ADVERTISMENT

Info

5 Contoh Produk UKM Makanan dan Minuman yang Bisa jadi Referensi Pelaku Usaha

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Di Indonesia, bisnis UKM (Usaha Kecil Menegah) menjadi salah satu usaha yang banyak peminatnya. Banyak hadirnya UKM ini ternyata juga memberikan lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar yang belum jua mendapatkan pekerjaan.

Sehingga, tidak heran jika kita lihat bahwa bisnis ini begitu pesat perkembangannya, selain itu pemerintah juga mendukung dan gencar membantu agar bisnis dan produk UKM ini bisa semakin berkembang dan menjadi terlaris.

Bidang kuliner merupakan ide bisnis yang banyak peminatnya dan juga memilki peluang penghasilan profit besar, sehingga para UKM banyak memilih bidang ini ketika hendak membuka usaha. Sehingga penting sekali bagi para pelaku bisnis untuk menggunakan strategi tepat karena banyak sekali pesaing di dalamnya, salah satunya dengan menggunakan desain kemasan yang menarik.

Berikut beberapa contoh produk – produk makanan dan minuman terlaris:

1. Keripik

Keripik salah satu makanan ringan yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Oleh karena itu, produk ini menjadi yang terlaris dipasaran karena jumlah peminat yang sangat banyak 

Contoh berikut dengan merek Purpy adalah keripik yang terbuat dari ketela ungu. Camilan praktis yang cocok untuk segala usia dan suasana. Dengan target market anak-anak hingga dewasa . 

Produk ini membawa identitas warna ungu, untuk menyesuaikan isi produk dan agar lebih mudah diingat. Selain itu, Produk ini juga bisa untuk oleh-oleh, maka dipilihlah Paper Tube (Tabung dari kertas), sebagai kemasannya, karena praktis dan mudah dibawa.

2. Kopi Bubuk

Kopi adalah minuman yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, baik itu pria ataupun wanita. Oleh karena itu, UKM yang mengolah biji kopi menjadi kopi bubuk selalu memperoleh penjualan yang tinggi. Kopi dengan rasa terbaik akan lebih banyak diburu oleh para konsumen terutama bagi mereka para pecinta kopi. 

3. Susu Sapi Segar

Sudah banyak peternakan sapi perah yang dikelola mandiri oleh masyarakat dengan menghasilkan susu sapi segar yang alami. Susu sapi yang diperah dan diolah secara mandiri merupakan salah satu produk UKM dengan kualitas unggul yang sangat laris dipasaran. Karena kealamian dan kemurniannya membuat produk ini banyak diburu oleh para pembeli.

4. Kecap

Salah satu olahan kedelai yang memiliki nilai jual yang baik adalah kecap. Berbahan dasar kedalai hitam, kecap selalu digunakan untuk menambah cita rasa lezat berbagai menu makanan seperti sate, soto, bakso, kare, dan lain-lain. Banyaknya penggunaan kecap sebagai salah satu bumbu masakan membuat jumlah penjualannya tinggi.

5. Kue Kering

Kue kering masuk ke dalam kategori produk UKM jenis makanan ringan terlaris. Penjualan kue kering dipasaran laku hingga puluhan bahkan ratusan bungkus/toples setiap harinya. Hal ini mengindikasikan bahwa produk ini memiliki potensi yang besar. Walaupun selama ini dianggap sebelah mata, pada kenyataannya kue kering menjadi salah satu produk andalan UKM yang mampu meraih omzet tinggi dalam penjualan. 

Dari contoh produk UKM diatas, masih banyak lagi produk-produk UKM yang banyak beredar dipasaran. Walaupun banyak produk lain dipasaran, kelima jenis produk makanan dan minuman diatas masih merajai pasar dengan tingkat penjualan yang tinggi.

Sumber: https://www.kemaz.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.