ADVERTISMENT

Info

Kapan Kemasan Produk Membutuhkan Desain? Simak Penjelasannya

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Kebutuhan desain kemasan bisa muncul karena ada perubahan pada produk, tekanan persaingan, menurunnya penjualan, plagiasi/kemiripan dengan pesaing, perubahan harga, perubahan stratergi merek, perubahan ukuran, dan sebagainya.

Berikut kami rangkum apa alasan produk membutuhkan desain kemasan.

1. Desain Kemasan Untuk produk baru

Kesan dan gaya yang ingin didapatkan harus digali dengan baik agar mendapatkan hasil yang paling pas. Seperti apa keunggulan produk? Target konsumen dan pasar seperti apa? Nilai tambah yang ditonjolkan. Pertanyaan seperti ini harus dijawab sebelum pembuatan desain dimulai.

Sebagai produk baru, tampilan nama merek harus menjadi perhatian penting agar konsumen mudah mengenali. Apalagi jika nama merek yang digunakan betul-betul baru bagi konsumen dan belum dikenal sebelumnya.

2. Karena tekanan persaingan

Terutama pada produk kebutuhan sehari-hari (FMCG, fast moving customer goods), perubahan desain kemasan pada merek terkenal dilakukan setiap 1-2 tahun sekali. Hal ini dilakukan karena ketatnya persaingan, dimana setiap merek berjuang untuk menjadi pemimpin pasar, atau setidaknya berusaha meraup konsumen lebih banyak.

Produk baru selalu muncul dengan desain yang terlihat lebih menarik dan kekinian, membuat desain pesaing terlihat lebih kuno dan sedikit ketinggalan jaman.

3. Untuk reposisi produk

Positioning secara sederhana berarti bagaimana kita menempatkan produk kita di benak konsumen. Kita ingin konsumen punya persepsi apa tentang produk kita. Hal ini dapat dibangun lewat keunikan produk. Misal perubahan positioning dari detergen serbaguna menjadi ditergent dengan pemutih akan membawa dampak pada perubahan desain kemasan yang menunjukan produk sebagai detergen pemutih.

4. Desain Kemasan Untuk Perluasan Produk

Untuk produk berbeda dalam rangkaian produk yang sama bisa dilakukan dengan perubahan foto atau ilustrasi produk dan nama produk tersebut dengan tetap mengikuti standar desain yang sudah digunakan pada rangkaian produk tersebut.

5. Untuk promosi khusus

Salah satu aktivitas yang banyak dilakukan pemilik produk adalah aktivitas promosi. Beberapa strategi promosi yang populer dilakukan lewat kemasan antara lain dengan membuat kemasan khusus untuk momen tertentu, kemasan untuk promosi dengan hadiah tertentu, kemasan dengan isi lebih banyak untuk harga yang sama. 

Apa yang dipromosikan lewat kemasan itu? Apa keuntungan yang konsumen dapatkan jika membeli produk tersebut? Semua itu harus dapat dengan mudah ditemukan oleh konsumen. Lebih difokuskan tentang promosi apa yang ada di dalam kemasan itu.

Sumber: https://www.kemaz.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.