ADVERTISMENT

Info

Pengendalian Hama dan Penyakit yang Sering Menyerang Tanaman Selada

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Dalam melakukan budidaya selada atau dalam bahasa latin Lactuca sativa, tentu saja akan ada kendala yang dihadapi. Salah satunya yaitu serangan hama dan penyakit.

Hama dan penyakit yang menyerang tanaman selada sangat perlu ditangani dengan segera karena jika tidak, hal tersebut akan menyebabkan kerugian bagi para petani. Nah kali ini kita akan membahas tentang Hama dan Penyakit Tanaman Selada dan Cara Pengendaliannya.

Hama Tanaman Selada

1. Jangel

Hama Jangel (Bradybaena similaris ferussac) ini memiliki bentuk seperti siput yang berukuran sekitar 2 cm ini bersembunyi pada pangkal daun bagian dalam dan menyerang daun pada segala umur.

2. Tangek

Hama Tangek (Parmalion pupilaris humb) ini memiliki bentuk mirip dengan jangel tetapi tidak mempunyai siput ialah penyebab terjadinya tangek ini akibat serangan yang dilakukannya ini mambuat lubang-lubang pada daun. Pada umumnya hama ini menyerang tanaman selada ketika musim kemarau tiba dibanding dengan musim hujan.

3. Kutu Daun

Hama Kutu Daun yang menyerang akan menyebabkan daun menjadi mengerut. Lalu mengering akibat kurang cairan. Bahaya jika tanaman selada yang masih berusia muda yang terserang maka akan mengganggu pertumbuhannya, tumbuh kerdil atau tidak sempurn. Dan untuk mengendalikan pada hama ini ialah dengan menggunakan insektisida sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

4. Thrips

Hama Thrips dapat menyebabkan daun pada selada menjadi kuning lalu kering dan ujungnya tanaman selada pun akan mati. Dan jika tanaman selada sudah terserang dengan jenis hama ini maka dapat dikendalikan dengan menggunakan insektisida yang sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

2. Penyakit Tanaman Selada

1. Busuk Lunak

Penyakit Busuk Lunak (Soft Rot) ini disebabkan oleh Bakteri Erwinia carotovora. Penyerangan bakteri ini di mulai dari tepi daun lalu warna daun akan berubah warna menjadi cokelat dan akhirnya layu. Tidak hanya menyerang tanaman yang masih ditanam, bakteri ini juga dapat menyerang tanaman selada yang sudah dipanen dan siap untuk di kirim ke konsumen.

2. Busuk Batang

Tanaman selada yang terserang penyakit buduk lunak akan memiliki batang yang lunak dan mengandung lendir. Penyakit ini disebabkan oleh Cendawan Rhizoctonia Solani. Apabila kondisi lahan lembab, cendawan ini juga dapat menyerang tanaman penyemaian yang akan berujung tanaman selada akan terserang busuk akar juga. Untuk mencegah penyakit ini dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lahan dan menjaga kelembapan lahan, jangan terlalu lembab. Jika tanaman banyak yang terserang dan sudah parah, lakukan pengendalian dengan menggunakan fungisida sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

3. Busuk Pangkal Daun

Penyakit busuk pangakal daun ini disebabkan oleh Felicularia filamentosa yang menyerang bagian pangkal daun saat musim panen telah tiba. Untuk mengendalikan penyakit ini maka dapat dilakukan dengan cara melakukan penyemprotan pestisida alami ataupun pestisida kimia. Jika menggunakan pestisida kimia maka anda harus memperhatikan secara khusus lingkungan sekitar kebun anda.

Selain dengan hal tersebut, lakukan pengendalian agar tanaman selada tidak terserang yaitu dengan menjaga kebersihan lahan, irigasi yang baik, melakukan rotasi tanaman demi memutus perkembangbiakan Felicularia filamentosa tersebut.

sumber: https://www.faunadanflora.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.