ADVERTISMENT

Info

Balok dan Elat Sapi Produk UKM Kue Khas Kutai

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Di Kalimantan Timur, tepatnya Kabupaten Kutai Kartanegara, roti balok dan elat sapi ini tidak asing lagi bagi masyarakat Kutai.

Selain dengan rasanya yang khas dan juga harganya terbilang murah, worth it banget untuk mengganjal perut kalian diwaktu lapar. Banyak juga para pelaku UKM memanfaatkan untuk dijadikan peluang usaha dengan membuat produk roti ini.

Hal ini disebabkan penggemar roti balok dan elat sapi ini sudah tidak bisa dihitung jari lagi alias banyak.

Dengan ciri warnanya merah hitam kecoklatan, namun bukan terbuat dari coklat. Jika digigit rasanya manis dan lembut itulah roti balok dan sesuai namanya roti balok, bentuk roti ini seperti balok.

Selain untuk dimakan biasa, banyak konsumen yang menggunakan untuk acara hajatan, oleh-oleh dan masih banyak lagi. Karena memang rasanya yang seenak itu Guys dan mempunyai ciri khas dari gula merahnya.

Kalian tahu? Roti balok dan elat sapi ini diolah tanpa menggunakan bahan pengawet, namun bisa tahan hingga 4-7 hari lho. Itu karena diproses dengan cara tradisional dan terbuat dari bahan alami yang terjamin kualitasnya. 

Salah satu pelaku UKM roti balok dan elat sapi ialah Ibu Sumarni, Beliau merupakan warga Desa Sanggulan Kecamatan Sebulu Kab. Kutai Kartanegara yang sekarang berdomisili di Desa Sumber Sari Kec. Kota Bangun.

Ia menekuni usaha ini dari warisan resep turun-temurun, dan kemudian Ia meneruskan hingga sekarang. Dalam sehari Ia mampu memproduksi roti balok dan elat sapi kurang lebih 200-250 biji. 

Perbiji roti balok Ia menjual dengan harga Rp. 2.500 dan untuk roti elat sapi Rp. 1.000 perbiji.

Biasanya Ia menjual langsung di rumah dan secara online, biasanya untuk secara online Ia dibantu anaknya untuk antaran ke konsumen yang telah memesan roti tersebut.

Biasanya tidak hanya roti balok dan elat sapi saja yang Ia jual, ada beberapa jenis kue yang lainnya juga seperti apam serawa, kue cucur, bolu, donat, untuk-untuk dan masih banyak lagi.

Ia juga melayani pesanan hajatan, catering snack dalam jumlah banyak dan semacamnya, sesuai request konsumen ingin di buatkan kue apa.

Nah, selanjutnya Guys bagi kalian yang penasaran seperti apa nikmatnya roti balok dan elat sapi atau kue-kue lainnya yang di produksi Ibu Sumarni, bisa langsung datang ke alamat Desa Sumber Sari RT. 011 Kecamatan Kota Bangun, apabila kalian berdomisili di Kab. Kutai Kartanegara.

Namun apabila kalian berada di luar daerah, hanya melayani khusus pesanan roti balok dan elat sapi saja. Dan untuk memesan kalian bisa melalui via online Watshapp.

Berikut No. Wa : 0857-5025-1622

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga kalian terinspirasi dari kisah Ibu Sumarni  ya. Semoga sukses dan tetap semangat!

 

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.