ADVERTISMENT

img
Info

Perhatikan! ini Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik

Perhatikan! ini Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Tentu merupakan hal pertama yang dicari setiap orang ketika pertama kali akan membuka usaha, atau sedang mencari bentuk usaha baru.

Hal ini penting agar kamu bisa mengetahui perihal peluang usaha tersebut, apakah potensial mendatangkan keuntungan atau tidak.

Salah satu yang dapat dijadikan tolak ukur untuk memastikan ciri-ciri peluang usaha yang baik dan memiliki nilai jual tinggi adalah dengan membaca dan menganalisis potensinya.

Sebagai salah satu tipsnya, kamu bisa menggunakan analisis SWOT sehingga lebih mudah dalam memulai langkah berbisnis. Apa itu SWOT? Berikut perihal yang harus analisis:

  • Strengths (kekuatan)
  • Weakness (kelemahan)
  • Opportunities (peluang)
  • Threats (ancaman)

Jika kamu ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai ciri-ciri peluang usaha yang baik dan sudah masuk ke dalam setiap komponen SWOT, maka simak penjelasannya berikut ini!

Ciri Peluang Usaha yang Baik

Ciri-ciri peluang usaha yang baik dapat ditandai beberapa poin. Berikut ini penjelasannya.

1. Mempunyai Nilai Jual yang Tinggi

Ciri-ciri peluang usaha yang baik pertama tentu saja adalah nilai jual yang tinggi.

Nilai jual ini bisa dikarenakan adanya berbagai gagasan unik ketika mendirikan bisnis. Hal tersebut nantinya akan berhubungan langsung dengan pasar.

Tentunya, suatu produk yang mempunyai nilai jual tinggi pun memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan produk sejenis lainnya. Keunikan ini menjadi aspek yang terpenting dalam memengaruhi nilai penjualan produk di pasar, lho.

Oleh karena itu, jika kamu ingin memulai usaha yang memiliki nilai jual tinggi, pastikan kamu memiliki keunikan tersendiri. Baik dari segi strategi pemasaran maupun keunggulan produknya.

Apakah kamu sudah menemukannya?

2. Nyata

Tentunya, bisnis tidak akan menjadi berhasil bila tidak nyata. Nyata adalah ciri-ciri peluang usaha yang baik selanjutnya.

Dalam hal ini, nyata memiliki arti bahwa segala sesuatunya sudah kamu rencanakan dengan matang. Pasalnya, sebesar apapun keinginan kamu, jika sebuah bisnis hanya ada dalam angan, maka tentu saja akan sia-sia.

Karena itu, agar bisa mewujudkan dan menjalankan bisnis, maka kamu harus memiliki sikap fokus dan serius. Selain itu, supaya usaha semakin berkembang, tentu harus mengimbangi dengan konsistensi yang tinggi.

Ciri-ciri peluang usaha yang baik dan potensial ini akan bisa terwujud dengan adanya dorongan dari diri sendiri.

3. Kreativitas

Ternyata menjalankan sebuah bisnis dibutuhkan kreativitas. Jadi, menjalankan sebuah bisnis tidak sekadar mengejar target omset atau mengikuti tren saja, lho.

Omset akan mengikuti jika disertai dengan pemasaran atau marketing yang kreatif. Membicarakan kreativitas, tentu saja setiap pelaku usaha memiliki caranya masing-masing.

Prinsipnya, kamu harus siap dan mampu bersaing dengan kompetitor tanpa curang, tetapi dengan kerja cerdas.

Oleh karena itu, kamu tidak boleh meniru strategi bisnis lain. Sebaliknya, carilah keunikan dengan kreativitasmu sendiri. Jadi, bisnis kamu memiliki nilai jual yang tinggi di mata pelanggan,

Ketika kamu yakin bahwa usaha tersebut bisa berkembang, maka itu termasuk ciri-ciri peluang usaha yang baik.

4. Usaha Mampu Bertahan dalam Jangka Panjang

Usaha yang kamu jalani harus bisa bertahan lama di pasaran atau bukan musiman. Inilah ciri-ciri peluang usaha yang baik keempat!

Bertahan lamanya suatu usaha bisa dipengaruhi dengan berbagai strategi yang kamu jalankan.

