ADVERTISMENT

Info

Keunggulan Memilih Ide Bisnis Fashion Batik, Pelaku Usaha Wajib Tahu!

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Mengapa para pedagang tertarik dengan bisnis fashion batik. Salah satunya adalah maraknya seragam batik baik dalam acara formal maupun informal, bahkan di kantor. Tren busana batik tampaknya digunakan oleh semua kalangan. Bahkan beberapa mal menyebut dirinya sentra batik atau sentra batik Indonesia

Jika Anda membutuhkan ide bisnis fashion, tidak ada salahnya memulai bisnis fashion batik. Selain itu, pasar batik masih didominasi oleh perusahaan dalam negeri dan belum tersaingi oleh perusahaan tekstil China dan Bangkok. Segmen yang luas dan persaingan yang terbatas menjadi salah satu alasan mengapa usaha batik layak dilakukan.

Berikut Ide Bisnis Batik

1. Berbisnis Batik Modern

Tren busana batik yang semakin dikenal anak muda membuat pangsa pasar di segmen ini begitu diminati. Apalagi masih banyak penjual batik lain yang memasarkan batik dengan motif kuno yang biasa diminta oleh orang tua. Corak dan motif batik modern ini biasanya bermain dengan warna-warna berani dan kekinian.

Misalnya, demam Piala Dunia sepak bola beberapa waktu lalu membuat banyak produsen batik memasukkan desain bertema sepak bola dan berbagai simbol klub sepak bola dalam pakaian mereka. Tentu saja keunikan dan suasana modern tidak bisa ditemukan pada pakaian batik pada umumnya. Di sisi lain, anak muda yang trendi mengejar pola mode ini.

2. Mengenalkan Corak Daerah

Pilihan lainnya adalah menjalankan usaha batik yang masih memiliki ciri khas daerah tertentu. Saat ini batik yang populer masih dari Yogyakarta dan Solo. Namun, beberapa batik daerah lain seperti batik Papua dan batik Banten juga memiliki daya tarik tersendiri. Mengoptimalkan batik dari daerah yang belum dikenal bisa menjadi nilai plus bagi Anda sebagai pengusaha batik. Pilihan batik daerah ini semakin menarik karena semakin banyak peminat dan kolektor batik yang rela membayar mahal untuk mendapatkan batik berdesain unik.

3. Menyasar Pasar Kaum Berhijab

Pasar pakaian hijaber saat ini sedang berkembang. Di segmen ini, tak ada salahnya menawarkan baju dan selendang bermotif batik. Terbukti para hijaber ini semakin mengikuti tren dan tidak lagi takut untuk mengenakan pakaian bermotif yang biasanya penuh seperti batik.

4. Bukan Hanya Busana

Jika Anda berpikir bahwa menjalankan bisnis batik hanya sebatas menjual kain atau pakaian saja, buang pikiran itu. Saat ini, batik telah menjadi gaya hidup. Tidak hanya dalam bentuk kain tradisional, tetapi juga dalam segala bentuk di semua lapisan masyarakat. Batik bisa ditemukan di rumah misalnya di bantal, sprei, taplak meja dan alat makan, motif batik juga bisa.

Peluang juga terbuka di bisnis ini karena operatornya tidak banyak. Jika Anda berhasil, tidak menutup kemungkinan perusahaan Anda akan menjadi pionir dalam bisnis batik yang mencakup gaya hidup semua orang.

Batik Tradisional Bukan Hanya Milik Jawa

Sampai saat ini, batik identik dengan budaya Jawa. Padahal, ada berbagai jenis batik tradisional di Indonesia yang memiliki ciri khas tersendiri. Baik di dalam maupun luar Jawa, pilihan batik sangat beragam.Padahal, setiap kota pada Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Yogyakarta, atau Jawa Timur mempunyai karakteristik spesial batiknya masing-masing.

Di Kota Cirebon Jawa Barat Anda akan menemukan Motif Batik Mega Mendung yang menawarkan desain mewah dan trendi. Motif batik ini seringkali berwarna mencolok. Sedangkan motif batik parang merupakan motif batik yang begitu terkenal di berbagai kota di Pulau Jawa. Motif Gentongan ditemukan di Jawa bagian timur, khas batik Madura.

Setelah membaca artikel ini, bisnis batik online kini memiliki peluang karena motif batik terus berkembang. Namun perlu ditekankan bahwa dalam memulai usaha tidak semuanya bisa dilakukan dalam sekejap, tentunya diperlukan proses yang harus diikuti dengan tekun dan terus menerus.

Sumber: https://yentit.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.