ADVERTISMENT

img
Info

Pelatihan Peningkatan Produktifitas Tanaman Kakao di Desa Sumber Sari Kota Bangun

Pelatihan Peningkatan Produktifitas Tanaman Kakao di Desa Sumber Sari Kota Bangun
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Kota Bangun - Rabu (12/10/2022), Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim menggelar Pelatihan Pendampingan dan Pemberdayaan Kelompok Tani (Poktan) Perkebunan, di Balai Dusun Rimba Jaya, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara. 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari sejak tanggal 12 - 13 Oktober 2022 dan diikuti 1 Kelompok Tani (Poktan) yaitu Sumber Sari Rezeki. 

"Sektor pertanian Kaltim didominasi oleh sub sektor perkebunan. Kelembagaan Petani dalam hal ini, kelompok tani merupakan organisasi milik petani yang juga didirikan dari petani dan untuk petani. Di mana keberadaannya selalu dikaitkan dengan keberhasilan pembangunan pertanian di daerah tersebut," ungkap Kepala Dinas Perkebunan Kalimantan Timur, Ujang Rachmad yang diwakili Kepala Bidang Pengembangan Komoditi, Hj. Rr. Zuraida Henny Hapsari.

Tampak didampingi Sub Koordinator pengembangan kelembagaan dan SDM Petani, Dessy Susanti. 

Kelompok Tani (Poktan) adalah kumpulan petani, peternak, pekebun yang dibentuk atas dasar kesamaan kepentingan, kesamaan kondisi lingkungan sosial, ekonomi, sumber daya, kesamaan komoditas dan keakraban untuk meningkatkan serta mengembangkan usaha anggotanya.

"Pembinaan dan pendampingan kelompok tani ini, merupakan salah satu strategi untuk mendukung pemberdayaan, penumbuhan dan penguatan kelembagaan petani disektor perkebunan. Dimana pembinaan tersebut melalui pelatihan petani dan Poktan yang ada di Kabupaten atau Kota di Kalimantan Timur," ungkap Hj. Rr. Zuraida Henny Hapsari.

Ia pun menambahkan kegiatan ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih yang besar bagi peningkatan wawasan, keterampilan dan pengelolaan manajemen.

Kelembagaan petani yang semula kurang aktif menjadi lebih produktif kedepannya, sehingga mampu meningkatkan produktiftas tanaman perkebunan.

Adapun sebagai data pendukung disampaikan bahwa Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur telah melaksanakan pembinaan dan pendampingan selama kurun waktu 3 tahun terakhir.

Dari tahun 2019 s/d 2022 melalui kegiatan perluasan, rehabiitasi, intensifikasi dan peremajaan di 7 (tujuh) komoditi yang dikembangkan seperti kelapa sawit, karet, kelapa dalam, kakao, lada, pala dan aren. 

Pada kesempatan ini juga diserahkan bantuan secara simbolis Bibit Kakao, pupuk dan herbisida untuk 1 (satu) Poktan yang ada di Desa Sumber Sari Kecamatan Kota Bangun serta meninjau lahan penanaman Bibit Kakao.

Dalam waktu dekat juga dilakukan pelatihan pendampingan 2 (dua) Poktan di Marangkayu dan 1 (satu) Poktan di Muara Badak.

Turut hadir pula pada kegiatan ini, Kepala Bidang Pengembangan Perluasan Perkebunan Dinas Perkebunan Kutai Kartanegara, Edi Sumarno, dan Kepala Desa Sumber Sari, Imtihan Amirusholihin.

Pelatihan ini dihadiri oleh anggota KWT Sumber Sari Rezeki yang berjumlah 20 orang, mereka menyambut dengan rasa antusias tinggi.

Yang diharapkan dalam kegiatan ini, mampu memberikan pembekalan dalam budidaya tanaman kakao di Desa Sumber Sari, Kecamatan Kota Bangun.

"Semoga kedepannya, pelatihan semacam ini terus berlanjut, terutama mengenai penanganan proses, hingga pasca panen tanaman kakao. Agar harapannya bisa menambah nilai jual dan dapat menambah perekonomian warga", ungkap Kepala Desa Sumber Sari dalam sambutannya.

sumber: https://diskominfo.kaltimprov.go.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.