ADVERTISMENT

img
Info

Milenial dan Anak Muda di Support Pemerintah untuk Terjun ke Dunia Wirausaha

Milenial dan Anak Muda di Support Pemerintah untuk Terjun ke Dunia Wirausaha
Artikel ditulis olehCici Hokiku

AnekaUKM - Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia, serta dapat mengurangi tingkat pengangguran.

Pasalnya, kehadiran UMKM terbukti menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar dari daya serap dunia usaha.

Pemerintah mendukung pengembangan UMKM dalam sejumlah program, seperti Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diluncurkan Presiden RI Joko Widodo pada tanggal 14 Mei 2020 lalu.

Kemudian, pemberian bantuan dan berbagai pelatihan lainnya kepada pelaku UMKM.

Dikatakan Sekretaris Deputi Bidang Kewirausahaan melalui Kepala Bagian Umum dan Keuangan Eko Adi Priyono, salah satu program lain sebagai upaya dukungan pemerintah terhadap pengembangan UMKM di Indonesia yaitu peningkatan literasi digital bagi wirausaha.

“Program ini mengajak seluruh organisasi dan elemen masyarakat untuk memberikan prioritasnya pada produk-produk Indonesia. Seperti arahan Presiden, yang memprioritaskan UMKM dalam pengadaan barang dan jasa pemerintahan sebesar 40 persen dari APBN,” ucapnya, Jumat (22/7/2022).

Bahkan Presiden memberi arahan, jangan mengimpor barang-barang yang bisa dibuat di dalam negeri.

Justru sebaliknya, orang nomor satu di Indonesia itu menginginkan memprioritaskan produk dalam negeri.

Selain mengajak masyarakat untuk menggunakan produk-produk dalam negeri, potensi peningkatan penggunaan produk UMKM juga diarahkan untuk lingkungan pemerintah, Pemda, BUMN, dan BUMD.

Bahkan dalam rapat terbatas, seluruh pengadaan barang dan jasa pemerintah dianjurkan mengutamakan produk-produk UMKM. Jangan sampai barang yang bisa dibuat di dalam negeri malah impor.

“Makanya dalam rangka menjemput dan memenuhi permintaan, kami tingkatkan literasi digital teman-teman UMKM di sini,” jelasnya, di Ballroom Hotel Aston jalan Pangeran Hidayatullah, Kota Samarinda.

Di era digital yang sudah sangat modern, pelaku UMKM diharuskan melek terhadap teknologi.

Makanya, kegiatan seperti ini adalah hal mutlak. Sehingga, tidak ada alasan lagi UMKM tidak bisa ikut berpartisipasi.

UMKM juga bisa berpartisipasi, terutama dalam pengadaan barang dan jasa pemerintahan.

“Kami berharap semua UMKM berperan dalam memenuhi pasar khususnya untuk pengadaan barang dan jasa pemerintah, seperti yang digaungkan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah. Yakni sasaran untuk UMKM 40 persen dari total APBN,” terangnya.

Perlu diketahui, semua ini telah diatur dalam UU Cipta Kerja dan PP Nomor 7 Tahun 2021 dimana telah diamanatkan 40 persen pengadaan barang dan jasa pemerintah diprioritaskan untuk produk-produk dalam Negeri dan UMKM.

“Pemerintah berkomitmen akan terus mendorong pelaku UMKM agar segera naik kelas, dan pada akhirnya dapat mengekspor produknya sendiri. Ini juga salah satu bentuk kepedulian pemerintah melalui payung hukum. Jadi tidak ada alasan bagi UMKM untuk tidak bisa berkolaborasi dengan usaha besar lainnya,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kalimantan Timur melalui Kepala Bidang Koperasi dan UKM Atikah mengatakan, pihaknya akan terus menyiapkan personil yang terlatih untuk melakukan berbagai pelatihan serta pembinaan bagi wirausaha di Benua Etam.

“Kami selalu berusaha meningkatkan skill, kemampuan dan kompetensi para personel. Sehingga mereka bersama kami akan melakukan pembinaan dan pendampingan pada para pelaku UMKM di Kaltim. Seperti yang saya sampaikan, kami juga menggelar berbagai kegiatan yang dibiayai Dana Alokasi Khusus (DAK),” paparnya.

Misalnya di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara. Pemerintah sudah mengadakan pelatihan sablon, pembuatan kue, es krim serta sejumlah pembinaan lainnya yang berhubungan dengan koperasi. Masyarakat di sana lanjut Atikah, sangat antusias mendapat pembinaan.

“Kegiatan pengembangan UMKM ini tidak hanya dilakukan di satu kabupaten saja, tapi seluruh kabupaten/kota yang ada di Kaltim. Pasti didukung apabila ada yang ingin menjadi pelaku usaha, khususnya para anak-anak muda dan milenial yang memiliki kreativitas tinggi,” harapnya.

sumber: https://indagkop.kaltimprov.go.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.