ADVERTISMENT

img
Info

Proses Pembuatan Gula Aren, Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Proses Pembuatan Gula Aren, Usaha Rumahan yang Menjanjikan
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Gula merah atau gula jawa adalah gula yang terbuat dari nira aren. Nira Aren adalah salah satu bahan utama untuk pembuatan gula merah atau gula jawa, biasanya gula merah yang menggunakan nira aren akan lebih enak dan wangi.

Biasanya ada proses dan tahapan pengambilan nira agar yang air dihasilkan lebih banyak.

Pemukulan dan Pengayunan Manggar Aren

Dengan pemukulan manggar serta pengayunan, proses ini dilakukan sampai berapa kali dalam seminggu sampai manggar aren siap dipotong.

Penampungan Nira Aren

Kemudian nira airnya di tampung pada pagi hari dan di ambil setelah sore hari, atau pun sebaliknya. Sebelum mengganti wadah air aren, manggar aren biasanya harus dipotong di bagian atasnya untuk meneteskan air nira yang baru.

Proses Memasak Nira Aren

Setelah itu, hasil nira aren yang sudah di tampung siap dimasak, nira aren ini tidak bisa dibiarkan terlalu lama karena dapat menimbulkan rasa yang asam.

Sambil terus di aduk, proses memasaknya memakan waktu sekitar 1,5-2 jam, tergantung banyak atau tidaknya nira aren yang dimasak.

Nira aren ditambah dengan gula pasir untuk menambah rasa manis, dan masa perebusan ini harus selalu dalam pengawasan agar gula yang dihasilkan pas agar kekentalan dan warnanya sesuai yang diinginkan.

Proses Pencetakan

Jika proses masak sudah selesai, lanjut ke proses pencetakan. Proses pencetakan juga bervariasi ya Guys, bisa dicetak menggunakan cetakan bambu, batok kelapa, ada juga menggunakan cetakan plastik.

Dan diamkan gula merah sampai dingin di cetakan.

Proses Pengemasan

Setelah gula merah sudah dingin dan sudah bisa dilepas dari cetakan, gula merah lanjut ke proses pengemasan.

Bisa menggunakan daun kering atau bisa juga menggunakan plastik. Dan pastikan juga kemasan yang digunakan bersih dan tertutup rapat agar gula merah mampu tahan lama dan tidak rusak.

Penjualan

Biasanya pada waktu-waktu tertentu gula merah mengalami peningkatan peminat, seperti masa-masa ramadhan dan lebaran. Karena banyak yang menggunakan untuk diolah menjadi bahan-bahan kue. 

Wah ternyata cukup lama dan panjang ya proses pembuatannya. Tapi usaha gula merah ini sangat menjanjikan, tidak hanya untuk bahan kue saja, gula merah juga sering digunakan untuk bahan masakan.

Kalian bisa menjual ke warung-warung sembako ataupun langsung ke pengusaha kue-kue.

Semoga bermanfaat dan semoga menjadi referensi kalian ya, Selamat Mencoba.

sumber : https://www.facebook.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.