Dengan era media sosial saat ini, sangat mudah bagi sesuatu untuk menjadi viral. Hal ini pun menjadi lahan yang diminat pebisnis.

Namun, penting dicatat bahwa meskipun usaha sempat viral dan mendatangkan keuntungan yang berlimpah, namun kamu harus memastikan usaha tersebut sustainable atau mampu bertahan lama.

Jika tidak, kamu tentu akan mengalami kerugian. Hal ini tentu tidak ingin kamu alami, bukan?

Selain itu, ciri-ciri peluang usaha yang baik juga mempunyai pangsa pasar sendiri dan mampu menghadapi persaingan yang terjadi di dalamnya.

5. Tingkat Risiko Kecil

Tidak ada bisnis yang tidak memiliki risiko. Karena itu, ciri-ciri peluang usaha yang baik bisa kamu lihat dari besar dan kecilnya risiko yang mungkin ada.

Terlebih bagi pemula, hal yang paling menjadi momok ketika akan menjalankan bisnis yaitu kerugian. Untuk itu, kamu perlu menekan agar risiko kerugian tidak terlalu besar.

Bagi kamu yang masih pemula dalam sektor bisnis, agar bisa menekan risiko kerugian yang besar, sangat penting memilih dan memilah jenis usaha yang akan dijalankan.

Agar lebih aman, pilih bisnis ringan terlebih dulu sehingga ketika mendapat kompetitor yang lebih unggul maka tidak mengalami kerugian yang terlalu besar.

Misalnya dengan memilih bisnis franchise yang telah memiliki basis pelanggan besar. Bisa juga dengan memilih produk tahan lama sehingga bisnis bisa berlangsung dalam jangka panjang dan tingkat kerugiannya rendah.

Kemudian, persiapkanlah diri sebaik mungkin untuk menghadapi kemungkinan risiko tersebut. Misalnya dengan memastikan modal usaha cukup, keterampilan berbisis mumpuni, memiliki solusi atau alternatif lain untuk menyelesaikannya.

6. Sesuai Permintaan Masyarakat

Ciri-ciri peluang usaha yang baik juga dapat ditandai dari tingkat kebutuhan masyarakat, dimana produk, barang, atau jasa banyak dibutuhkan masyarakat secara luas.

Karena, membuka bisnis tentunya kamu ingin mendapatkan keuntungan dan barang yang dijual pun laku dibeli, bukan?

Sebagai contoh sederhana, kebutuhan akan sayur-mayur atau sumber pangan. Semua orang jelas akan mencari dan membutuhkannya sehingga peluang usaha jangka panjang bisa lebih langgeng.

Ketika menjalani usaha apapun, akan ada banyak pesaing yang menjalankan usaha serupa. Jadi, tantangan akan terus ada selama kamu menjalankan bisnis.

Namun, jika kamu konsisten memberikan kualitas produk atau jasa dan memberikan pelayanan yang baik, maka usaha tersebut berpotensi sukses ke depannya.

Teruslah melakukan riset pasar untuk mengetahui apakah bisnis kamu masih relevan dengan permintaan pelanggan. Usahakan untuk selalu menjaga dan meningkatkan kualitas agar bisnismu tetap dapat menyesuaikan kebutuhan pasar.

7. Mampu Beradaptasi

Ciri-ciri peluang usaha yang baik selanjutnya, yaitu pastikan usaha mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi seiring berjalannya waktu.

Ketika usaha itu sudah mulai berjalan dalam hitungan tahun, maka kondisinya jelas akan berbeda dengan kondisi awal usaha tersebut berdiri.

Oleh karena itu, sifat bisnis yang mampu beradaptasi dengan kondisi dan situasi inilah kamu bisa semakin berinovasi, bukan menurunkan pendapatan.

Misalnya, saat pandemi COVID-19 merebak. Banyak sekali bisnis yang gulung tikar selama pandemi berlangsung. Idealnya, seorang pelaku bisnis harus siap beradaptasi dengan kondisi apapun.

Maka, kamu harus memutar otak untuk menciptakan sesuatu yang dibutuhkan masyarakat saat pandemi COVID-19 berlangsung. Seperti beralih pada bisnis hand sanitizer, masker, vitamin dan yang lainnya.

