ADVERTISMENT

img
Info

Cara Menanam Mawar Dan Jenis-Jenisnya

Cara Menanam Mawar Dan Jenis-Jenisnya
Artikel ditulis olehApril Liliana

Mawar merupakan tumbuhan semak berduri, tingginya dari 2 hingga 5 meter dan terkadang ada yang merambat hingga ketinggian 20 meter pada tanaman lain.

Kebanyakan populasi mawar berada di belahan bumi utara yang berudara sejuk. 

Sebagian besar mawar bukanlah tanaman tropis, jadi mawar pada iklim tersebut akan mengalami fase merontokan seluruh daun.

Hanya sebagian kecil mawar yang berasal dari Asia Tenggara yang akan selalu berdaun hijau sepanjang tahun.

Mawar memiliki banyak jenis, terdapat hingga 100 spesies lebih.

Jenis-Jenis Mawar

jenis-jenis mawar (anekaukm.id)

Mawar memiliki banyak jenis, beberapa wilayah akan berbeda jenis mawarnya dengan wilayah lain. Untuk Indonesia sendiri jenisnya adalah mawar Hybrid Tea dan Medium.

Eropa memiliki: 

  • Rosa alba
  • Rosa canina
  • Rosa gallica
  • Rosa chnamomea
  • Rosa cettifolia
  • Rosa spinosissma
  • Rosa wichuraiana

Timur Tengah: 

  • Rosa fetida
  • Rosa fetida bicolor
  • Rosa fetida perciana
  • Rosa feicikoana
  • Rosa damascena

Amerika Serikat:

  • Rosa cinemoemea
  • Rosa nitida
  • Rosa california

Kali ini kita akan membahas hanya sebagian jenis mawar saja beserta karakteristik, dan perlakuan yang cocok untuk menunjang pertumbuhannya.

1.Climbing Roses (Mawar Panjat)

mawar panjat (climbing roses)_anekaukm.id

Mawar jenis climbing roses menciptakan tampilan yang cantik pada bangunan yang ingin ditutupi seperti gudang atau lekukan. Selain itu bunga climbing roses juga dijadikan bunga potong.

Kelompok mawar climbing roses yaitu Ena Harkness, New Dawn, Ayrshire, Climbing China, Laevigata, Sempervirens, Noisette, Boursault, Climbing Tea, dan Climbing Bourbon.

Kapan kita harus melatih Climbing Roses?

Memulai pelatihan climbing roses sebaiknya di tahun ke dua atau ketiga.

Biarkan tahun pertama digunakan untuk berakar dan menjadi kokoh pada lokasi tumbuhnya. Biarkan mawar tumbuh secara horizontal dan besar pada batang tanpa pemangkasan di tahun pertamanya.

Cara melatih climbing roses, pertama kali letakkan struktur atau kawat pengikat sekitar dua kaki dari pangkal mawar. Di sini, kita dapat mulai mengikat mawar dan melatihnya untuk tumbuh ke atas.

Di akhir musim latihan pertama, climbing roses bisa dipangkas. Buang batang tua dan bagian yang rusak, potong kembali cabangnya untuk mengarahkan energi ke batang utama.

Saat kita terus mengikat mawar, mawar akan bergerak ke atas pada penyangganya, pastikan untuk menyediakan banyak ruang bagi mawar untuk tumbuh, baik ke atas maupun ke luar. Ini menciptakan bentuk yang lebih menyenangkan dan mengurangi kepadatan.


Seberapa sering memangkas Climbing Roses?

Seberapa sering memangkas mawar (anekaukm.id)

Kebanyakan mawar climbing roses harus ditanam berjarak empat hingga lima kaki, meskipun jarak yang tepat tergantung pada varietas.

Ingatlah bahwa climbing roses lebih suka tumbuh ke atas, dan akan membutuhkan teralis yang cukup tinggi untuk menampung beberapa kaki pertumbuhan.

Tanam mawar climbing roses membutuhkan aliran udara yang baik di antara tanaman, sirkulasi yang baik dapat mencegah jamur dan masalah lainnya.

