ADVERTISMENT

Info

Tips Menyimpan Sambal agar Tahan Lama Ala Chef Yuda Bustara

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Membahas mengenai makanan Indonesia, memang tak lepas dari yang namanya sambal. Apapun makanannya, sambal tak boleh dilupakan. Mulai dari nasi putih, ayam, daging, aneka hidangan laut, hingga buah-buahan bakal terasa lebih nikmat jika ditambahkan sambal.

Jika tak ada sambal, makanan terasa belum lengkap. Beberapa orang bahkan rela tidak makan sebelum mendapatkan sambal, seolah tak bisa hidup tanpa sambal.

Saat menikmati sambal, seseorang juga wajib tahu cara menyimpannya agar tetap awet dan lezat. Chef Yuda Bustara pun memikiki tips cara menyimpan sambal yang benar. 

Menurutnya, lebih baik sambal disimpan di dalam freezer atau ice cube untuk dibekukan agar lebih awet. "Kalau mau dimakan bisa dipanaskan sampai meleleh lagi, tapi teksturnya sedikit berubah," ujar Chef Yuda Bustara.

Ia menambahkan, untuk penggunaan wadah penyimpanan sambal juga perlu diperhatikan. Chef Yuda menyarankan gunakan wadah tertutup sebelum memasukkan sambal ke freezer atau pendingin lainnya.

Namun, Chef Yuda mengatakan memang lebih baik sambal sekali dikonsumsi saja dan tak perlu disimpan atau dibekukan.

"Risikonya tuh sambal yang dibekukan dapat membuat sambal dapat menyatu dengan minyaknya yang membuat rasa sudah tidak sama seperti baru dibuat," tutupnya.

Sumber: https://m.briliofood.net

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.