ADVERTISMENT

Info

Tips dan Trik Memasak Daging Ayam Kalkun agar Cepat Empuk dan Meresap Bumbu

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Kalkun termasuk jenis unggas yang mungkin tidak terlalu umum dikonsumsi di Indonesia, tapi bukan berarti tidak ada. Jika di pasar kebetulan menemukan daging kalkun, boleh juga jika sesekali coba dimasak di rumah. Jika bingung apakah daging kalkun perlu diperlakukan khusus atau tidak saat dimasak, ini sekian tips memasak kalkun yang bisa diikuti.

1. Memilih dan mempersiapkan kalkun

Pertama, pastikan memilih daging ayam kalkun yang segar, karena ini sangat menentukan rasa masakan nantinya. Pilih ukuran yang sesuai kebutuhan, dan jika beli dalam keadaan beku, cairkan dulu hingga suhu ruangan. Boleh juga langsung dimasak saat beku selama yakin dagingnya tetap segar, tapi waktu memasaknya akan lebih lama.

2. Cuci bersih dan potong

Seperti mengolah ayam, sebelumnya cuci bersih dan buang kotoran di dalam ampela. Cuci di bawah air mengalir untuk menghilangkan segala kotoran dan sisa bulu atau kulit ari yang masih menempel. Jika ingin menyajikan dalam keadaan utuh boleh saja, tapi lebih cepat waktu pemasakannya jika dipotong-potong lebih kecil.

3. Rebus dahulu

Umumnya daging ayam kalkun memiliki banyak lemak, sehingga lebih baik dibuang dulu kelebihan lemaknya jika bisa sayat lemak saat masih mentah, atau bisa juga dengan merebusnya hingga matang lalu buang air rebusan bercampur lemaknya. Kemudian rebus lagi untuk kedua kali untuk proses memasak selanjutnya.

4. Gunakan teknik presto

Daging kalkun juga cenderung liat dan alot jika tidak dimasak lama, teksturnya mirip ayam kampung tapi ukurannya lebih besar. Jadi pastikan memasak kalkun dalam waktu lama atau gunakan panci presto sehingga membuat dagingnya cepat empuk. Memberi sayatan-sayatan di permukaan daging juga bisa mempercepat pengempukan daging kalkun selama dimasak.

5. Gunakan bumbu apa saja

Rasa daging kalkun mirip ayam tapi lebih gurih dan juicy karena kandungan lemaknya juga lumayan banyak. Kamu bisa memasaknya dengan berbagai macam bumbu sesuai selera dari yang sederhana hingga berempah medok, karena daging kalkun tidak menimbulkan rasa atau aroma aneh seperti ketika mengolah kambing atau bebek. Kulitnya juga lebih tipis sehingga lebih enak disantap jika digoreng.

Itu dia sekian tips memasak kalkun yang enak, semoga bermanfaat.

sumber: https://www.fimela.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.