Berapa banyak sinar matahari yang diperlukan?

sinar matahari untuk mawar (anekaukm.co.id)

Seperti mawar lainnya, mawar jenis climbing roses membutuhkan sinar matahari penuh untuk mekar maksimal.

Beberapa varietas mawar dapat mentolerir sedikit naungan, tetapi sangat jarang ditemui mawar akan subur di tempat yang teduh.

Lokasi yang ideal menyediakan enam jam atau lebih sinar matahari per hari. Pilih lokasi yang menghadap ke utara atau barat jika kita menanam mawar climbing roses di sepanjang rumah atau bangunan.

Seberapa sering melakukan penyiraman?

seberapa sering menyiram mawar, anekaukm.co.id

Mawar climbing rose lebih menyukai penyiraman yang konsisten, dan suka dengan tanah yang lembab.

Saat batangnya telah kokoh, kita perlu menyirami dua kali seminggu saja, memberikan perendaman yang baik pada setiap penyiraman. Setelah terbentuk lebih besar, mawar climbing rose tidak terlalu membutuhkan kelembapan yang cukup, tetapi akan tetap menyukai tanah yang tidak dibiarkan kering.

Jenis tanah seperti apa yang cocok?

tanah yang cocok untuk mawar

Ternyata mawar jenis ini tidak terlalu "rewel".

Mawar climbing rose sedikit lebih dekat hubungannya dengan mawar liar daripada hibrida modern, dan dapat mentolerir sedikit bebatuan atau pasir di tanah mereka.

Namun, mawar ini akan tampil paling baik jika diberi tanah lempung yang dikeringkan dengan baik dengan banyak bahan organik.

Mawar tidak menyukai genangan, jadi pilihlah lokasi di mana air tidak mengendap, dan pastikan untuk mengubah tanah dengan bahan organik untuk menyediakan drainase yang memadai.

Seberapa cepat pertumbuhan mawar climbing rose?

seberapa cepat pertumbuhan mawar climbing roses

Mawar climbing rose tumbuh pada tingkat yang berbeda tergantung pada iklim dan kultivarnya.

Namun, sebagian besar mawar climbing rose tumbuh dengan kecepatan sekitar dua kaki per tahun saat tidak dipangkas—dengan banyak bunga di sepanjang jalarnya.

Untuk menjaga rambatan agar sesuai dengan ketinggian yang diinginkan, pemangkasan dapat dilakukan setiap tahun.

 2. Mawar Floribunda

Floribunda roses : cara menanam mawar, anekaukm

Varietas Floribunda, dinamai dari frasa Latin yang berarti "banyak berbunga". Jenis mawar Floribunda sendiri masih memiliki banyak varietas turunannya lagi.

Tampilan floribunda begitu disukai karena klasik dan elegan, mekar dengan acak-acakan, penuh dan banyak bunga dalam setiap batangnya serta aromanya yang manis. Mawar Floribunda adalah persilangan mawar polylantha, pertama kali dikembangbiakkan pada abad ke-19.

Apakah mawar Floribunda tumbuh tinggi?

mawar floribunda

Floribundas adalah salah satu varietas mawar yang lebih pendek, tumbuh sampai ketinggian tiga hingga empat kaki.
 
Mawar hybrid tea adalah kerabat mereka yang tumbuh lebih tinggi hingga enam kaki.
 
Kebiasaan tumbuh mawar Floribunda yang tidak terlalu tinggi menjadikannya spektakuler di taman kontainer atau dalam pot, di antara tanaman yang lebih pendek.

Berapa jarak tanam yang baik untuk menanam mawar floribunda?

jarak tanam mawar

Mawar Floribunda akan maksimal hasilnya tumbuh bila dibiarkan menyebar 24 hingga 30 inci.

Menanam bunga terlalu rapat dapat meningkatkan kerentanan terhadap jamur, tetapi sebenarnya tidak perlu banyak ruang untuk menanam mawar floribunda.

