ADVERTISMENT

Ide

Cara Membuat Kulit Risol yang Mudah, Anti Gagal dan Sobek

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Kulit lumpia banyak dipakai sebagai bahan utama oleh banyak hidangan, salah satunya adalah risol. Untuk membuat risol yang bagus, tentu harus memperhatikan kualitas kulit lumpia agar tidak sobek dan isian dari risol tidak berceceran. 

Banyak orang yang memilih untuk membeli kulit lumpia di toko atau pasar, dibanding dengan mengolah sendiri karena tidak ingin menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Padahal, kulit lumpia dapat dibuat sendiri dengan cara yang mudah. Kali ini, kami akan membagikan resep kulit lumpia yang mudah dan anti gagal. 

Bahan: 

  • 500 gr tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 4 sdm tepung tapioka
  • 4 sdm minyak sayur
  • Garam
  • Airsecukupnya

Cara Membuat Kulit Lumpia

1. Siapkan wadah besar untuk membuat adonan. Masukkan tepung terigu, tepung tapioka, dan telur. Aduk ketiga bahan hingga tercampur. Tambahkan minyak sayur, lalu aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.

2. Siapkan wadah lain. Saring adonan dengan saringan agar tidak ada adonan yang menggumpal. Campurkan kembali adonan yang sudah disaring. Hal ini dapat meghindari sobeknya kulit lumpia.

3. Jika adonan sudah disaring, tambahkan air secukupnya hingga tekstur adonan menjadi sedikit cair agar kulit tidak terlalu tebal saat dicetak. Tambahkan sejumput garam agar kulit lumpia tidak terasa hambar.

4. Panaskan teflon dan olesi sedikit minyak agar tidak lengket.

5. Tuang adonan ke dalam teflon, lalu goyangkan teflon agar adonan terlapis rata ke seluruh permukaan teflon. 

6. Tunggu sekitar 30-60 detik hingga kulit lumpia matang lalu angkat secara perlahan agar kulit lumpia tidak sobek. Jika sudah diangkat, simpan kulit lumpia ke atas piring.

7. Kulit lumpia sudah siap digunakan.

Nah sahabat UKM, itu dia resep kulit lumpia yang bisa dibuat sendiri di rumah loh. Resep ini dapat dipastikan anti gagal dan anti sobek. Yuk cobain!

sumber: https://www.fimela.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.