah kedap udara yang cukup besar agar tak cepat kering. Setiap menumpuk kulit dadar, beri alas plastik, daun, atau kertas agar kulit dadar tak saling menempel satu sama lain.

Simpan adonan dalam suhu ruang dan pastikan untuk mengolahnya sebelum 24 jam. Mudah sekali, kan? Selain untuk dadar gulung, tips di atas juga bisa digunakan untuk membuat kulit dadar risoles, pancake durian, atau sosis solo.

Namun untuk beberapa resep tersebut tentunya membutuhkan kulit dadar yang tidak berpori, ya. Caranya sama dengan yang di atas kok, hanya saja wajan datar anti-lengketnya tidak boleh terlalu panas saat adonan dituang. Selamat mencoba!

Resep Dadar Gulung Agar Tidak Lengket

Bahan Kulit Dadar Gulung :

  • 2 gram garam
  • 125 gram tepung terigu serbaguna
  • 15 gram gula pasir
  • 1 butir telur ayam
  • 90 ml santan kelapa

Bahan Unti Kelapa Dadar Gulung :

  • 150 ml santan kelapa
  • 100 gram kelapa parut
  • 60 gram gula merah
  • 20 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 4 lembar daun pandan
  • 1/3 sdt vanili

Cara Membuat Dadar Gulung Agar Tidak Lengket :

1. Cara membuat unti yaitu, masak air, santan, gula merah, vanili, dan gula putih sampai agak mendidih.

2. Masukkan kelapa parut, masak hingga air menyusut. Angkat dan dinginkan.

3. Untuk membuat kulit dadar gulung, campur semua bahan kulit dadar, lalu disaring.

4. Panaskan wajan anti lengket.

5. Tuang satu centong adonan ke wajan, tumpahkan dengan gerakan memutar.

6. Masak sampai kulit dadar gulung berubah warna dan bisa lepas dari wajan. Lakukan sampai semua bahan adonan habis.

7. Isi kulit dadar dengan unti kelapa, Gulung.

8. Kue dadar gulung siap disajikan.

Sumber: https://yentit.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.