ADVERTISMENT

Info

Beberapa Cara Mendapatkan Modal Untuk Bisnis

Artikel ditulis olehAfiqurahman

Modal Untuk Bisnis – Modal adalah inti dari memulai bisnis. Tidak ada bisnis yang tidak membutuhkan modal. Bisnis adalah bagaimana kita bisa memutar modal menjadi keuntungan dalam periode tertentu, jadi untung tidaknya sebuah bisnis modal menjadi patokannya.

Masalah yang kerap dialami oleh pebisnis pemula adalah mendapatkan modal awal untuk bisnisnya. Kami telah merangkum beberapa cara mendapatkan modal untuk bisnis. Ada yang dari dana pribadi, atau dari orang lain. Penasaran? Selamat membaca.

Cara Mendapatkan Modal Bisnis

1. Dana pribadi

Banyak pengusaha menggunakan tabungan pribadi atau dana yang dikumpulkan sendiri untuk mendirikan bisnis mereka sendiri. Membiayai bisnis Anda dengan uang Anda sendiri tentu dapat memberi Anda kendali penuh atas bisnismu.

Tidak perlu campur tangan, tidak perlu mempertimbangkan uang dari orang lain terhadap operasional bisnis Anda, karena Anda adalah satu-satunya pemilik modal.

Namun, di sisi lain, mungkin butuh waktu lama bagi Anda untuk merealisasikan bisnis Anda karena Anda menunggu tabungan yang cukup.

Selain itu, menggunakan dana pribadi untuk membiayai bisnis juga berisiko, terutama jika Anda menggunakan semua tabungan Anda untuk bisnis. Jika ternyata saat Anda kehabisan tabungan, bisnis Anda mengalami kerugian, maka Anda tidak akan memiliki cukup uang untuk bertahan hidup.

2. Kredit Bank (KUR)

Cara lain untuk mendapatkan modal bisnis Anda adalah dengan menjual aset pribadi. Baik itu mobil, rumah, atau tanah. Anda juga bisa menjual gadget branded, sepatu atau tas, jam tangan, perhiasan, dll.

Namun, mungkin tidak banyak dari Anda yang cukup beruntung untuk memiliki semuanya. Bahkan jika Anda memilikinya, terkadang terasa memalukan untuk menjual semua barang ini.

Atau, Anda dapat menggadaikan barang-barang tersebut dan berharap jika bisnis Anda lancar dan menguntungkan, Anda dapat menebusnya.

Cara umum lainnya bagi pedagang untuk membiayai bisnis mereka adalah dengan mengajukan kredit dari beberapa bank komersial. Banyak bank memberikan kredit kepada pengusaha kecil dan menengah dengan tingkat bunga yang kompetitif.

Pemerintah juga mengeluarkan dana modal sebesar 120 triliun rupiah kepada pelaku UMKM melalui program Kredit Komersial Rakyat (KUR) sepanjang tahun 2018.

Pemerintah juga menurunkan suku bunga KUR dari 9% menjadi 7% per tahun. Bahkan jika bunga pinjaman di pasar mencapai 17,5% per tahun. Sebagai program tambahan, pemerintah memberikan seminar kewirausahaan bagi penerima KUR.

Hal ini terlihat dari pelaksanaan pembayaran KUR pada tahun 2017. Tahun itu, pemerintah menganggarkan 110 triliun rupiah untuk membantu pelaku UMKM, namun realisasi dana hanya 87,9% atau 96,72 triliun rupiah.

Banyak pengusaha yang tidak menggunakan dana, mungkin karena ketidaktahuan, dan proses pengajuan dana dianggap agak sulit untuk dicapai. 

3. Mencari investor dan mitra bisnis

Jika Anda merasa kesepian dan tidak mampu menjalankan bisnis serta mendapatkan dukungan finansial, Anda dapat mempertimbangkan untuk mencari investor dan mitra bisnis.

Saat ini, ada banyak perusahaan atau organisasi yang memberikan bantuan keuangan kepada pengusaha kecil sebagai bagian dari rencana tanggung jawab sosial mereka.

Ada juga perusahaan besar yang berencana mengadakan kompetisi usaha bagi pengusaha kecil untuk mendapatkan ide bisnis baru, kemudian mereka akan mendanai dan mendapatkan hak produksi.

Anda juga dapat mengikuti berbagai seminar bisnis untuk memperluas lingkaran pertemanan, berharap dapat bertemu dengan mitra yang memiliki visi bisnis yang sama dan bersedia bekerja sama.

4. Crowdfunding

Crowdfunding merupakan cara baru yang sering digunakan perusahaan untuk menggalang dana dalam beberapa tahun terakhir. Cara ini memungkinkan Anda mengundang banyak orang untuk menjadi sukarelawan mendanai modal bisnis Anda.

Orang yang memberikan dana tidak memiliki hak atas bisnis yang Anda buat, seperti dividen kepada pemegang saham.

Itu dia beberapa cara mendapatkan modal untuk bisnis. Sebelumnya kami mengajak Anda semua para calon orang sukses untuk bergabung dengan anekaukm.com adalah website jual beli yang membantu para pelaku UMKM mengembangkan bisnisnya.

Percayakan pada kami dan rasakan manfaatnya. Terima kasih.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.