ADVERTISMENT

img
Ide

Ternak Ayam Broiler Ternyata Sangat Menguntungkan

Ternak Ayam Broiler Ternyata Sangat Menguntungkan
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Jika Anda memiliki lahan yang kosong di pekarangan rumah memang dapat dimanfaatkan menjadi bisnis yang menguntungkan. Salah satunya adalah dengan cara beternak.

Peluang usaha ternak ayam potong menjadi celah bisnis yang masih menguntungkan. Dimana bisnis ternak ayam potong menghasilakan ayam potong yang di pasaran banyak yang mencarinya.

Ayam potong menjadi salah satu jenis ayam yang paling banyak dicari. Berbagai usaha kuliner, rumah tangga dan kebutuhan acara membutuhkan pasokan ayam potong dengan jumlah banyak.

Jenis ayam potong atau ayam broiler memang menjadi jenis ayam yang banyak peminatnya. Rasanya yang nikmat, dagingnya yang tebal serta harga jualnya yang terjangkau.

Untuk terjun dalam bisnis ayam potong memang tidak sulit yang kini makin mudah untuk dipelihara. Jika Anda tertarik dengan bisnis ternak ayam potong maka dapat melihat tahapan membudidayakannya di bawah ini :

Tahapan Berternak Ayam Potong

1. Menentukan Lokasi Kandang

Hal pertama yang harus kamu lakukan jika ingin memulai budidaya ternak potong adalah menentukan lokasi kandang.

Disarankan untuk memilih lokasi kandang yang mudah dijangkau dan dapat diakses oleh transportasi.

Usahakan juga untuk memilih lokasi yang berada di tempat tidak bising, jauh dari permukiman penduduk, dan dekat dengan sumber air.

2. Membuat Kandang

Ada 2 jenis pilihan kandang yang sering dibuat oleh para peternak ayam, yaitu kandang tanpa panggung dan kandang bentuk panggung.

  • Kandang Tanpa Panggung

Tipe kandang ini sering digunakan karena pembuatannya yang mudah dan pembangunannya yang relatif murah.

  • Kandang Bentuk Panggung

Jenis kandang ini membutuhkan biaya yang lebih mahal.

Namun keuntungan memiliki kandang ini adalah tidak akan mudah kotor dan mudah dibersihkan karena kotoran ayam akan langsung jatuh ke bawah.

3. Pemilihan Bibit

Saat melakukan pembibitan ayam, kamu disarankan untuk memerhatikan beberapa poin penting di bawah ini:

  • Pilih bibit yang gerakannya aktif, sehat, dan tidak mengalami cacat fisik atau sakit.
  • Bibit harus memiliki tubuh yang bulat, gemuk, dan berisi.
  • Usahakan bibit memiliki bulu yang tidak terlihat kusam, sehat, dan mengilap.
  • Daerah di sekitar anus tidak kotor, mata terlihat tajam, dan hidung bersih.

4. Melakukan Pemberian Pakan

Ada hal-hal yang wajib kamu perhatikan dari segi kandungan juga waktu pemberian pakan. Pemberian pakan ayam penting untuk memenuhi nutrisi hewan agar ayam dapat tumbuh berkualitas dan maksimal.

Pastikan pakan selalu tersedia di dalam kandang agar tubuh ayam lebih cepat gemuk.

5. Pemeliharaan Ayam Potong

Pada 7 hari pertama, bibit ayam unggul langsung dimasukan ke incubator dan diberi pakan juga minum air hangat. Kemudian, kurangi suhu incubator dan berikan bibit ayam jenis pakan crumbles.

Selanjutnya, kamu dapat mematikan suhu incubator karena ayam tak lagi membutuhkan pemanas. Di minggu keempat, bulu ayam akan tumbuh dan mereka akan membutuhkan pakan yang banyak, bahkan sampai 2 kali lipat.

Minggu berikutnya, kamu dapat lakukan pembersihan kandang secara rutin karena ayam akan menghasilkan kotoran yang banyak.

6. Panen dan Sanitasi

Setelah berumur 30 hari, kamu sudah dapat melakukan panen dan penjualan ayam potong. Jangan lupa untuk melakukan pengapuran pada bagian lantai dan dinding kandang untuk sanitasi setelah selesai panen.

Harga jual ternak ayam potong

Patokan harga untuk ternak ayam potong dapat Anda buat dalam hitungan per kg daging dimana harga mulai Rp 23.000 hingga Rp 35.000. Ini tergantung dari harga daging yang ada di pasaran yang kadang naik bahkan turun.

Keuntungan dalam menjalankan bisnis ternak ayam potong

Keuntungan bila Anda memilih terjun dalam peluang bisnis ternak ayam potong ini yakni merupakan bisnis ternak yang paling mengutungkan dimana kebutuhan ayam potong sangat tinggi di pasaran.

Tertarik mencoba bisnis ternak ayam potong ? Bisnis ternak ayam potong menjadi pilihan bisnis sangat menjanjikan.

Dalam menjalankan bisnis ternak ayam potong jangan lupa untuk menggunakan mesin penetas telur otomatis agar bisnis berjalan lancar juga maksimal. Semoga informasi mengenai peluang dari bisnis ternak ayam potong tersebut dapat bermanfaat.

sumber : http://www.agrowindo.com & https://www.99.co

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.