ADVERTISMENT

img
Info

Banyak Manfaat dan Kandungan Tanaman Adas Bagi Kesehatan Tubuh

Banyak Manfaat dan Kandungan Tanaman Adas Bagi Kesehatan Tubuh
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Adas atau Foeniculum vulgare merupakan salah satu tanaman rempah sekaligus tanaman obat yang masuk dalam suku adas-adasan atau Apiaceae.

Karena kandungan yang terdapat dalam adas, adas memiliki banyak manfaat diantaranya :

1. Dapat Membantu Mengobati Anemia

Karena zat besi dan zat histidin yang terkandung dalam adas dapat merangsang produksi hb dan juga membantu tubuh untuk dapat memproduksi sel darah merah di dalam tubuh. Apabila hb meningkat dan cukup maka anemia dapat diatasi

2. Dapat Membantu Mengatasi Perut Kembung

Adas memiliki sifat antiflatulent. Sifat Antiflatuent pada adas tersebut mengurangi produksi gas yang ada di dalam perut.

3. Dapat Membantu Mengatasi Sembelit

Biji adas memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat tersebut dapat menjaga pergerakan peristaltik di dalam usus, sehingga sembelit dapat teratasi.

4. Dapat Membantu Mencegah Kanker

Kandungan zat flavonoid, alkaloid dan juga fenol pada adas sangat bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari pertumbuhan sel kanker. Ekstra biji adas dipercaya dapat mencegah sel kanker payudara dan juga kanker hati.

5. Dapat Membantu Mengatasi Gangguan Pencernaan

Minyak esensial pada biji adas dapat bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam gangguan di sistem pencernaan. Selain bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, adas juga bermanfaat untuk merangsang sekresi dari asam lambung, mengurangi peradangan lambung dan juga peradangan usus.

6. Dapat Membantu Menormalkan Tekanan Darah

Kandungan Potasium dalam adas, bermanfaat untuk mengendurkan ketegangan pada pembuluh darah. Ketegangan itu dapat meninggikan tekanan darah. Semakin sedikit ketegangan dalam pembuluh darah maka tekanan darah akan semakin normal.

7. Dapat membantu Mengobati Sakit Jantung

Karena kandungan serat yang ada dalam biji adas dapat membantu untuk menjaga kestabilan kolesterol baik atau HDL dalam tubuh. Kandungan HDL dalam tubuh juga dapat diturunkan dengan biji adas. Kestabilan kolesterol dapat menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit kronis misalnya penyakit jantung dan juga stroke.

8. Dapat Membantu Mengobati Diare

Minyak esensial yang ada dalam adas dapat membantu untuk menyembuhkan diare.

9. Dapat Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan kalium dalam adas dapat membantu untuk meningkatkan konduksi listrik yang ada di seluruh tubuh termasuk konduksi listrik dari tubuh ke otak. Kalium dalam otak dapat meningkatkan fungsi dari otak dan kemampuan kognitif dari otak. Kalium juga dapat melancarkan aliran oksigen ke otak, sehingga fungsi dan memori otak akan semakin meningkat.

10. Dapat Membantu Mengobati Kolik

Minyak esensial adas bermanfaat untuk penyembuhan kolik penyakit ginjal.

11. Dapat Membantu Menyehatkan Mata

Antioksidan yang tinggi pada adas bermanfaat untuk mencegah peradangan pada mata dan mengurangi adanya gangguan penglihatan.

12. Dapat Membantu Melancarkan Haid

Adas bisa melancarkan hormon wanita yang sedang menstruasi. Caranya dengan merebus biji adas dan meminum ramuannya saat menstruasi.

13. Dapat Membantu Melancarkan Buang Air Kecil

Karena adas bersifat diuretik, Adas dapat membantu untuk melancarkan buang air kecil.

14. Dapat Membantu Mengobati Ambeien atau Wasir

Caranya: Rebus 3 sendok teh adas, sebutir bawang merah,secangkir daun patikan cina, setengah cangkir daun meniran dan sendok teh jintan warna putih dalam setengah liter air hingga tersisa setengahnya. Setelah itu, saring dan minum secara teratur (5 kali sehari).

15. Dapat Membantu Mengatasi Gangguan Pernapasan

Kandungan Cineole dan anetol pada adas dapat membantu menghilangkan dahak dan juga melonggarkan saluran pernapasan.

16. Dapat Mencegah Penuaan

Kandungan vitamin C dan asam amino dalam tanaman adas dapat membantu untuk mencegah penuaan dini dan juga meremajakan kulit.

17. Dapat Membantu Mengatasi Demam

Caranya: Rebus 2 sdt adas halus, 4 cm batang pulosari,2 sdm madu dan labu air dengan segelas air hingga tersisa setengahnya lalu minum secara teratur.

18. Dapat Membantu Mengobati Biduran

Karena adas memiliki zat metil yang dapat menghilangkan rasa gatal dan pembengkakan akibat biduran.

Demikian artikel pembahasan tentang ”Kandungan dan Manfaat Adas Bagi Kesehatan Tubuh“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. 

Sumber: https://yentit.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.