ADVERTISMENT

img
Info

Lima Kebiasaan Sederhana dan Mudah untuk Menurunkan Kolesterol

Lima Kebiasaan Sederhana dan Mudah untuk Menurunkan Kolesterol
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan menerapkan kebiasaan gaya hidup yang sehat. Dr. Amber Brown Keebler, MD, spesialis penyakit dalam, seperti yang dikutip dari laman Nebraska Med mengungkapkan bahwa banyak orang bisa menurunkan kadar kolesterolnya 20%-30% melalui diet dan olahraga. Dengan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan sindrom metabolik bisa menurun.

Berikut ini ada lima kebiasaan harian sederhana yang bisa mulai diterapkan untuk menurunkan kolesterol. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini:

1. Meningkatkan Konsumsi Serat

Makan lebih banyak biji-bijian berserat tinggi seperti jelai, gandum utuh dan biji rami serta kacang-kacangan seperti almond, pecan, pistachio, dan biji bunga matahari. Juga tambahkan lebih banyak serat larut ke dalam makananmu seperti kacang-kacangan, kubis brussel, oatmeal, apel, dan pir, yang dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

2. Ganti Lemak Tak Sehat dengan Lemak Sehat

Kurangi asupan lemak jahat, yang terutama ditemukan dalam daging merah dan produk susu penuh lemak, mentega dan minyak kelapa, serta kue kemasan, kerupuk, dan kue yang sering kali mengandung lemak trans atau minyak sayur terhidrogenasi parsial. Sebagai gantinya bisa pilih kanola, jagung, safflower atau minyak zaitun. Ganti konsumsi lemak tak sehat dengan lemak yang lebih sehat untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

3. Berolahraga Rutin

Cobalah untuk lebih rutin berolahraga. Berolahraga bisa meningkatkan kolesterol HDL, yaitu kolesterol baik yang berfungsi untuk mencegah terjadinya ateroma atau penyempitan pembuluh darah akibat lemak. Usahakan untuk berolahraga setidaknya 30 menit per hari lima kali sepekan.

4. Pilih Protein tanpa Lemak

Saat mengonsumsi protein, usahakan untuk memilih protein tanpa lemak. Daging ayam dan kalkun serta protein dengan asam lemak omega-3 seperti salmon, mackerel, dan herring dan kacang-kacangan seperti kenari, almond, pecan, dan kacang macadamia bisa dipilih untuk dikonsumsi secara rutin.

5. Jaga Berat Badan Ideal

Berat badan berlebih bisa meningkatkan risiko terkena sindrom metabolik. Jadi, usahakan kamu senantiasa menjaga berat badan ideal atau proporsional. Kalau merasa sudah mulai kegemukan, perhatikan lagi pola makan dan kebiasaan olahraga agar bisa memperoleh berat badan yang lebih ideal.

Selain itu, hindari kebiasaan merokok dan minum alkohol bila ingin tubuh tetap sehat dengan kadar kolesterol yang lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

sumber: https://www.fimela.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.