ADVERTISMENT

Info

Resep Membuat Stik Kentang Gurih dan Renyah Serta Manfaatnya Bagi Tubuh

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Berbagai resep masakan sederhana yang berbahan dasar dari sayur kentang yang disajikan dengan cara digoreng, dan berikut akan saya bagikan resep dan juga manfaatnya kepada teman-teman sekalian.

Cara Membuat Stik Kentang

Bahan-Bahan :

  • 200 gram kentang
  • 50 gram keju parut
  • 5 sdm tepung maizena
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 1 batang daun bawang
  • Secukupnya minyak goreng

Langkah-Langkah :

1. Kupas dan cuci bersih kentang, kemudian rebus hingga lunak. Angkat dan tiriskan.

2. Haluskan kentang menggunakan garpu.

3. Campurkan kentang dengan keju, garam, merica, dan daun bawang (daun bawang diiris halus).

4. Setelah semua bahan tercampur rata, tambahkan sedikit demi sedikit tepung maizena hingga adonan kalis.

5. Ambil adonan dan bentuk adonan seperti stik.

6. Panaskan minyak dan goreng stik hingga kekuningan. Angkat dan tiriskan.

7. Stik kentang keju siap dihidangkan. Lebih enak dinikmati saat hangat.

Manfaat Kentang Bagi Tubuh

1. Membentuk Tubuh Ideal Dan Menghindari Obesitas

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kentang dapat menurunkan berat badan seseorang yang sedang menjalani program diet. Tetapi hindari mengolahnya dengan mentega, garam, micin ataupun minyak goreng.

Sayur kentang sangat banyak mengandung vitamin, mineral dan juga zat-zat baik yang lainnya bagi pertahanan tubuh guna melawan penyakit dan juga berperan untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk juga dalam mencegah obesitas.

Sayuran yang dijuluki sebagai Potato ini mempunyai serat pangan yang berfungsi untuk pengganjal, jadi bisa membuat rasa kenyang bertahan lama. Di lain sisi, kentang bisa melancarkan pencernaan juga.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Dari semua nutrisi yang telah disebutkan, kentang juga rendah kolesterol, baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat dalam kentang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Penelitian dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES), telah mengklaim jika kalium yang terkandung di dalam sayur kentang bisa untuk menurunkan risiko kematian karena penyakit jantung.

3. Mencegah Kanker

Kentang mengandung folat yang berperan dalam sinesis dan perbaikan DNA, sehingga mencegah berbagai jenis sel kanker. Asupan dari sayuran seperti kentang ini bisa dipercaya untuk mencegah kenker kolorektal. Vitamin C dan juga quercetin sayur kentang juga bisa berfungsi sebagai antioksidan, melindungi sel-sel daripada kerusakan karena radikan bebas.

4. Mengobati Diabetes Dan Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Kebanyakan pasien diabetes disarankan dokter untuk mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi. Hal itu dikarenakan kentang dapat menurunkan penyakit diabetes atau mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Kandungan pati dalam kentang akan meningkatkan kontrol gula darah. Untuk menurunkan diabetes, simpan kentang rebus di lemari es selama satu malam, dan konsumsi keesokan harinya dalam keadaan dingin.

Selain itu, asuan natrium rendah yang terdapat dalam kentang sangat penting untuk menjaga tekanan darah. Sementara kalium mendorong vasodilatasi atau peleberan pembuluh darah.

5. Baik Untuk Otot Dan Otak

Kentang mengandung kolin, yaitu nutrisi penting dan serbaguna. Kandungan tersebut dapat membantu gerakan otot, menstabilkan hati, dan meningkatkan daya ingat otak. Satu kentang berukuran besar mengandung 57 miligram kolin.

Pada dasarnya, tubuh pria dewasa membutuhkan sebanyak 550 miligram kolin, dan wanita membutuhkan 425 miligram kolin per hari. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, mentransmisikan impuls saraf, penyerapan lemak, dan perkembangan otak pada anak.

Itulah beberapa manfaat kentang bagi kesehatan tubuh beserta resep membuat stik kentang yang bisa kita dapatkan dari artikel ini. Jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Sumber: https://yentit.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.