ADVERTISMENT

img
Ide

Ide Usaha: Resep dan Peluang Usaha Keripik Pepaya

Ide Usaha: Resep dan Peluang Usaha Keripik Pepaya
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Buah papaya yang memiliki nama latin carica papaya mengandung vitamin A yang tinggi, dan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Buah ini juga memiliki harga yang terjangkau, agar tubuh kamu mendapat asupan gizi, dengan mengkonsumsi buah ini menjadi salah satu cara yang dapat kamu lakukan loh.

Mungkin jarang terpikirkan oleh kamu, bahwa buah yang mengandung banyak air ini dapat menjadi keripik. Dengan adanya mesin vacuum frying dapat menjadikan buah yang memiliki rasa manis ini jadi kripik yang manis serta gurih.

Walaupun belum banyak yang mengetahuinya, nyatanya buah ini tak kalah nikmat dengan olahan jenis buah lainnya seperti es buah, manisan papaya, salad buah, es campur, dan banyak lagi.

Alat yang Digunakan

Saat ingin mengolah kripik, pastilah menggunakan sebuah alat berupa mesin untuk menggorengnya, meniriskan minya serta pengemasan.

Berikut ini merupakan alat-alat dalam pembuatan kripik buah yang renyah:

1. Mesin Penggoreng (Mesin vacuum frying)

Mesin ini digunakan sebagai pembuat keripik buah, dengan penggoreng hampa yang menghasilkan sayuran dan buah yang memiliki kualitas baik.

Alat yang digunakan sebagai pemanasnya adalah kompor LPG dan menggunakan pompa air sistem sirkulasi vacuum. Mesin yang dilengkapi dengan lampu yang ada di dalam tabung agar dapat melihat hasil dari pemrosesan kripik.

2. Peniris Minyak (Mesin spinner)

Mesin ini digunakan untuk megurangi minyak, bisa juga menghilangkan minyak yang ada di kripik setelah masa penggorengan.

3. Alat Pengemas

Kripik yang sudah jadi di kemasi dengan menggunakan alat ini.

Langkah Olah Buah Pepaya Menjadi Kripik

Apabila kamu masih pemula, dan baru mendengar jenis kripik yang satu ini pasti penasaran apa sajakah bahan-bahan yang diperlukan dalam pengolahannya.

Tahukah kamu bahwa dalam pengolahan kripik papaya ini hanya membutuhkan buah pepaya yang segar, tambahan dari komposisi lainnya tidaklah diperlukan kecuali minyak goring.

Berikut ini merupakan cara mengolah keripik buah papaya, yaitu:

Bahan Olahan

Terlebih dahulu sediakan buah papaya yang segar sebagai bahan baku. Pilihlah jenis buah papaya California atau buah papaya Bangkok yang memiliki warnah daging yang merah. Usahakan tidak menggunakan buah yang terlalu matang, yang akan menimbulkan hasil yang kurang baik.

Kemudian sediakan minyak goreng untuk menggoreng kripik.

Cara Pengolahan Keripik

1. Setelah kamu mendapatkan buah yang diinginkan. Buah yang sudah tersedia di kupas kulitnya hingga bersih

2. Kemudian buang hingga bersih biji-biji yang terdapat pada buah

3. Lalu cuci hingga bersih buah papaya

4. Setelah itu, rajang buah dengan bentuk yang kamu sukai dengan tebal kira-kira 5 mm.

5. Setelah selesai merajangnya, irisan dari buah tadi dimasukkan ke dalam freezer dan biarkan selama 24 jam.

6. Sambil menunggu irisan yang dimasukan kedalam freezer, kamu dapat menyiapkan mesin vacuum frying dan memasukan minyak goring. Sesuaikan dengan ukuran mesin yang kamu gunakan.

7. Kemudian irisan buah yang dingin digoreng dengan suhu yang rendah, kira-kira 850C, agar kripik tidak gosong. Dan hasil yang didapat kan baik.

8. Jangan lupa untuk melihat kripik yang didalam mesin vacuum, apabila sudah kering diangkat dan ditiriskan minyaknya.

9. Pastikan kamu sudah menyiapkan mesin spinner untuk memisahkan minyak dari kripik

10. Setelah masa pengemasan selesai, maka kripik sudah siap dinikmati.

11. Saat proses pengemasan sebaiknya menggunakan jenis yang berbahan alumunium foil yang dapat menjaga ketahanan produk dengan masa panjang. Perhatikan sistem packing nya, karena dapat memengaruhi kualitas produk agar tahan lama dan tetap awet.

Peluang dari Usaha Kripik Pepaya

Mengolah buah pepaya menjadi kripik akan meningkatkan nilai jual buah. Bisa dibayangkan, harga perkilo nya pepaya Rp. 3000.

Akan tetapi dengan melakukan pengolahan dari pepaya menjadi kripik, kamu bisa menghargainya menjadi berkalilipat. Gambaran harga dari keripik ini kira-kira Rp. 65.000/kg.

Seperti yang diketahui, bukan hanya di Indonesia saja yang menjadi penggemar buah pepaya. Negara Jepang menjadi salah satu penggemar buah yang manis ini.

Mereka mempercayai bahwa dengan mengkonsumsi buah ini dapat membuat tetap awet muda, hal inilah yang menjadikan buah ini jadi favorit di Negara Jepang.

Itulah tadi cara olah buah pepaya menjadi keripik, bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat.

Sumber: https://paktani.digital.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.