8. Ketersediaan Produk Mudah Diakses

Jika usaha bisnis yang akan kamu jalankan mengambil produk di pabrik atau supplier, maka pastikan terlebih dahulu jika produk tersebut selalu ada dan berkelanjutan.

Pastikan pula, harga produk yang dibeli lebih murah dibandingkan dengan harga supplier lainnya.

Karena bagaimana pun juga, sebagus apapun potensi usaha dan peluang yang kamu jalankan, jika tidak diimbangi dengan ketersediaan barang, akan sulit untuk berhasil.

Pasalnya, prinsip dasar dalam menjalankan usaha adalah memenuhi permintaan pasar lewat produk atau jasa tersebut.

9. Tidak Menghabiskan Modal

Modal usaha memang diperlukan pada awal produksi atau memulai suatu usaha. Tetapi akan menjadi masalah apabila kamu ternyata mengeluarkan modal terus-menerus selama usaha.

Maka dari itu, ciri-ciri peluang usaha yang baik selanjutnya adalah usaha yang tidak menghabiskan modal sekaligus. Seharusnya, modal awal kamu menghasilkan keuntungan, bukan sebaliknya.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menganalisis apakah kamu harus mengganti ide ataukah mengganti cara berkerjanya.

10. Memiliki Nilai Kerugian yang Kecil

Hampir sama seperti poin sebelumnya, ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah usaha dengan nilai kerugian yang kecil. Karena tentunya setiap pengusaha tentu akan sangat menghindari kerugian.

Walaupun kekhawatiran ini seringkali harus dirasakan kamu yang baru memulai usaha, namun pengusaha yang baik merupakan pengusaha yang tahan banting.

Maka, kamu harus menganalisis usahanya terlebih dahulu, apakah usaha tersebut memiliki risiko kerugian yang tinggi atau kecil. Dalam hal ini kamu bisa melakukan riset peluang usaha di pasar.

Untuk kamu yang akan memulai usaha, maka pastikanlah usaha kamu memiliki tingkat risiko kerugian yang kecil. Hal ini menjadi cara paling aman untuk kamu yang belum begitu ahli dalam menguasai pasar.

Contohnya, jika kamu memilih usaha fesyen karena tahan lama dan banyak dibutuhkan dan disukai orang, maka risiko kerugian yang didapatkan kemungkinan kecil.

11. Dapat Dikembangkan

Ciri-ciri peluang usaha yang baik selanjutnya, yakni pastikan bisnis kamu dapat dikembangkan atau diskalakan ke tingkat yang lebih tinggi untuk ke depannya.

Ketika baru memulai usaha, bisnis skala kecil kamu perlu dikembangkan agar bisa berubah menjadi usaha berskala besar. Pastikan jenis usaha yang dipilih memiliki kemungkinan baik ini, ya.

Dengan mengembangkan bisnis ke kondisi yang lebih baik, kamu pun bisa lebih mudah untuk bertahan di tengah persaingan pasar.

Meski proses untuk berkembang ini tidaklah mudah, akan tetapi kamu perlu memastikan bahwa jenis bisni yang dipilih bisa dikelola dan dikembangkan.

Jadi, pikirkanlah baik-baik apakah bisnis kamu dapat diskalakan ke tingkat yang lebih baik lagi di masa depan. Jangan sampai semua hal yang kamu korbankan untuk keperluan bisnis terasa sia-sia.

Terdapat berbagai cara yang dapat kamu coba untuk mengembangkan bisnis. Misalnya dengan meluncurkan produk atau layanan baru yang lebih baik daripada sebelumya atau sebagai pelengkap.

Mengembangkan bisnis juga dapat dilakukan dengan mengikuti tren dan permintaan pasar, atau disesuaikan berdasarkan kondisi industri saat ini. Contohnya ketika adanya kenaikan bahan baku dan munculnya pesaing baru.

Semakin banyak variasi produk atau layanan yang kamu tawarkan, maka akan semakin besar pula jangkauan pasar bisnismu. Keuntungan bisnis yang didapatkan juga jauh lebih tinggi.

Sumber: https:/store.sirclo.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.