ADVERTISMENT

Ide

Cara Budidaya Tanaman Hias di Lahan Sempit dengan Menggunakan Pot

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Apakah Anda ingin menambah keindahan di dalam rumah dengan menanam tanaman hias? Menanam tanaman hias dalam pot bisa menjadi alternatif yang tepat untuk Anda yang tinggal di apartemen atau tempat yang minim lahan.

Selain itu, menanam tanaman hias dalam pot juga lebih mudah dalam perawatannya dibandingkan menanam tanaman di taman. Namun, bagi pemula, mungkin masih merasa kesulitan dalam menanam tanaman hias dalam pot. Berikut ini adalah panduan lengkap untuk menanam tanaman hias dalam pot untuk pemula.

Persiapan Menanam Tanaman Hias dalam Pot

Sebelum menanam tanaman hias dalam pot, Anda perlu menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu, yaitu:

1. Pilih Pot yang Sesuai

Pilih pot yang sesuai dengan jenis tanaman hias yang ingin Anda tanam. Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran pot yang cukup untuk menampung akar tanaman hingga dewasa. Selain itu, pastikan pot memiliki lubang di bagian bawah untuk memudahkan aliran air.

2. Pilih Tanaman Hias yang Sesuai

Pilihlah tanaman hias yang sesuai dengan karakteristik tempat tumbuhnya. Ada beberapa jenis tanaman hias yang membutuhkan sinar matahari penuh, namun ada juga yang hanya membutuhkan sinar matahari sedikit atau bahkan tidak membutuhkan sinar matahari sama sekali. Pilih tanaman hias yang mudah dalam perawatannya.

3. Pilih Media Tanam yang Cocok

Pilih media tanam yang cocok untuk tanaman hias yang ingin Anda tanam. Media tanam yang cocok dapat membuat tanaman hias tumbuh dengan baik dan sehat.

4. Pilih Pupuk yang Tepat

Pupuk juga merupakan faktor penting dalam menanam tanaman hias dalam pot. Pilihlah pupuk yang tepat untuk jenis tanaman hias yang Anda tanam.

Cara Menanam Tanaman Hias dalam Pot

Setelah semua persiapan telah dilakukan, berikut ini adalah langkah-langkah dalam menanam tanaman hias dalam pot.

Langkah 1: Beri Drainase

Sebelum menanam tanaman hias dalam pot, pastikan pot telah diberi drainase. Gunakan batu kerikil atau arang sebagai lapisan dasar pot.

Langkah 2: Isi Pot dengan Media Tanam

Isi pot dengan media tanam yang telah dipilih. Pastikan media tanam sudah dicampur dengan pupuk dengan perbandingan yang tepat.

Langkah 3: Tanam Tanaman Hias

Setelah media tanam telah siap, masukkan tanaman hias ke dalam pot. Jangan lupa untuk memberi ruang yang cukup untuk pertumbuhan akar.

Langkah 4: Siram Tanaman Hias

Setelah menanam tanaman hias dalam pot, siram tanaman dengan air secukupnya. Pastikan air tidak menggenang di bagian bawah pot.

Langkah 5: Taruh Pot di Tempat yang Tepat

Taruh pot di tempat yang sesuai dengan karakteristik tanaman hias yang Anda tanam. Pastikan tempat tersebut memiliki sinar matahari yang cukup dan suhu

Langkah 6: Lakukan Perawatan Secara Berkala

Setelah menanam tanaman hias dalam pot, lakukan perawatan secara berkala. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan tanaman hias adalah:

  • Siram tanaman secara teratur, namun jangan terlalu banyak agar tanah tidak terlalu basah.
  • Beri pupuk pada tanaman secara berkala sesuai dengan jenis tanaman hias yang Anda tanam.
  • Potong daun atau ranting yang sudah kering atau mati.
  • Ganti media tanam setiap 1-2 tahun sekali.

sumber: https://www.faunadanflora.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.