ADVERTISMENT

Ide

Resep Mudah, Sehat dan Bergizi 'Kerupuk Rebon yang Enak'

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Kerupuk merupakan makanan ringan yang cukup familiar dan sangat diminati oleh kebanyakan orang. Ada banyak jenis kerupuk yang kita jumpai salah satunya adalah kerupuk udang.

Kerupuk udang bisa dibilang salah satu jenis kerupuk yang sangat banyak penggemarnya karena rasanya cukup khas dan gurih rasanya. Jika Anda salah satu penggemar kerupuk udang, maka tidak perlu membeli dipasar atau diwarung, sebab sebenarnya Anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan mudah.

Jika Anda tidak tahu bagaimana dan apa saja resep cara membuat kerupuk udang rebon yang lezat? Jangan khawatir kami akan menjelaskan secara rinci dibawah ini.

Berikut Cara Membuat Kerupuk Udang Rebon yang Enak dan Praktis

Tips Memilih Udang Sebelum Diolah

1. Pastikan kepala udang masih tertempel

Saat kamu ingin membeli udang yang segar, pastikan untuk memilih udang dengan kepala yang masih tertempel utuh karena itu merupakan salah satu indikasi jika udang masih segar dan aman untuk dikonsumsi. Sementara Jika kamu melihat udang yang kepalanya telah terlepas, maka bisa jadi udang tersebut sudah tidak segar lagi.

2. Beraroma khas

Saat kamu membeli udang, tidak ada salahnya apabila ingin mengecek aromanya terlebih dahulu untuk memastikan kualitas kesegarannya. Hindari membeli udang yang berbau tidak sedap apalagi busuk karena sudah tentu kualitasnya sudah sangat buruk. Aroma pada ikan salah satu tips paling mudah dalam mengecek kesegaran dari makanan laut.

3. Pastikan udang masih segar

Sebelum memulai membeli udang, pastikan bahwa tampilan dari udang tersebut masih tampak terlihat segar dengan cangkang kulit yang masih bening tanpa ada cairan maupun warna lain yang dapat menjadi indikasi bahwa udang tersebut sudah dalam kondisi yang tidak baik dan tidak layak konsumsi. Pastikanlah bahwa kesegaran udang menjadi hal yang paling utama.

4. Tekstur udang tidak lembek

Anda dapat memperhatikan daging dari udang sebelum memulai untuk membelinya. Daging udang dengan kualitasnya baik akan memiliki tekstur yang kenyal dan tidak lembek saat ditekan. Janganlah kita sampai membeli udang yang memiliki tekstur lembek karena hal itu bisa menjadi indikasi bahwa udang tersebut sudah tidak segar lagi.

5. Kepalanya tidak berwarna merah

Jangan lupa perhatikan pula bagian kepala dari udang tersebut. Pastikan kamu berhati-hati untuk tidak memilih udang yang bagian kepalanya berwarna merah karena bisa jadi itu merupakan indikasi bila isi kepala udang sudah pecah. Tentu saja kita tidak akan mencicipi isi dari kepala udang tersebut. Maka pastikanlah bahwa udang tersebut masih segar dengan kepala yang masih bening.

Bahan-bahan:

  • 800 gr sagu/aci (kurleb)
  • 3 sdm terigu segitiga
  • daun kucay secukupnya
  • 1 sdm minyak goreng

Bahan Biang :

  • 1 mangkok sedang nasi dingin
  • 500 ml air
  • 2 sdm udang rebon
  • 4 siung bawang putih, haluskan dulu
  • 1 sdm ketumbar, haluskan dulu
  • 5 buah cabe merah keriting, potong kecil-kecil
  • 1/2 sdm garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 bungkus masako ayam

Langkah langkah Membuat Kerupuk Udang Rebon

1. Blender semua bahan biang hingga halus. Tambahkan terigu, aduk rata. Masaklah menggunakan api yang kecil hingga mengental seperti bubur. Dinginkan

2. Masukkan daun kucai, aduk rata

3. Campurkan sagu sedikit demi sedikit sampai mendapatkan adonan yang halus dan tidak lengket. Uleni terlebih dahulu memakai sendok karena adonan masih lengket, setelah setengah kalis baru diuleni pake tangan hingga kalis

4. Bagi adonan lalu bentuk lenjeran

5. Didihkan air. Masukkan lenjeran, rebus hingga mengapung. Angkat dan langsung cemplungin ke air dingin. Angkat & tiriskan

6. Setelah benar-benar dingin, masukkan kedalam kulkas semalaman agar mudah di potong. Potong-potong tipis

7. Susun dalam wadah lalu jemur kurang lebih 2 sampe 3 hari atau hingga benar-benar kering

8. Goreng hingga matang. Dinginkan. Simpan dalam toples kedap udara. Siap disajikan

Begitulah tadi cara menbuat kerupuk udang rebon yang sehat dan bergizi. Cukup mudah bukan? Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Sumber: https://yentit.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.