ADVERTISMENT

Info

Hambatan-Hambatan yang Perlu Diperhatikan Dalam Memulai Bisnis

Artikel ditulis olehWisnu Saputro

Dalam memulai bisnis baru, semua itu tidak semulus dengan apa yang anda bayangkan atau khayalkan. Hampir semua pebisnis mengalami hambatan dalam menjalankan bisnis mereka, sekalipun mereka sukses, mereka telah berulang kali mengalami hambatan dan berhasil menyelesaikan hambatan tersebut. 

Berikut beberapa hambatan dalam berbisnis:

SDM yang buruk

SDM yang buruk akan menghancurkan bisnis yang anda jalankan. Anda membutuhkan tim kerja dan spesialisasi untuk mengembangkan perusahaannya. Untuk itu, seorang pebisnis harus terus berinvestasi pada manusia untuk membesarkan perusahaan.

Semakin buruk SDM dalam perusahaan anda maka semakin sulit and amencapai kesuksesan. 

Membuat produk yang tidak diinginkan konsumen

Kebanyakan kegagalan pengusaha adalah membuat produk yang tidak dibutuhkan konsumen. Jika hal ini terus menerus terjadi maka hanya kegagalan yang akan anda dapatkan. 

Tidak melakukan analisis SWORT

Sebaiknya anda melakukan riset SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) dan terus mengawasi para pesaing. Penyusunan rencana sangat penting bila persaingan terus terjadi. 

Tidak menentukan prioritas

Konsumen anda adalah raja sehingga anda harus menentukan siapa yang menjadi prioritas atas produk yang dijual. Penentuan segmentasi ini untuk mengetahui karakteristik konsumen dan pelanggan. Bila anda tidak menentukan prioritas maka anda akan mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnis tersebut. 

Penentuan harga yang tidak tepat

Menentukan harga adalah hal yang paling sulit ditentukan oleh seorang yang baru terjun dalam dunia bisnis. Harga yang telah ditentukan harus dapat berubah menyesuaikan situasi perekonomian atau berinovasi dengan menciptakan produk baru yang terjangkau.

Jika anda tidak bisa menentukan harga yang tepat maka anda sendiri yang akan mengalami masalah dalam penjualan tersebut. 

Penjualan yang buruk

Seorang pebisnis pemula harus memperhatikan siklus penjualan produknya, apakah tahan lama atau tidak. Enterpreneur juga harus memperhatikan lamanya suatu produk di pasaran dengan terus berinovasi mengeluarkan produk-produk baru. 

Perencanaan modal

Setiap bisnis memerlukan investasi dan seorang yang berjiwa enterpreneur selalu membuat perencanaan modal dan target. Dengan perencanaan modal yang kuat, para pengusaha terus memutarkan modalnya untuk mengembangkan usaha.

Yang terpenting bagi orang yang berjiwa enterpreneur adalah sukses, berfoya-foya itu nomor sekian, yang penting besar dulu. Modal yang dibutuhkan untuk mendirikan usaha dan strategi mempertahankannya sangat bergantung pada rencana bisnis.

Maka jika rencananya gagal, bisnis anda tak akan berjalan dengan baik. Anda harus siap menghadapi kerugian besar saat modal yang anda gunakan tidak kembali. 

Pendapatan yang tidak stabil

Menjalankan bisnis, pendapatan yang anda terima setiap bulan tidak tetap. Kadang memperoleh keuntungan besar, tapi bulan berikutnya laba yang anda peroleh jauh lebih kecil.

Guna mengamankan keuangan, anda dapat merencanakan bisnis sampingan sambil tetap bekerja di kantor. Jika tak bertindak macam-macam, pekerjaan tersebut dapat terus berada dalam genggaman.

Sebaliknya dalam berbisnis, anda menghabiskan banyak uang di awal tanpa ada kepastian modalnya akan kembali. Ingat, dalam bisnis hanya ada dua pilihan, untung atau rugi. 

Tidak bisa membaca pasar

Bisnis yang anda jalankan sangat bergantung pada pasar dan anda harus pandai membaca situasi ekonomi guna menentukan strategi bisnis yang harus dilakukan. Kondisi pasar yang fluktuatif akan berdampak besar pada sebuah bisnis khususnya saat negara tengah mengalami resesi ekonomi.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.