ADVERTISMENT

img
Info

6 Bisnis Hewan Menjijikkan Justru Omset Jutaan

6 Bisnis Hewan Menjijikkan Justru Omset Jutaan
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Hal lumrah ketika kita mendengar bisnis ternak, yang dibayangkan kalo tidak sapi, atau ayam. Namun ternyata hewan yang kita anggap mustahil untuk diternak ternyata bisa menghasilkan omset yang cukup besar. China sendiri sempat booming ternak kecoa yang menghasilkan pundi-pundi uang.

Di Indonesia negara yang kaya akan alamnya tentu tak kalah dengan China, berikut ini hewan-hewan ternak unik atau aneh yang sudah ada di Indonesia.

1. Budidaya Cacing

Bisnis satu ini memang menjijikkan. Tapi, melihat nilai jualnya yang mahal, banyak orang mengubah rasa jijik menjadi ketertarikan.

Keunggulan budidaya cacing yaitu pakan murah-berlimpah, perkembangan cepat, penyakit relatif tidak ada, perawatan mudah serta prospek pasar yang sangat terbuka. Harga cacing di pasar saat ini mencapai Rp Rp 40.000 – Rp 60.000 per kilogram.

Permintaan cacing juga tinggi khususnya dari peternakan belut dan lele. Sama seperti jangkrik, cacing juga tidak membutuhkan media yang besar. Ukuran kolam tempat budidaya cacing idealnya memiliki panjang dan lebar 1 x 4 meter.

Untuk satu kolam biasanya diisi 15 -20 kilogram indukan cacing. Masa panennya juga cukup singkat yakni 30 hingga 40 hari. Menariknya, dalam waktu 40 hari, 15 kilogram bibit cacing tersebut bisa berkembang menghasilkan 3 kali lipat, yaitu 45 kilogram per kolam.

2. Budidaya Cacing Sutera

Cacing sutera termasuk dalam budidaya cepat panen. Umumnya, cacing sutera akan tumbuh baik setelah berusia dua minggu dari penebaran bibit. Panen pertama pun bisa kamu lakukan setelah umur cacing lebih dari 75 hari.

Cacing sutera memiliki kandungan protein yang tinggi, yakni sekitar 52 persen.

Protein tinggi ini mendukung pertumbuhan ikan. Bentuknya yang kecil dan halus juga cocok dikonsumsi ikan, terutama ikan air tawar. Dengan lima kolam ikan ukuran 3x3 meter, kamu bisa menghasilkan 180 liter hingga 300 liter cacing sutera.

Jika harga seliternya Rp 45.000, maka omzet yang diperoleh dalam sebulan mencapai Rp 8 juta-Rp13 juta. Pasarnya pun tidak pernah sepi karena cacing sutera selalu dibutuhkan peternak ikan. 

3. Budidaya Bekicot

Olahan bekicot sudah lama diminati oleh masyarakat Prancis dalam menu escargot. Semakin menjamurnya restoran Prancis membuat peluang budidaya bekicot terbuka lebar. Selain itu, daging bekicot banyak dibutuhkan peternak karena mengandung protein tinggi.

Lendirnya digunakan perusahaan kosmetik sebagai bahan anti-penuaan. Sayangnya, budidaya bekicot di Indonesia belum ramai.

Untuk beternak bekicot, diperlukan lokasi tanah yang basah serta lembap dan terlindung dari cahaya matahari secara langsung.

Selain itu tanah yang disukai adalah jenis tanah yang banyak mengandung kapur sebagai zat pembentukan cangkang. Bisnis bekicot cukup menggiurkan karena harga jualnya bisa mencapai Rp 1 juta per kg.

Jika diekspor, harga jualnya bahkan bisa mencapai Rp 10 juta per kg.

4. Budidaya Belut

Belut memang mirip ular sehingga membuat banyak orang bergidik geli. Di balik tubuhnya yang licin, rupanya belut menyimpan banyak gizi. Salah satu varian belut yang mulai banyak dibudidayakan adalah jenis belut super.

Berbeda dengan belut pada umumnya, belut super memiliki ukuran lebih besar. Ukuran lingkar tubuhnya mencapai 6,5 cm dengan panjang sekitar 50 cm.

Karena menyandang kata super, bobot tiga ekor belut super bisa mencapai 1 kg.

Harga setiap kilogramnya mencapai Rp 30.000-Rp 35.000. Dengan demikian, omzet yang didapat bisa mencapai Rp 40 juta-Rp 50 juta sekali panen. Jika dalam setahun bisa tiga atau empat kali panen, maka dalam setahun kamu bisa menghasilkan Rp 120-200 juta.

5. Budidaya Lintah

Lintah merupakan hewan menjijikkan berikutnya. Namun seiring menjamurnya pengobatan alternatif menggunakan lintah, permintaan akan hewan melata ini makin tinggi. Budidaya lintah tergolong sederhana karena hanya butuh kolam kecil. Risikonya pun nyaris tidak ada karena lintah tidak mudah terkena penyakit dan mati.

Harga bibit lintah hanya sekitar Rp 1.000 per ekor. Setelah dewasa lintah bisa dijual hingga Rp 3.000 per ekor. Jika dalam sebulan kamu bisa menjual 3.000 ekor lintah, kamu bisa mengantongi Rp 9 juta.

Untung ini terbilang besar karena untuk pakan, lintah hanya diberi makan dua minggu sekali. Pakan yang disarankan adalah belut ataupun ikan lele karena berkulit licin sehingga memudahkan lintah untuk makan.

6. Budidaya Cacing sutera

Cacing sutera termasuk dalam budidaya cepat panen. Umumnya, cacing sutera akan tumbuh baik setelah berusia dua minggu dari penebaran bibit. Panen pertama pun bisa kamu lakukan setelah umur cacing lebih dari 75 hari.

Cacing sutera memiliki kandungan protein yang tinggi, yakni sekitar 52 persen.Protein tinggi ini mendukung pertumbuhan ikan.

Bentuknya yang kecil dan halus juga cocok dikonsumsi ikan, terutama ikan air tawar. Dengan lima kolam ikan ukuran 3x3 meter, kamu bisa menghasilkan 180 liter hingga 300 liter cacing sutera.

Jika harga seliternya Rp 45.000, maka omzet yang diperoleh dalam sebulan mencapai Rp 8 juta-Rp13 juta. Pasarnya pun tidak pernah sepi karena cacing sutera selalu dibutuhkan peternak ikan.

Itu tadi 6 bisnis hewan menjijikkan tapi malah mendatangkan omset miliaran. Bagaimana apakah kamu tertarik untuk membudidayakan dari salah satu hewan-hewan tersebut? Mulailah mencoba dan jangan takut gagal.

Karena awal kesuksesan adalah kegagalan. Terima Kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat!

sumber : https://akurat.co

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.