ADVERTISMENT

Ide

Ikuti 5 Tips Berikut Ini, Jengkol Goreng akan Empuk dan Tidak Alot

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Ingin membuat jengkol goreng yang empuk dan tidak bau? Yuk, coba tips dan cara-cara berikut ini. Ada sejumlah cara sederhana yang bisa diikuti.

Goreng jengkol ini pun bisa dinikmati dengan sambal dan nasi putih hangat. Cocok juga jadi pelengkap ragam lauk harian. Selengkapnya, langsung saja simak tips-tipsnya di bawah ini.

1. Rendam Semalaman

Jengkol dibelah dulu menjadi empat bagian. Setelah itu, jengkol direndam dalam air dingin selama 8-10 jam. Kalau berencana untuk membuat jengkol goreng pada pagi hari, kita bisa mulai merendamnya dari malam hari sebelumnya.

2. Bisa Pakai Air Cucian Beras

Cara ini bisa dicoba agar jengkol tidak bau saat digoreng. Untuk 250 gram jengkol, bisa gunakan 1 gelas air cucian beras untuk merendamnya. Rendam jengkol dalam air cucian beras minimal 6 jam atau bisa juga direndam semalaman. Setelah direndam semalaman, jengkol dicuci bersih dan dikupas kulitnya. Tiriskan terlebih dahulu.

3. Setelah Digoreng, Disiram Air Panas

Jengkol yang sudah direndam bisa langsung digoreng. Goreng jengkol dalam minyak panas sampai matang. Setelah itu, ditiriskan. Kemudian, siram jengkol dengan air panas selama dua menit. Lalu, jengkol dipindahkan ke piring. Bila ingin jengkol terasa lebih gurih, kita bisa menaburkan sedikit garam atau kaldu bubuk sesuai selera.

4. Direbus sebelum Digoreng

Cara ini bisa jadi alternatif bila ingin menghasilkan jengkol yang lebih empuk dan tidak bau. Caranya, siapkan air cucian beras baru. Didihkan air cucian beras dengan garam dan bawang putih geprek. Masukkan jengkol. Rebus sampai empuk.

Setelah direbus, jengkol digeprek satu per satu lalu dicuci bersih. Goreng jengkol sampai setengah matang. Masukkan irisan bawang merah dan bawang putih. Lanjut goreng jengkol sampai matang. Dengan cara ini, jengkol goreng bisa memiliki tekstur garing bagian luarnya dan empuk dalamnya.

Itu tadi sejumlah cara dan tips goreng jengkol biar empuk yang bisa dicoba. Semoga infonya bermanfaat.

sumber: https://www.fimela.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.