ADVERTISMENT

Ide

Raup Puluhan Juta Perbulan Dari Bisnis Tas Wanita, Lengkap Dengan Panduan Usaha

Artikel ditulis olehWisnu Saputro

Tas adalah hal yang selalu ada pada wanita, kemanapun mereka pergi pasti tas dengan model cantik dan nampak mahal akan sangat menunjang rasa percaya diri mereka.

Bagi kaum wanita, tas untuk bepergian sangat penting karena bisa digunakan untuk menempatkan macam keperluan mulai dari dompet, peralatan make up, kaca, handphone, charger, uang recehan, dan berbagai keperluan penting untuk bepergian. 

Begitu penting dan tingginya kebutuhan tas wanita, hal ini membuat beberapa industry tas, khususnya tas wanita, terpacu semangatnya untuk berkreasi membuat aneka tas dengan berbagai model. Dan tas wanita dengan model-model cantik pun menjadi objek yang sering digarap oleh beberapa industry tas. 

Karena itu peluang bisnis tas wanita saat ini benar- benar sangat menjanjikan. Bagi orang umum, segmen bisnis tas wanita pun bisa juga kita ambil. Namun bisnis tas wanita ini nampak sulit untuk dilakukan bila tidak mengetahui sistematika marketing yang efektif.

Tas biasanya akan dicari oleh konsumen di toko tas, lantas apakah kita lalu harus membuka toko tas. 

Modal Yang Dibutuhkan 

Untuk memulai bisnis tas wanita ini tidak selamanya membutuhkan modal yang besar. Saat ini banyak peluang usaha kecil menengah dengan modal usaha rata-rata di bawah Rp 10 juta, hal ini memberikan bukti bahwa kesuksesan pun dapat dimulai dari peluang usaha modal kecil. 

Dengan fakta tersebut maka hal ini bisa memotivasi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian mereka, dengan mencoba berbagai peluang bisnis kecil menengah yang prospeknya cukup menguntungkan.

Salah satu peluang yang saat ini cukup menguntungkan, yaitu memulai usaha kecil menengah dengan memproduksi atau menjual tas. Sekarang ini tas bukan hanya sebagai 

kebutuhan sekolah atau kerja saja. Namun, kini tas menjadi bagian fashion yang banyak digemari konsumen khususnya kaum hawa. 

Semakin hari minat konsumen akan produk tas dengan merek dan model tertentu semakin meningkat, hal ini menjadi salah satu keuntungan bagi pelaku bisnis ini. Saat ini pun tas menjadi salah satu kebutuhan wajib dalam berbusana, oleh sebagian besar masyarakat baik pria maupun wanita. 

Sehingga permintaan pasar akan tas juga menunjukan peningkatan yang cukup bagus. Selain itu untuk membuka usaha ini juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Sehingga siapa saja bisa mencoba peluang usaha kecil menengah tersebut, karena usaha ini bisa dibuka dengan modal yang minim.

Perhitungan Modal dan Keuntungan Bisnis Tas Bila produksi sendiri

Peralatan Mesin jahit Rp 2.000.000,00 
Perlengkapan jahit (gunting, jarum, dll) Rp 500.000,00
Bahan baku awal (kain, benang, resliting, dll) Rp 3.000.000,00
Total Rp 5.500.000,00

Biaya penyusutan mesin jahit dan perlengkapan jahit setelah pemakaian satu tahun (12 bulan)= 1/12 x Rp 2.500.000,00 = Rp 208.300,00 

Biaya operasional per bulan

Sewa tempat per tahun Rp 10.000.000,00
Biaya sewa per bulan = 1/12 x Rp 10.000.000,00 Rp 833.300,00
Bahan baku (kain, benang, dan aksesoris lainnya) Rp 2.500.000,00
Gaji 1 orang pegawai Rp 800.000,00
Plastik kemasan Rp 150.000,00 
Listrik dan telepon Rp 300.000,00 
Transportasi Rp 300.000,00 
Biaya penyusutan Rp 208.300,00 
Total Rp 5.091.600,00 

*) harga kemungkinan mengalami perubahan seiring waktu dan juga tempat dimana Anda membuka usaha.

Omzet per bulan

Penjualan tas per hari @ Rp 50.000,00 x 5 buah = Rp 250.000,00

Penjualan tas per bulan = Rp 250.000,00 x 30 hr = Rp 7.500.000,00 

Laba bersih per bulan 

Rp 7.500.000,00 - Rp 5.091.600,00 = Rp 2.408.400,00 

BEP 

(modal awal : laba bersih per bulan) = 2,2 bulan 

Bila anda menjadi reseller tanpa stock tas 

Biaya operasional per bulan

Listrik dan telepon Rp 200.000,00 
Internet Rp 200.000,00 
Total  Rp 400.000,00 

Omzet per bulan 

Penjualan tas per hari @ Rp 70.000,00 x 5 buah = Rp 350.000,00

Penjualan tas per bulan = Rp 350.000,00 x 30 hr = Rp 10.500.000,00 

Laba bersih per bulan 25% 

(Rp 10.500.000,00 x 25%)-Rp. 400.000,00 = Rp. 2.225.000,00

Langkah memulai bisnis

Bila produksi sendiri

Beberapa hal yang harus anda persiapkan sebelum memulai bisnis tas wanita: 

