ADVERTISMENT

img
Info

Memanfaatkan Limbah Minyak Goreng Menjadi Lillin Aromaterapi

Memanfaatkan Limbah Minyak Goreng Menjadi Lillin Aromaterapi
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Minyak bekas atau jelantah merupakah limbah rumah tangga yang sudah sewajarnya memang diperoleh setiap hari dari memasak.

Tapi apakah sahabat UKM tahu,  jika minyak jelantah ternyata bisa diolah kembali menjadi Lilin Aromaterapi yang dapat menghasilkan produk dengan nilai jual ekonomi dan peluang usaha warga desa?

Yup! inovasi ini sudah dikembangkan oleh warga desa Sariwangi, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat dengan bantuan mahasiswa KKN Universitas Pendidikan Indonesia.

Perlu diketahui bila pembuangan minyak jelantah di lingkungan terus menerus dapat menyebabkan pencemaran lingkungan apalagi hampir semua rumah tangga menghasilkan limbahnya.

Selain itu minyak jelantah bersifat karsinogenik, juga merupakan kategori limbah B3 yang berbahaya apabila dibuang ke lingkungan. Pemanfaatan kembali limbah jelantah menjadi suatu bahan yang bermanfaat akan mengurangi dampak negatif dari limbah jelantah, misalnya pembuatan lilin aromaterapi dari minyak jelantah.

Lilin dapat digunakan sebagai sumber penerangan, dekorasi ruangan, dan media aromaterapi. Lilin aromaterapi adalah lilin yang dibuat dengan menambahkan bahan pewangi dengan berbagai tujuan.

Dengan gerakan ini jelas sekali dapat membantu peningkatan ekonomi rumah tangga melalui penjualan lilin aromaterapi yang berbahan dasar minyak jelantah,  serta menambah pengetahuan masyarakat terhadap bahaya penggunaan minyak jelantah dan meminimalisirnya melalui pemurnian minyak jelantah.

Serta pengolahan menjadi produk rumah tangga yang ramah lingkungan seperti lilin aromaterapi dan lilin hias.

Sumber: https://www.berdesa.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.