Tanamlah mawar floribunda dalam garis yang teratur sepanjang pagar rendah rumah untuk membagi ruang Anda, atau tanam beberapa varietas bersama untuk menciptakan percikan warna di lanskap Anda. Floribunda juga tetap cantik baik dalam wadah, atau di depan mawar yang lebih tinggi atau vining.

Apakah mawar Floribunda mudah tumbuh?

mawar floribunda

Jawaban singkatnya--ya, mawar Floribunda mudah tumbuh. Mawar ni bukan tergolong mawar rewel.
 
Mawar Floribunda sangat mudah beradaptasi dengan semua jenis tanah, serta berbagai kondisi iklim.
 
Cukup pilih tanah yang baik dan dikeringkan dengan baik dan letakkan dengan cukup menerima banyak sinar matahari.

3. Mawar Grandiflora

Mawar Grandiflora (anekaukm.id)

Mawar Grandiflora dihibridisasi dari persilangan hybrid tea dan floribunda, dan umumnya mekar lebih besar dan lebih tinggi daripada varietas floribunda.

Mawar ratu ini memiliki banyak bunga mekar per batang, dan benar-benar membanjiri taman dengan bunga mekar yang menakjubkan.

Grandiflora sering menampilkan bentuk yang sangat penuh, dengan lapisan demi lapisan kelopak yang harum.

Zona

Tumbuh terbaik di dataran yang terbuka tanpa nanungan dan luas, seperti negara California dan San Antonio.

Air

Mawar adalah tanaman yang tahan haus, jadi cukup menyiramnya 2 kali dalam seminggu. Siram di pagi hari dalam-dalam untuk mendorong pertumbuhan akar.

Jangan membiarkan daun atau kelopak mawar terendam air, karena genangan air akan mendorong jamur muncul pada mawar. Cocok tumbuh pada kelembaban tanah yang konsisten, dan daerah-daerah yang menerima sekitar dua inci air setiap minggunya.

Cuaca

langit cerah mawar

Langit cerah membuat mawar mekar dengan berani, dan menjadikan mawar mengering setelah basah terkena hujan.

Tanah

PH tanah harus berada dalam kisaran 6,5 hingga 7. Tanah yang terlalu basa atau terlalu asam dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman mawar, sehingga untuk pembudidayaan mawar wajib dilakukan pengujian tanah terlebih dahulu. Menambahkan batu kapur ke tanah akan mengurangi PH asam tanah, sementara menambahkan aluminium sulfat atau belerang ke tanah akan menurunkan tingkat pH tanah basa.

Seperti mawar lainnya, mawar Grandiflora tampil paling baik di tanah lempung yang dikeringkan dengan baik yang kaya, tetapi tidak berat.

Pupuk

pupuk kompos mawar

Berikan pupuk ramah secara berimbang terhadap mawar seperti kompos dan alfalfa. Tambahkan juga lumut gambut untuk sirkulasi udara yang baik dan mendorong drainase.

Metode pemangkasan

metode pemangkasan mawar

Mawar Grandiflora adalah mawar yang tangguh, dan akan membutuhkan pemangkasan untuk mendorong pertumbuhan baru dan menghindari batang yang terlalu padat.

Mawar Grandiflora mekar di batang baru, dan harus dipangkas di musim semi. Memangkas dilakukan setelah tanaman sedikit berdaun, tetapi sebelum kuncup muncul.

Pangkaslah batang yang mati, cabang tua, batang yang kurus, batang yang tumbuh menyilang sebab akan melukai cabang lain sehingga harus disingkirkan, gunakan kesempatan pemangkasan ini untuk membentuk tanaman mawar. 

Gunting bergagang dan gergaji tangan adalah alat yang ideal untuk mendukung pemangkasan. Mulailah memotong dengan sudut 45 derajat dari bawah ke atas.

mawar

Nah di bawah ini adalah cara menanam mawar yang baik. Semoga informasi menanam mawar dan beberapa jenisnya yang kami sajikan bisa membantu Anda.

cara menanam mawar


Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.