  1. Persiapkan alat-alat untuk membuat tas seperti halnya mesin jahit. 
  2. Persiapkan mesin untuk menipiskan kulit atau biasa disebut mesin seset. 
  3. Anda bisa memanfaatkan rumah Anda sebagai workshop.
    Jika hal tersebut tidak memungkinkan maka ada baiknya menyewa atau membeli rumah khusus untuk workshop. Hal ini sangat penting mengingat proses pembuatan membutuhkan ruang yang luas. 
  4. Persiapkan semua bahan baku yang Anda perlukan seperti resleting, busa, karton, dan lain-lain. 
  5. Jika Anda tidak ingin melakukannya sendiri maka anda harus mempekerjakan karyawan. Persiapkan upah karyawan khususnya tukang jahit. 
  6. Jangan lupa untuk memilih bahan tas yang berkualitas untuk produk tas anda. 

Jika Membeli dari Supplier/ Produsen tas 

Jika anda tidak produksi tas sendiri dan memilih membeli tas dari supplier atau produksen tas, berikut beberapa tips yang bisa anda coba:

  1. Pilihlah supplier yang memiliki merek dan alamat pabrik yang jelas yang tercantum pada produk tas yang dibuat. Agar produk tas yang anda pasarkan benar-benar terjamin kualitasnya, maka penting bagi anda untuk melakukan survey pasar untuk mencari tahu dimana produsen tas yang bagus namun menawarkan harga jual yang cukup terjangkau. Meski barang berkualitas tidak ada yang dijual murah, namun setidaknya anda bisa menjalin kerjasama dengan produsen tersebut sehingga mendapatkan harga khusus untuk pembelian partai besar. 
  2. Pilihlah tas yang di produksi oleh pabrik tas yang diberi label garansi produk.
  3. Pilihlah supplier tas yang memberikan pilihan tipe dan model yang berarti menunjukkan keseriusan di dalam memproduksi tas tersebut.
  4. Pilihlah supplier yang berpengalaman dan sudah berdiri lebih dari 5 tahun.
  5. Untuk model tas dan kualitas maka anda bisa memilih dengan beberapa tips dibawah ini: 
    • Pilihlah model tas yang tidak mudah robek.
    • Pilihlah tas dengan bahan berkualitas
    • Pilihlah supplier atau produsen yang terbaik memiliki divisi pengawasan mutu (kendali mutu) yang akan melakukan kontrol produksi tas.

Pemasaran offline

Memasarkan tas secara offline, cara yang tepat adalah sebagai berikut: 

  1. Lakukan riset pasar sebelum membuat tas.
  2. Gunakan pemasaran mulut-ke mulut.
  3. Pilihlah lokasi penjualan tas atau toko offline yang strategis, bisa terletak di dekat keramaian umum, pinggir jalan raya dan tempat strategis lainnya.
  4. Buat promo menarik.
  5. Berikan potongan harga.
  6. Selalu berinovasi terhadap produk.
  7. Pelayanan terbaik kepada konsumen.
  8. Gunakan brosur dan flayer.
  9. Buat katalog tas.
  10. Bekerja sama dengan pihak lain.

Pemasaran secara online

Buatlah website atau toko online.

Untuk membuat toko online tas, anda bisa memulainya dengan menggunakan website, blog, jejaring sosial seperti facebook dan twitter, ataupun memanfaatkan situs marketplace seperti misalnya bisnisukm.com, kaskus, dan lain sebagainya.

Melalui toko online tersebut, anda bisa memajang produk tas yang dipasarkan sehingga konsumen mulai tertarik untuk membeli produk dagangan Anda. Setelah itu anda bisa menentukan nama yang unik dan menarik untuk membedakan toko online tas anda dengan toko online lainnya. Dalam hal ini anda bisa memilih nama toko online yang mudah diingat konsumen dan mengandung keyword atau kata kunci tertentu yang masih berhubungan dengan bisnis tas.

Memasarkan produk di website atau toko online, tas anda hanya bisa menggunakan foto produk untuk menarik minat calon konsumen. Pastikan anda mengambil foto produk tas dari berbagai sisi agar terlihat semua detilnya dengan jelas. Kemudian tambahkan pula keterangan atau deskripsi produk agar konsumen lebih mudah melihat kualitas dari masing-masing tas. 

Permudah transaksi pembayaran online

Anda harus membuat setiap transaksi pembelian yang masuk dan proses pengiriman barang ke tangan konsumen dengan cepat dan tepat. Bisnis tak pernah bisa dipisahkan dari transaksi pembayaran dan pengiriman barang. Jadi, setelah anda memeriksa transaksi pembayaran yang masuk ke rekening anda, segeralah untuk memproses orderan tersebut dan pastikan memilih jasa ekspedisi yang terpercaya agar tas yang dipesan konsumen bisa sampai ke tangan mereka tepat pada waktunya. 

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.