ADVERTISMENT

img
Info

Cara Branding Produk Menarik agar Mudah di Ingat oleh Pelanggan

Cara Branding Produk Menarik agar Mudah di Ingat oleh Pelanggan
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Branding adalah salah satu aspek penting dalam menghasilkan sebuah produk. Dengan cara branding yang tepat, menarik, dan cepat diingat konsumen, bisnis kalian akan bisa terus berjalan dan berkembang.

Kesuksesan berbisnis tentu diimpikan oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang pernah jatuh bangun dan menghabiskan banyak modal untuk mencoba keberuntungan dalam bisnis.

Namun yang kita tahu, untung dan rugi adalah teman yang akrab di dunia bisnis. Tapi tidak ada salahnya apabila sebelum memulai bisnis kita mempelajari apa saja faktor yang dapat membuat produk kita laku dan terkenal di pasaran.

Brand atau merek merupakan identitas bisnis yang membedakan produk maupun jasa yang dimiliki dengan produk kompetitor.

Cara Branding Produk agar di Ingat oleh Pelanggan

1. Pilih Nama yang Singkat

Menentukan nama brand adalah hal yang tidak mudah, kalian bisa menulis beberapa ide-ide di buku terlebih dahulu. Bila perlu kalian bisa bertukar pikiran bersama karyawan atau teman bisnis kalian.

Pastikan bahwa ide dari nama brand tersebut tidak lebih dari tiga konsonan/suku kata, artinya pilihlah nama yang tidak terlalu panjang. 

Setelah kalian memiliki satu nama brand, pastikan orang lain tidak memakai nama brand yang sama dengan kalian melalui mesin pencari (search engine).

Langkah terakhir untuk cara branding ini adalah dengan melegalkan nama brand kalian sebagai hak merek satu-satunya yang mana pemiliknya adalah kalian sendiri. Proses legalisasi ini dapat dilakukan pada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJHKI). 

Lengkapi sejumlah dokumen sebagai syarat pengajuan hak merek yang harus dipenuhi. Hal ini adalah langkah hukum untuk menghindari copyright oleh pihak lain di kemudian hari.

2. Tentukan Diferensiasi (Ciri Khas)

Ciri khas sangat penting untuk branding produk. Bukan hanya sekedar perbedaan nama brand, namun rasa maupun kualitas dari produk yang kalian tawarkan.

Menentukan sentuhan yang berbeda dengan produk sejenis oleh brand kompetitor tentunya membutuhkan kreativitas dan ketelitian.

Akan tetapi, diferensiasi atau perbedaan antara produk kalian dengan produk kompetitor adalah keistimewaan yang akan diingat dan dicari oleh konsumen.

3. Brand dan Logo

Desainlah logo yang memiliki makna atau latar belakang serupa dengan jenis produk kalian. Dengan menyisipkan nama atau singkatan brand pada logo akan menambah daya tarik dari produk kalian.

4. Iklan

Zaman sekarang, pebisnis baik industri kecil sampai industri besar dapat menggunakan iklan digital yang jadi tren bisnis saat ini. 

Dengan memanfaatkan layanan iklan digital, kalian dapat meminimalisir biaya pemasaran. Iklan digital yang dapat kalian manfaatkan bisa melalui display ads, Search Engine Marketing (SEM), dan sejenisnya. 

5. Mengikuti Bazaar, Event dan Pameran

Dengan  mengikuti bazaar, Event, dan Pameran atau semacamnya. Brand kalian akan terbantu dikenal banyak orang, karen kita tahu berapa banyak orang yang antusias untuk menghadiri acara-acara seperti itu.

Selain itu, usahakan mendekor stand kalian dengan ornamen yang menarik dan rapi, sehingga pengunjung ingin tahu tentang manfaat dan kelebihan produk kalian. Dengan demikian, produk kalian semakin dikenal dan diminati banyak orang.

6. Manfaatkan Sosial Media

Hampir setiap orang dari segala usia menggunakan media sosial untuk sekedar mengisi waktu luang maupun untuk kebutuhan pekerjaan.

Media sosial merupakan sarana paling cepat dan efektif untuk melakukan branding. Cara branding melalui media sosial dapat dengan memanfaatkan Facebook, Instagram, maupun jenis media sosial lainnya.

Demikian penjelasan mengenai cara branding yang menarik dari kami. Semoga bermanfaat.

sumber : https://www.dreambox.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.