ADVERTISMENT

img
Info

Dengan Memanfaatkan Tanaman Liar, Warga Kota Batu dapat Menghasilkan Pundi Rupiah

 Dengan Memanfaatkan Tanaman Liar, Warga Kota Batu dapat Menghasilkan Pundi Rupiah
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Tanaman liar yang satu ini sering dijumpai dan dapat tumbuh di hutan atau pun di lapangan tempat kalian tinggal loh. Yups, di tangan Ibu Yarnik, Warga Dusun Sambong Kidul RT 4 RW 5 Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, tanaman ini menjadi ide untuk dijadikan produk UMKM.

Sangat cemerlang bukan? Ya tanaman yang mempunyai nama Kembang Telang ini diolah sedemikian rupa sehingga mempunyai nilai jual yang tidak kalah saing di pasaran.

Dengan ide kreatifnya, Ibu Yarnik mampu mengolah Kembang Telang ini menjadi produk makanan herbal seperti rengginang, minuman herbal, kerupuk hingga menjadi kue basah.

Tahu kah kalian bahwa Bunga Telang ini mempunyai manfaat yang cukup baik bagi kesehatan lho, antara lain :

  • meredakan radang tenggorokan;
  • menurunkan kolesterol;
  • menghilangkan racun dari tubuh;

Kembang Telang ini memiliki 6 warna, sehingga kerap dijadikan pewarna makanan alami. Ibu Yarnik memiliki pengetahuan untuk mengolah kembang telang ini ketika ia bekerja di Malaysia. Ia sangat tertarik dengan berbagai makanan yang berbahan baku kembang telang.

Seiring berjalannya waktu ia membudidayakan kembang telang yang berwarna biru dan mulai mengolahnya menjadi rengginang untuk produk UMKM.

Tidak itu saja guys, Ia juga membuat teh dari kembang telang yang akrab disebut Tisane. Dan produk-produknya di jual secara online.

Selain membuat berbagai produknya, Ia juga menjual bibit kembang telang ini dengan harga Rp. 10 ribu per pohon dan Rp. 125 ribu per 100 gram. Wahh bagaimana guys, apa kalian tertarik untuk membudidayakannya?

Tahu kah kalian guys, tanaman ini adalah jenis tumbuhan merambat yang sering di jumpai di pekarangan maupun hutan. Tumbuhan ini termasuk kedalam jenis polong-polongan yang berasal dari Asia tropis dan menyebar ke daerah tropika.

Di Negara tetangga (Malaysia), tumbuhan ini kerap digunakan untuk bahan pewarna ketan dan di Negeri Gajah Putih ( Thailand) kerap digunakan sebagai minuman penyegar berwarna biru dari ekstraknya yang dinamakan nam dok anchan.

Tidak hanya itu saja guys, beragam manfaat lainnya ternyata bisa didapat apabila kalian mengkonsumsi kembang telang ini seperti mengatasi gangguan kecemasan, depresi, meningkatkan daya ingat, menyehatkan jantung, mengatasi gejala diabetes dan masih banyak lagi guys.

Nah bagaimana dengan informasi ini, apakah kalian juga tertarik untuk mengikuti kreatifitas yang menghasilkan seperti Ibu Yarnik? Dengan memanfatkaan tanaman liar, Ia mampu menghasilkan produk-produk UMKM dan mengantongi pundi rupiah pula.

Sumber : https://jatimtimes.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.